Arsenal 1-1 Tottenham Hotspur (6/11/2016)

Senin, 07 November 2016

Derby London Utara berakhir tanpa pemenang. Arsenal dan Tottenham Hotspur mesti berbagi angka setelah pertandingan berkesudahan dengan skor 1-1.

Bermain di Emirates Stadium, Minggu (6/11/2016) malam WIB, kedua tim sama-sama sempat sekali mengenai tiang gawang. The Gunners lebih dulu memimpin lewat gol bunuh diri Kevin Wimmer di akhir babak pertama.

Di awal babak kedua, Tottenham berhasil menyeimbangkan permainan setelah hadiah penalti dikonversi dengan sempurna oleh Harry Kane.

Dengan satu angka yang diperoleh, Arsenal berada di peringkat ketiga usai mengumpulkan 24 poin hasil 11 pertandingan. Sedangkan Tottenham berada dua strip di bawahnya dengan 21 poin.

Serangan berbahaya diawali Spurs di menit kelima. Dari sisi kiri, Son Heung-min berakselerasi hingga ke kotak penalti tapi sayang umpan silangnya tidak mampu disambar Harry Kane di tiang jauh.

Arsenal kemudian lebih menguasai permainan dengan mencoba menyerang dari sisi kanan pertahanan Tottenham. Akan tetapi, hingga 20 menit pertandingan berjalan belum mampu menghasilkan peluang berarti.

Justru serangan balik Spurs cukup mengancam. Di menit 22, umpan lambung Christian Eriksen di kotak penalti disambut Kane dengan sundulan tapi bola masih melebar tipis dari gawang Petr Cech.

Peluang terbaik Arsenal terlahir 10 menit kemudian. Dari serangan balik cepat, Alexis Sanchez mengirim sodoran yang diteruskan Alex Iwobi. Sayangnya, tembakan Iwobi terlalu lemah sehingga bisa ditangkap Hugo Lloris.

Arsenal nyaris mendapatkan gol pertamanya di menit 39. Tembakan kaki kanan Theo Walcott mengalahkan penjagaan Lloris tapi menghantam tiang gawang. Bola rebound diteruskan Mesut Oezil dengan tembakan voli yang melambung terlalu tinggi.

Kebuntuan akhirnya terpecah di menit 42. Dari tembakan bebas Oezil, Kevin Wimmer salah mengantisipasi bola sehingga meluncur masuk ke gawang Lloris. Arsenal memimpin 1-0 dari Tottenham.

Setelah turun minum, Spurs meningkatkan serangannya. Penalti kemudian diberikan kepada Spurs usai pelanggaran Laurent Koscielny terhadap Moussa Dembele.

Kane maju sebagai eksekutor dan menempatkan bola di tengah gawang tanpa bisa diadang Cech. Spurs menyamakan skor di menit 51.

Ancaman Spurs hadir empat menit berselang. Diawali dari clearance Shkodran Mustafi, bola jatuh di jalur Eriksen yang diteruskan dengan tembakan keras meski masih bisa ditahan Cech di kanan bawah gawang.

Spurs hampir saja menciptakan gol tambahan di menit 60. Umpan silang Dany Rose kepada Kane di tiang jauh mampu digagalkan Nacho Monreal.

Setelahnya, Arsenal membalas. Iwobi mengirim bola lambung ke kotak penalti Spurs, Granit Xhaka yang dalam posisi bebas gagal menanduk bola.

Di menit 72, Lloris mengagalkan sontekan Oezil dari jarak dekat. Sepak pojok Arsenal lantas diamankan sebelum tembakan Aaron Ramsey dari luar kotak penalti melambung di atas mistar gawang Tottenham.

Tekanan Arsenal terus bergulir. Tiga menit berselang, Hector Bellerin melepaskan tembakan dari dalam kotak, tapi mengenai Kyle Walker. Bola lantas diamankan Lloris.

Gawang Arsenal kembali dalam ancaman. Di menit 85, tembakan bebas Eriksen menggetarkan tiang gawang, tapi bola rebound tidak dapat dimaksimalkan.

Menjelang pertandingan usai, Sanchez mengirim umpan silang yang disundul Olivier Giroud. Tapi bola masih mengarah tepat ke arah Lloris.


Susunan Pemain

ARSENAL: Cech; Bellerin, Koscielny, Mustafi, Monreal; Coquelin (Ramsey 65'), Xhaka; Walcott (Oxlade-Chamberlain 71'), Ozil, Iwobi (Giroud 70'); Alexis

TOTTENHAN HOTSPUR: Lloris, Walker, Vertonghen, Wimmer, Rose; Dier, Wanyama, Dembele, Eriksen, Son (Winks 89'); Kane (Janssen 72')

Berita Terkait: