Everton 1-1 Manchester United (4/12/2016)

Senin, 05 Desember 2016

Unggul sejak babak pertama, Manchester United akhirnya harus puas dengan hasil imbang atas Everton. Gol Leighton Baines di jelang laga tuntas membuat skor sama kuat 1-1.

Bermain di Goodison Park, Minggu (4/12/2016) malam WIB, MU lebih dulu membuka keunggulan melalui Zlatan Ibrahimovic. Tendangan lob-nya dari luar kotak penalti mengubah skor jadi 1-0 jelang babak pertama berakhir.

Everton berhasil menciptakan beberapa peluang di babak kedua demi menyamakan kedudukan. Upaya tersebut baru membuahkan hasil ketika laga tersisa satu menit di waktu normal. The Toffees menyamakan kedudukan melalui eksekusi penalti Leighton Baines.

Ini menjadi hasil 1-1 ketiga secara beruntung yamg diterima 'Setan Merah' di Premier League, setelah sebelumnya juga dapat hasil yang sama saat berhadapan dengan West Ham United dan Arsenal. Cuma dapat tambahan satu poin membuat MU makin tertinggal jauh dari posisi atas klasemen. Mereka kini duduk di posisi enam dengan poin 21, tertinggal 13 angka di belakang Chelsea.

Semetara itu, Everton saat ini berada di posisi delapan klasemen. Dari 14 laga yang sudah dijalani mereka menghasilkan 20 poin.

Tembakan yang dilepaskan Paul Pogba usai menerima umpan dari Valencia di menit tujuh menjadi peluang pertama yang tercipta di pertandingan ini. Di menit-menit awal, MU mendominasi penguasaan bola.

Dari tendangan bebas yang terjadi di menit 18, Everton menciptakan dua peluang beruntun. Yang pertama ketika Williams gagal menanduk dengan sempurna bola yang melayang masuk ke kotak penalti, sementara upaya Cleverly juga tak membuahkan hasil.

Lukaku berhasil memperdaya Marcos Rojo di sepertiga akhir lapangan dan melanjutkan aksinya dengan mengirim umpan pada Bolasie. Bolaise lantas mengirim crossing ke kotak penalti namun tak sampai Mirallas.

Saat pertandingan babak pertama tersisa tiga menit, MU berhasil memecah kebuntuan. Mengejar umpan panjang yang dilepaskan Anthony Martial dari tengah lapangan, Ibra dengan jeli melihat Stekelenburg keluar dari sarangnya.

Maka saat berada dekat dengan bola, Ibra mencungkil bola ke udara. Si kulit bundar melayang melewati kiper, membentur mistar, tiang gawang, dan memantul di tanah untuk kemudian disapu bek Everton. Wasit butuh bantuan teknologi untuk memutuskan apakah gol sudah terjadi. Dan gol memang sudah terjadi. MU unggul 1-0.

Di awal babak kedua, David De Gea melakukan penyelamatan untuk menjaga keunggulan timnya tetap terjaga. De Gea menghalau tembakan setengah voli Mirallas, yang diawali dengan keberasilan pemain asal Belagi itu melewati Rojo.

Dua menit berselang gantian MU punya kesempatan. Usai menerima umpan dari Pogba, Martial melepaskan tembakan dari sisi kiri. Bola yang dia tendang membentur Coleman dan berubah arah menuju sudut kanan atas gawang. Tapi kekuatan pantul bola terlalu kencang sehingga masih melayang di atas mistar gawang.

Sepuluh menit babak kedua berjalan Ibrahimovic nyaris menggandakan keunggulan MU. Tendangan kaki kiri Ibrahimovic saat menyongsong umpan dari Valecia diblok Fuenes Mori.

Mistar gawang menghalangi MU mencetak gol kedua! Crossing yang dilepaskan Michael Carrick gagal dijangkau Pogba. Tapi bola ternyata masih bisa dikuasai Ander Herrera. Dari dalam kotak penalti dia melepaskan tembakan kencang, namun bola gagal masuk gawang karena membentur mistar.

Di menit 75 dan 77 De Gea membuat dua penyelamatan untuk menjaga keuggulan MU. Yang pertama, kiper asal Spanyol itu menghentikan tandukan bertenaga yang dilepaskan Holgate. Selanjutnya De Gea menghalau upaya yang dilakukan Gueye.

Pertandingan memasuki menit 87 saat wasit menunjuk titik putih di kotak penalti MU. Sang pengadil menilai telah terjadi pelanggaran yang dilakukan Marouane Fellaini pada Gueye.

Maju sebagai eksekutor, Baines menuntaskan tugasnya dengan sempurna. Tendangan penalti yang dia lepaskan berhasil memperdaya De Gea dan mengubah kedudukan jadi 1-1.

MU nyaris langsung membalas atas gol tersebut, itu terjadi saat tendangan jarak jauh Valencia mental ke luar lapangan setelah membentur pemain Everton.

Di sisi lain, tuan rumah juga punya kans menyudahi pertandingan sebagai pemenang. Di periode injury time, Baines mengarahkan tembakannya ke tiang dekat. Tapi De Gea dengan sigap menghalaunya.

Susunan Pemain

Everton: Stekelenburg; Coleman ('67 Mason Holgate), Williams, Funes Mori, Baines; Barry, Cleverley ('63 Gerard Deulofeu); Gueye, Bolasie ('68 Enner Valencia), Mirallas; Lukaku.

Manchester United: De Gea; Valencia, Jones, Rojo, Darmian; Carrick, Herrera; Martial ('83 Marcus Rashford), Pogba, Mkhitaryan ('85 Marouane Fellaini); Ibrahimovic.

Berita Terkait: