Rossi Juara MotoGP San Marino 06/09/2009

Minggu, 06 September 2009

Pada Tiga balapan terakhir MotoGP, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo bergantian menjuarai balapan. Balapan di San Marino, Minggu 06/09/2009, menjadi milik Valentino Rossi sebagai pemenang dan Lorenzo tampil sebagai runner-up.

Ini bukan pertama kalinya Rossi tampil sebagai juara dan Lorenzo sebagai pemegang posisi duanya. Hasil seperti ini sebelumnya pernah terjadi di MotoGP Catalunya, Belanda dan Jerman. Untuk hasil Lorenzo sebagai juara dan Rossi sebagai runner-up, pernah terjadi di MotoGP Jepang. Dengan empat seri tersisa, menarik untuk ditunggu persaingan lanjutan antara Rossi dan Lorenzo.

Rossi kini masih memimpin klasemen pembalap dengan memperoleh 237 poin. Lorenzo berada di posisi kedua meraih 207 poin.

Pada saat start Dani Pedrosa langsung melesat ke depan dan mengambil alih pimpinan lomba. Pedrosa diikuti oleh Toni Elias dan Valentino Rossi. Kecelakaan terjadi di awal start dan membuat tiga pembalap terjatuh. Alex de Angelis, Colin Edwards dan Nicky Hayden terlibat kecelakaan itu dan keluar dari balapan.

Pada lap kedua, Pedrosa masih memimpin dengan dikuntit ketat oleh Toni Elias. Jorge Lorenzo sementara itu berhasil melewati Rossi yang kini tergeser ke posisi empat sementara.

Lap keempat Pedrosa yang berada diurutan pertama ditempel ketat oleh Elias, Lorenzo dan Rossi. Dari sini Rossi melesat dan menyalip Lorenzo pada suatu tikungan. Rossi kemudian menyalip Elias dengan begitu Rossi berada di posisi dua di belakang Pedrosa.

Satu lap kemudian giliran Lorenzo yang berhasil memperbaiki posisinya setelah menyalip Elias. Lorenzo berada di posisi ketiga. Posisi tiga besar sekarang menjadi milik Pedrosa, Rossi dan Lorenzo. Pada lap yang sama Elias kembali turun posisinya ke urutan lima setelah dilewati Andrea Dovizioso.

Rossi akhirnya sukses mengambil alih pimpinan lomba pada lap ketujuh. Rossi berhasil menyalip Pedrosa pada suatu tikungan. Pedrosa yang terus ditempel ketat oleh Lorenzo akhirnya disalip dan Pedrosa turun ke posisi ketiga. Lorenzo berhasil melewati Pedrosa setelah dia terlalu melebar ketika mengambil tikungan. Akhirnya posisi satu-dua ditempati oleh dua pembalap Yamaha, Rossi dan Lorenzo.

Rossi, Lorenzo dan Pedrosa berada pada posisi tiga besar, diikuti oleh Dovizioso, Loris Capirossi, Elias, Mika Kallio dan Marco Melandri bertarung ketat di belakang mereka. Dovizioso dan Capirossi bertarung untuk posisi empat dengan ketat.

Dovizioso sempat kehilangan posisinya ketika disalip oleh Capirossi pada lap 24. Tetapi Dovizioso berhasil mengambil alih kembali urutan empat ketika balapan menyisakan satu lap. Dovisiozo mempertahankan posisi keempat.

Akhirnya Rossi menyelesaikan balapan sebagai juara. Pembalap asal Italia ini diikuti oleh Lorenzo dan Pedrosa yang berada di posisi dua dan tiga.

Hasil Balapan MotoGP San Marino
1. Valentino Rossi Yamaha 44:32.882
2. Jorge Lorenzo Yamaha + 2.416
3. Dani Pedrosa Honda + 12.400
4. Andrea Dovizioso Honda + 26.330
5. Loris Capirossi Suzuki + 26.539
6. Toni Elias Gresini Honda + 28.286
7. Mika Kallio Ducati + 30.184
8. Marco Melandri Hayate Kawasaki + 31.757
9. Chris Vermeulen Suzuki + 31.909
10. James Toseland Tech 3 Yamaha + 38.347
11. Aleix Espargaro Pramac Ducati + 46.673
12. Randy de Puniet LCR Honda + 52.041
13. Niccolo Canepa Pramac Ducati +1:03.198
14. Gabor Talmacsi Scot Honda +1:22.347

Tidak Finis
Colin Edwards Tech 3 Yamaha 0 laps
Nicky Hayden Ducati 0 laps
Alex de Angelis Gresini Honda 0 laps

Berita Terkait: