Manchester City 2-1 Liverpool (4/1/2019)

Jumat, 04 Januari 2019

Liverpool akhirnya menelan kekalahan pertama mereka di Premier League musim ini usai menyerah dengan skor 1-2 ketika bertandang ke markas Manchester City, Etihad Stadium dalam laga pekan ke-21, Jumat (4/1) dini hari WIB.

City unggul lebih dulu lewat aksi Sergio Aguero di babak pertama. Roberto Firmino sempat menyamakan kedudukan sebelum Leroy Sane mencetak gol untuk memastikan kemenangan tuan rumah.

Berkat tambahan tiga poin ini, Manchester City sukses kembali ke posisi dua klasemen sekaligus memangkas jarak dengan Liverpool menjadi hanya empat poin saja. Persaingan juara pun masih terbuka lebar.

Bertindak sebagai tuan rumah, City mencoba langsung mendominasi penguasaan bola. Sayang belum ada peluang berbahaya yang dihasilkan tim asuhan Pep Guardiola.

Liverpool hampir saja unggul ketika laga berjalan 17 menit. Setelah peluang pertama Sadio Mane masih digagalkan tiang gawang, bola yang coba dihalau John Stones malah mengenai Ederson, beruntung Stones kembali berhasil membuang bola tepat di garis gawang.

City akhirnya sukses membuka keunggulan lewat gol Aguero di menit ke-40. Menerima crossing dari Bernardo Silva, Kun Aguero melakukan sekali kontrol sebelum melepas tembakan yang menghujam gawang Alisson Becker. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Kembali dari kamar ganti, Liverpool masih kesulitan untuk mengembangkan permainan. Hal ini memaksa Jurgen Klopp menarik keluar James Milner dan memasukkan Fabinho di menit ke-57.

Hasilnya langsung terlihat ketika Firmino sukses menyamakan skor menjadi 1-1 di menit ke-64. Umpan panjang Trent Alexander-Arnold diteruskan Andy Robertson di tiang jauh untuk kemudian diselesaikan Firmino menjadi gol.

Skor 1-1 membuat Guardiola bereaksi dengan memasukkan Ilkay Gundogan untuk menggantikan David Silva. Tuan rumah pun akhirnya berhasil kembali unggul berkat gol Sane di menit ke-72.

Diawali penetrasi yang dilakukan Raheem Sterling, Sane yang menerima bola di sisi kiri kemudian melepas tembakan ke tiang jauh yang tak bisa dijangkau Alisson.

Kedua tim sama-sama memiliki peluang matang di sisa laga, akan tetapi tak ada satu pun yang menjadi gol. Skor 2-1 untuk kemenangan Manchester City pun menjadi hasil akhir laga ini.

Manchester City: Ederson; Danilo, Stones, Kompany (Otamendi 88'), Laporte (Walker 86'); Bernardo Silva, Fernandinho, David Silva (Gundogan 65'); Sterling, Aguero, Sane.

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson; Wijnaldum (Sturridge 86'), Henderson, Milner (Fabinho 57'); Salah, Firmino, Mane (Shaqiri 77').

Berita Terkait: