Hasil Undian Piala Eropa 2012

Senin, 08 Februari 2010

Juara bertahan Spanyol terhindar dari grup keras Piala Eropa 2010 dalam undian yang dilakukan di Warsawa, Polandia, Minggu 07/02/2010 malam. Namun pelatih Vicente del Bosque tak mau banyak berkata-kata.

Spanyol yang menjadi juara Eropa pada tahun 2008 dengan penampilan menawan termasuk menggasak Jerman di partai final, berada di Grup I bersama Republik Ceko, Skotlandia, Lithuani, dan Leichtenstein.

Del Besque mengatakan meski La Furia Roja saat ini berada di ranking 1 dunia, namun belum menjamin skuadnya lolos dengan mulus ke putaran final.

"Kami menghadapi tes berat dan kami akan berusaha tampil sebaik mungkin di tiap pertandingan. Kami tak ingin membuat kesalahan yang akan kami sesali," kata pelatih berkumis tebal itu.

Juara dunia Italia bertemu dua tim finalis Piala Dunia 2010, Serbia dan Slovenia, Irlandia Utara, Estonia, dan Kepulauan Faroe di Grup C. Prancis, runner-up, Piala Dunia 2006, juga takkan kesulitan menghadapi Rumania, Bosnia, Belarusia, Albania dan Luxembourg di Grup D.

"Grup Italia cukup berimbang dengan dua tim Serbia dan Slovenia peserta Piala Dunia," kata pelatih Marcello Lippi. "Kami beruntung ada di grup ini dibandingkan Inggris yang lebih berat."

Inggris akan bertemu dengan Wales yang sudah mereka hadapi sebanyak 99 kali di Grup G. Lawan lainnya skuad Fabio Capello itu adalah Swiss, Bulgaria, dan Montenegro.

Tim-tim top Eropa lainnya juga tak mendapat lawan berat. Jerman difavoritkan di Grup A yang dihuni Turki, Austria, Belgia, Kazakhstan, dan Azerbaijan. Rusia dijagokan di Grup B, Belanda di Grup E, Kroasia di Grup F, dan Portugal di Grup H.

Hasil Undian Piala Eropa 2012
- Grup A: Jerman, Turki, Austria, Belgia, Kazakhstan, Azerbaijan
- Grup B: Rusia, Slovakia, Irlandia, Macedonia, Armenia, Andorra
- Grup C: Italia, Serbia, Irlandia Utara, Slovenia, Estonia, Kepulauan Faroe
- Grup D: Prancis, Rumania, Bosnia, Belarusia, Albania, Luxembourg
- Grup E: Belanda, Swedia, Finlandia, Hungaria, Moldova, San Marino
- Grup F: Kroasia, Yunani, Israel, Latvia, Georgia, Malta
- Grup G: Inggris, Swiss, Bulgaria, Wales, Montenegro
- Grup H: Portugal, Denmark, Norwegia, Siprus, Islandia
- Grup I: Spanyol, Republik Cek, Skotlandia, Lithuania, Liechtenstein

Keterangan:
- Babak kualifikasi akan dimulai 3-4 September 2010 dan berakhir 11 Oktober 2010
- Tuan rumah Polandia dan Ukraina lolos otomatis bersama juara dari masing-masing sembilan grup dan runner-up terbaik. Delapan runner-up lainnya akan akan berlaga di play-off pada 11-12 November dan 15 November untuk melengkapi 16 finalis.

Berita Terkait: