Kalender MotoGP 2010

Kamis, 12 November 2009

Pada musim 2009 hanya ada 17 seri balapan MotoGP. Namun, untuk musim 2010, para pembalap akan menjalani jadwal balapan yang lebih lama karena ada 18 seri, setelah Sirkuit Balatonring di Hongaria sudah masuk di dalam kalender. Demikian pengumuman yang dikeluarkan Federasi Motor Internasional (FIM).

Seperti biasa, balapan malam di Losail, Qatar, menjadi seri pembuka dan berlangsung pada 11 April 2010 dan Valencia jadi penutup pada 7 November. Sementara itu, GP Belanda akan berlangsung pada hari Sabtu, 26 Juni, dan GP Amerika Serikat pada 25 Juli hanya mementaskan kelas premier.

Sementara itu, Sirkuit Silverstone, Inggris, kembali masuk kalender untuk pertama kalinya sejak 1980-an. Sirkuit ini akan menjadi tuan rumah pada 20 Juni, yang artinya lebih cepat satu bulan dari waktu normal, dan secara efektif bertukar tempat dengan balapan di Barcelona, yang kembali ke bulan Juli.

Kalender tahun ini menjadi 18 seri karena Sirkuit Balatonring, Hongaria, sudah bisa menjadi penyelenggara balap MotoGP. Sebenarnya sirkuit ini sudah masuk kalender 2009, tetapi terpaksa dibatalkan karena sampai dengan batas waktu yang ditentukan pengerjaannya belum selesai.

Sebagai bentuk antisipasi, FIM juga memasukkan nama sirkuit baru di Spanyol, Motorland Aragon dalam kalender MotoGP 2010. Sirkuit ini menjadi cadangan apabila terjadi halangan pada seri-seri yang lain.

Kalender Balapan MotoGP Musim 2010:
11 April - Qatar* - Losail
25 April - Jepang - Motegi
2 May - Spanyol - Jerez
23 May - Prancis - Le Mans
6 June - Italia - Mugello
20 June - Inggris - Silverstone
26 June - Belanda** - Assen
4 July - Katalunya - Catalunya
18 July - Jerman - Sachsenring
25 July - Amerika Serikat*** - Laguna Seca
15 August - Republik Ceko - Brno
29 August - Indianapolis - Indianapolis
5 September - San Marino & Riviera di Rimini - Misano
19 September - Hongaria - Balatonring
10 October - Malaysia - Sepang
17 October - Australia - Phillip Island
31 October - Portugal - Estoril
7 November - Valencia - Ricardo Tormo Valencia

* Balapan malam
** Balapan Sabtu
*** Hanya menggelar kelas MotoGP

Berita Terkait: