Lionel Messi Top Skorer La Liga dan Eropa 2009/2010

Senin, 17 Mei 2010

Pesta kemenangan Barcelona semakin lengkap. Pasalnya, Lionel Messi dinobatkan sebagai striker paling banyak mencetak gol di La liga dan Eropa setelah menghasilkan 34 gol dalam satu musim.

Messi memang tampil kesetanan musim ini. Dia mencatat gol ke-34 di pentas La Liga, setelah dua kali menggetarkan gawang Real Valladolid, saat membawa Azulgranas menang 4-0.

Dengan demikian, maka Messi menjadi tertajam di kompetisi Eropa musim ini, dengan torehan total 34 gol. Penyerang mungil asal Argentina ini mengalahkan Antonio Di Natale (Udinese) dan Didier Drogba (Chelsea) yang menorehkan 29 gol.

Sebenarnya, torehan Messi ini berhasil dikalahkan penyerang andalan Ajax Amsterdam, Luiz Suarez yang menghasilkan 48 gol. Sayang, kompetisi Liga Belanda dinilai tidak seketat Liga Eropa lainnya seperti Premier League, La Liga dan Liga Italia.

Bukan hanya itu, Messi juga mewujudkan ambisi menyamai rekor gol yang ditorehkan Cristiano Ronaldo saat masih berkostum Manchester United. Ketika itu, bintang Real Madrid itu menghasilkan 34 gol dalam satu kompetisi di Premier League.

Penghargaan Sepatu Emas Eropa pertama kali muncul pada musim 1967/68. Penghargaan ini kemudian dikenal dengan sebutan European Golden Boot.Penghargaan digagas oleh majalah terkemuka Prancis, L’Equipe. Ini dilakukan sebagai apresiasi terhadap pencetak gol terbanyak di liga-liga Eropa.

Berita Terkait: