Newcastle 0-2 Manchester United (3/1/2019)

Kamis, 03 Januari 2019

Bermain sebagai pengganti tidak membuat kontribusi Romelu Lukaku untuk Manchester United di lapangan berkurang. Berkat dia, klub berjuluk The Red Devils itu berhasil menang atas Newcastle dalam laga Premier League hari Kamis (3/1) dengan skor 2-0.

Lukaku memecah kebuntuan MU satu menit setelah menggantikan Anthony Martial pada babak kedua. Pada menit ke-80, kedudukan berubah menjadi 2-0 setelah Marcus Rashford berhasil mengubah umpan Alexis Sanchez menjadi gol.

Kemenangan tersebut tidak membuat MU bergeming dari posisi enam klasemen Premier League dengan koleksi 38 poin. Namun setidaknya, jarak mereka dengan Arsenal yang menghuni peringkat lima bisa terpangkas menjadi tiga poin saja.

Sejak menit awal, Manchester United sudah disambut dengan pertahanan ketat dari Newcastle. Praktis selama 25 menit pertama, skuat asuhan Ole Gunnar Solskjaer tersebut selalu gagal untuk menciptkan ancaman berbahaya.

Peluang untuk MU akhirnya datang Pada menit ke-25. Skema permainan yang apik membuat Anthony Martial berhasil lepas dari penjagaan. Sayangnya posisi tubuhnya tidak bagus untuk melepaskan tembakan dan bola hanya melambung di atas gawang.

Paul Pogba nyaris membuat kedudukan menjadi 1-0 untuk MU. Di menit ke-30, gelandang serang asal Prancis itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Sayang bidikannya masih jauh dari kata tepat sasaran.

Sang tuan rumah bukannya tak memiliki peluang. Pada menit ke-34, Salomon Rondon sempat membahayakan gawang MU melalui sundulannya dari jarak dekat. Sayang ia tak mampu membidik dengan baik dan bola pun melambung di atas gawang.

Manchester United terus berupaya untuk menjebol gawang The Magpies. Sayangnya hingga wasit mengakhiri babak pertama, tidak ada peluang berbahaya yang tercipta. Kedudukan imbang 0-0 pun harus bertahan.

Keadaan sedikit berubah pada babak kedua. Newcastle yang pada sepanjang paruh pertama pertandingan lebih banyak mendekam di daerah sendiri. Kini mereka lebih berani dalam memberikan tekanan tinggi serta melancarkan serangan.

Meskipun begitu, Manchester United tetap mampu unggul lebih dulu. Romelu Lukaku yang masuk pada menit ke-63 hanya butuh waktu satu menit untuk mengubah skor. Ia sukses menyambar bola yang gagal ditangkap dengan baik oleh Martin Dubravka. 1-0.

Pada menit ke-73, ketegangan sempat terjadi antara pemain dari kedua tim. Paul Pogba, yang tidak mendapat ruang cukup pada laga kali ini, harus dijatuhkan oleh Jonjo Shelvey di luar kotak penalti. Insiden tersebut membuat keduanya sempat beradu mulut.

Kedudukan lalu berubah menjadi 2-0 untuk MU. Berawal dari skema serangan balik di menit ke-80, permainan operan antara Lukaku dan Sanchez membuat Rashford berdiri bebas di kotak penalti Newcastle. Dengan tenang ia menceploskan bola ke gawang. 2-0.

Tak banyak yang bisa dilakukan oleh Newcastle untuk mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang sempit. Dengan berat hati, mereka pun harus merelakan tiga poin jatuh ke pelukan MU. Manchester United menang dengan skor 2-0.

Susunan Pemain

Newcastle (5-4-1): Martin Dubravka; Matt Ritchie, Paul Dummett, Jamaal Lascelles, Fabian Schar (Yoshinori Muto 81'), DeAndre Yedlin; Ayoze Perez (Kenedy 69'), Mohamed Diame (Jonjo Shelvey 53'), Isaac Hayden, Christian Atsu; Salomon Rondon.

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Antonio Valencia, Victor Lindelof, Phil Jones, Luke Shaw; Ander Herrera, Nemanja Matic; Juan Mata (Alexis Sanchez 63'), Paul Pogba, Anthony Martial (Romelu Lukaku 63'); Marcus Rashford (Jesse Lingard 87').

Berita Terkait: