Penghargaan FIFA Untuk Pemain Piala Dunia Pertama Tahun 1930

Kamis, 18 Februari 2010

Francisco Vallo, 100 tahun, masih ingat segalanya. Pria yang berusia 20 tahun ketika membela timnas Argentina pada Piala Dunia Uruguay 1930 ini tak bisa melupakan bola kulit yang digunakan sepanjang turnamen, terpaksa bermain dengan cedera karena belum ada peraturan pergantian pemain, dan tentu saja pertandingan final yang legendaris.

Vallo menjadi satu-satunya peserta Piala Dunia pertama yang masih hidup. Pekan lalu, Vallo merayakan ulang tahun ke-100 di kota kelahirannya dekat Buenos Aires, Argentina.

Menurut Reuters, atas pengalaman tersebut FIFA memberikan penghargaan khusus kepada Vallo. Penghargaan serupa diberikan kepada para legenda seperti Pele, Franz Beckenbauer, dan Bobby Moore.

"Seumur hidup saya tak pernah mendapat penghargaan seperti ini," ujarnya dengan mata berkaca-kaca, Jumat 12/02/2010 lalu.

Semasa berkarir, Varallo dijuluki "meriam kecil". Varallo sudah bermain sepakbola sejak usia 14 tahun untuk Gimnasia de Plata sebelum pindah ke Boca Juniors sejak 1930 hingga pensiun.

Di Piala Dunia, Varallo cedera pada pertandingan melawan Chile dan absen saat semi-final. Namun, Varallo ambil bagian ketika secara dramatis Argentina menyerah dari tuan rumah Uruguay, 4-2, di babak puncak.

"Saya bermain sepenuh hati pada babak kedua dan saya bisa merasakan sakit di bagian lutut. Kami harus bermain dengan sepuluh pemain dan kemudian seorang lagi pemain kami cedera," kenangnya.

"Cedera saya terasa ketika sebuah tendangan saya menghantam mistar, mungkin saja tendangan itu menghasilkan gol kemenangan buat kami. Saya sulit berjalan. Sejak saat itu, kekuatan Uruguay pulih dan dengan segala hormat kepada rekan-rekan setim saya, kami tak cukup bernyali. Saya masih gusar hingga saat ini."

Pada kesempatan yang sama, presiden federasi sepakbola Argentina (AFA) Julio Grondona juga secara khusus memberikan seragam timnas Argentina bernomor punggung 100 dengan nama "Varallo".

Berita Terkait: