Bayern Munich Juara Piala Super Jerman 2016/2017

Rabu, 17 Agustus 2016

Juara bertahan Bundesliga Bayern Munich keluar sebagai pemenang Piala Super Jerman, setelah menundukkan Borussia Dortmund dengan skor akhir 2-0.

Pada pertandingan di Signal Iduna Park, Senin (15/8/2016) dinihari WIB, Dortmund lebih dominan. Statistik ESPN FC mencatat, Dortmund memiliki 55% penguasaan bola dengan melahirkan 20 percobaan [5 on target] sedangkan Bayern memiliki 9 percobaan [5 on target].

Kendati begitu, kedua tim bermain imbang tanpa gol di sepanjang babak pertama. Setelah turun minum, Arturo Vidal membuka skor pertandingan di menit 58 dan digandakan Thomas Mueller lewat golnya di menit 79.

Bagi Bayern, ini adalah Piala Super Jerman yang pertama dalam empat tahun. Die Roten terakhir kali mendapatkannya pada 2012 saat mengalahkan Dortmund 2-1 di Allianz Arena.

Awal babak pertama berjalan dengan tempo cepat. Peluang berarti pertama didapatkan Dortmund saat tembakan Shinji Kagawa dari dalam kotak melenceng di menit keenam.

Hanya dua menit berselang, Dortmund mengancam lagi. Pierre-Emerick Aubameyang menembus pertahanan Bayern tapi tembakannya saat tinggal berhadapan dengan Manuel Neuer masih melebar.

Dortmund mengklaim penalti setelah Xabi Alonso dianggap melakukan hand ball. Wasit tidak sepakat, pertandingan diteruskan.

Keributan kecil sempat terjadi menyusul perebutan bola Franck Ribery dengan Felix Passlack. Ribery tampak tersulut emosinya sehingga menyikut pemain lawan.

Dua kali Ousmane Dembele meneror pertahanan Bayern. Setelah sepakannya mengarah tepat ke Neuer, tidak berapa lama kemudian penyelesaian Dembele melambung.

Di menit 34, umpan Marc Bartra menemui Adrian Ramos. Akan tetapi dari jarak dekat, tembakan kaki kiri Ramos bisa digagalkan Neuer.

Bayern merespons empat menit kemudian. Umpan silang Javi Martinez menemui Arturo Vidal, tapi sundulan kerasnya masih belum mampu menaklukkan Roman Buerki.

Serangan Dortmund kembali merepotkan Bayern di babak kedua. Dembele melepaskan tembakan keras tapi masih melenceng dari gawang Bayern.

Kebuntuan akhirnya terpecah. Di menit 58, Bayern berhasil menciptakan gol pembuka lewat Arturo Vidal untuk memimpin 1-0. Dari serangan balik, Vidal melepaskan tembakan tapi bisa ditepis Buerki, bola rebound kembali dicecarnya untuk disarangkan ke gawang Dortmund.

Keunggulan Bayern bertambah di menit 79. Thomas Mueller mencetak gol kedua untuk membawa Bayern mengungguli Dortmund 2-0. Umpan silang Philipp Lahm diterima Mats Hummels, bola diteruskan Mueller dengan sepakan dari jarak dekat.

Di sisa waktu, tidak ada gol tercipta. Bayern berhak atas Piala Super Jerman lewat kemenangan 2-0 atas Dortmund.


Susunan Pemain

BORUSSIA DORTMUND: Buerki, Passlack, Sokratis, Bartra, Schmelzer, Castro, Rode, Dembele (Schuerrle 68'), Kagawa, Ramos (Weighl 69'), Aubameyang (Mor 78')

BAYERN MUNICH: Neuer; Lahm, Hummels, Martínez, Alaba; Thiago, Xabi Alonso, Vidal (Kimmich 71'); Ribéry (Coman 65'), Mueller (Rafinha 86'), Lewandowski

Berita Terkait: