Manchester City 1-1 Middlesbrough (5/11/2016)

Minggu, 06 November 2016

Manchester City harus puas dengan hasil 1-1 kala menjamu Middlesbrough. City unggul hingga menit-menit akhir, tapi Middlesbrough mencetak gol balasan di injury time.

Dalam pertandingan di Etihad Stadium, Sabtu (5/11/2016) malam WIB, City mendominasi permainan sejak awal. Dalam catatan BBC, penguasaan bola City sepanjang laga mencapai 79%.

City juga tercatat melepaskan 25 tembakan, dengan tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Middlesbrough cuma melepaskan lima tembakan --yang semuanya dilakukan di babak kedua-- dengan tiga yang on target.

Terus menekan sejak awal, City baru bisa memecah kebuntuan dua menit jelang turun minum. Sergio Aguero mencetak gol untuk membawa City unggul 1-0 saat jeda.

Di babak kedua, Middlesbrough lebih berani menyerang kendati masih kalah dominan dari City. Pada akhirnya, Middlesbrough mampu mencetak gol balasan di menit ke-91 untuk menyelamatkan diri dari kekalahan. Marten de Roon menjebol gawang Claudio Bravo untuk menyamakan kedudukan sekaligus membatalkan kemenangan City.

Hasil ini memang masih belum menggeser City --yang kini punya 24 poin dari 11 laga-- dari puncak klasemen. Tapi, mereka berpotensi disalip oleh Arsenal (23 poin), Liverpool (23 poin), dan Chelsea (22 poin). Sementara Middlesbrough naik satu tingkat ke urutan 14 dengan 11 poin.

Manchester City langsung memegang kendali permainan sejak menit-menit awal. Tuan rumah relatif dominan dalam menguasai bola sementara Middlesbrough lebih banyak bertahan.

Meski demikian, City kesulitan membongkar rapatnya pertahanan Middlesbrough. Tak banyak peluang bersih yang didapat City sampai laga berjalan sekitar 10 menit.

City mendapat tendangan bebas di menit ke-13 menyusul pelanggaran terhadap Fernandinho. Kevin de Bruyne maju sebagak eksekutor, tapi tendangannya membentur pagar betis pemain Middlesbrough dan hanya mengasilkan sepak pojok.

Tak lama berselang, Fernandinho mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Belum membuahkan hasil, upaya Fernandinho masih menyamping dari gawang.

Jesus Navas mendapat ruang untuk melepaskan umpan silang kepada Ilkay Guendogan. Gelandang asal Jerman itu mencoba menyambutnya dengan tendangan salto, tapi bola memantul dan tak mengarah ke gawang.

Blok penting dilakukan Adam Forshaw di menit ke-16. Guendogan yang mendapat ruang tembak di dalam kotak penalti bersiap melepaskan tendangan. Tapi Forshaw berhasil mencuri bola tepat sebelum Guendongan melepaskan tembakan.

City terus menekan. Peluang bagus didapat De Bruyne usai menerima bola dari Sergio Aguero. De Bruyne masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan kaki kiri yang mengarah ke tiang jauh. Tapi upaya De Bruyne itu melebar tipis dari gawang.

Tekanan yang terus dilancarkan City memaksa Middlesbrough untuk terus bertahan. Ketika lini belakang Middlesbrough mulai goyah, Victor Valdes tampil sebagai penyelamat. Dia memblok tendangan Aguero dari jarak dekat.

Valdes kembali melakukan penyelamatan. Kali ini dia menepis tendangan David Silva yang meneruskan bola dari Jesus Navas dari sisi kanan.

Serangan City akhirnya membuahkan hasil dua menit jelang turun minum. De Bruyne melepaskan umpan silang dari sebelah kanan dan Aguero yang menyelinap di antara dua pemain belakang Middlesbrough menyambut bola untuk menjebol gawang Valdes.

Tak lama sebelum turun minum, City nyaris menggandakan keunggulannya. Tapi upaya Jesus Navas masih membentur mistar gawang. Skor 1-0 akhirnya menutup babak pertama.

Di awal babak kedua, kesalahan yang dilakukan Fernandinho di lapangan tengah hampir membahayakan gawang City. Fernandinho salah dalam mengoper dan bola justru jatuh ke kaki Alvaro Negredo. Melihat Claudio Bravo sudah maju, Negredo langsung melepaskan tendangan melambung ke arah gawang. Tapi Bravo dengan sigap kembali ke posisinya untuk menghalau bola.

Middlesbrough lebih berani menyerang di awal babak kedua. Di menit ke-50, serangan Middlesbrough kembali memaksa Bravo melakukan penyelamatan. Adam Forshaw menerima bola di dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan ke arah gawang. Tapi sepakannya itu diblok Bravo.

City mencoba mengambil kendali permainan. Silva melepaskan umpan dari sisi kanan ke dalam kotak penalti. De Bruyne meneruskannya dengan sundulan, tapi masih terlalu lemah dan bola ditangkap dengan mudah oleh Valdes.

Guendogan mencoba peruntungannya dengan melepaskan tembakan voli dari luar kotak penalti. Tapi bola memantul ke tanah dan kemudian melebar dari gawang.

Middlesbrough menyia-nyiakan sebuah serangan balik di menit ke-74. Marten de Roon merebut bola dari Fernandinho dan Middlesbrough naik menyerang. Stewart Downing punya banyak pilihan untuk mengoper di dalam kotak penalti. Tapi dia memilih untuk melepaskan tembakan kaki kiri ke arah tiang jauh. Bola melebar jauh dari sasaran.

Aguero membuang peluang bagus di menit ke-85. Menerima bola dari Jesus Navas, Aguero berdiri bebas di kotak penalti dan punya ruang untuk melepaskan tembakan. Tapi tendangannya justru melambung di atas mistar gawang.

Kemenangan City yang sudah di depan mata buyar di masa injury time. Middlesbrough mencetak gol penyama di menit ke-91. Umpan George Friend dari sisi kiri disambut Marten de Roon yang muncul di tiang jauh untuk menyundul bola.

Di sisa tiga menit masa injury time, City mencoba untuk menekan. Tapi tak ada gol lagi yang tercipta. Skor 1-1 menutup pertandingan.

Susunan Pemain
City: Bravo, Zabaleta, Stones, Kolarov, Clichy, Fernandinho, Guendogan (Nolito 75'), Silva, De Bruyne, Navas (Alex Garcia 86'), Aguero (Iheanacho 90')

Middlesbrough: Valdes, Barragan, Chambers, Gibson, Friend, Traore (Stuani 93'), De Roon, Clayton, Forshaw, Downing (Fischer 78'), Negredo

Berita Terkait: