Arsenal 3-4 Liverpool (14/8/2016)

Rabu, 17 Agustus 2016

Banyak gol tercipta di laga Arsenal vs Liverpool. Tuan rumah Arsenal unggul lebih dulu, tapi kemudian harus mengakui kemenangan Liverpool 3-4.

Tujuh gol tercipta dalam pertandingan di Emirates Stadium, Minggu (14/8/2016) malam WIB. Arsenal unggul lebih dulu lewat sepakan Theo Walcott di menit ke-31. Liverpool membalasnya di masa injury time babak pertama melalui tendangan bebas terukur Philippe Coutinho.

Di awal babak kedua, Liverpool berbalik unggul lewat gol Adam Lallana tepatnya di menit ke-49. Keunggulan itu kemudian dijauhkan oleh Coutinho pada menit ke-56, diikuti gol Sadio Mane di menit ke-63.

Arsenal menghidupkan kembali peluang mereka ketika Alex-Oxlade Chamberlain mencetak gol di menit ke-64. Lalu Calum Chambers membuat selisih menipis di menit ke-75, menjadi 3-4.

Tapi tak ada gol lagi di sisa waktu. Liverpool pun memetik kemenangan pada pekan pertamanya di Premier League 2016-2017 di kandang Arsenal.

Arsenal memainkan Alexis Sanchez sebagai penyerang utama. Sementara kubu Liverpool menempatkan Sadio Mane di posisi tersebut.

Arsenal jadi kubu yang pertama mencatatkan peluang bersih di pertandingan ini pada menit ke-7. Lewat serangan di sisi kiri, Alexis Sanchez memberikan umpan pendek ke Aaron Ramsey di tengah dan diakhiri sepakan. Bola mengarah tepat ke arah kiper Liverpool, Simon Mignolet.

Liverpool melancarkan upaya balasan di menit ke-13. Jordan Henderson mengarahkan bola ke sisi kanan, diterima oleh Nathaniel Clyne yang kemudian melepaskan sepakan mendatar. Usahanya mudah diantisipasi Petr Cech.

Ramsey melakukan percobaan ambisius dari tengah lapangan pada menit ke-23, yang dilancarkan setelah timnya berhasil memenangi perebutan bola. Tapi usahanya berakhir melambung jauh di atas gawang Mignolet.

Arsenal mendapatkan hadiah penalti di menit ke-30, setelah Albero Moreno menjatuhkan Theo Walcott. Walcott maju sebagai eksekutor dan mengarahkan sepakan ke kiri, tapi terbaca oleh Mignolet.

Hanya semenit berselang, Walcott menebus kegagalannya di penalti. Menerima umpan Alex Iwobi di sisi kanan, Walcott berdiri bebas dan menyelesaikan kesempatannya dengan sepakan mendatar ke pojok kiri gawang.

Roberto Firmino melakukan percobaan di menit ke-35 dari luar kotak penalti. Cuma melebar ke kiri gawang Arsenal.

Lima menit berselang, kesalahan Calum Chambers nyaris berakibat fatal untuk Arsenal. Umpannya bisa direbut Firmino, yang kemudian mengalirkan bola ke Philippe Coutinho di kiri. Coutinho lantas mengoper ke tengah dan disambut sepakan Georginio Wijnaldum, namun bisa diamankan Cech di pojok kanan gawang.

Liverpool menyamakan kedudukan di masa injury time babak pertama. Mulanya Coutinho dilanggar Rob Holding tak jauh dari kotak penalti dan Coutinho sendiri yang mengambil tendangan bebas tersebut. Dia mengarahkan sepakan ke pojok kiri atas gawang dan tak terjangkau Cech. Babak pertama berakhir tak lama berselang.

Baru empat menit berjalan, Liverpool memetik keunggulan. Wijnaldum menusuk di sisi kiri dan melepaskan umpan silang. Bola diterima Adam Lallana di tengah dan menggiringnya ke arah kanan. Dari sudut sempit, Lallana menaklukkan Cech dengan sepakan mendatar.

Di menit ke-56 Liverpool kembali mencetak gol. Clyne merangsek di sisi kanan dan melepaskan umpan silang mendatar yang disambut sepakan Coutinho. Liverpool kini unggul 3-1.

Tim tamu nyaris saja menambah gol tak lama berselang. Umpan Firmino dari kanan dicocor Coutinho dari jarak dekat, tapi ditepis dengan gemilang oleh Cech. Bola pantulan coba disambar Lallana, tapi cuma melebar.

Di menit ke-63, Liverpool mencetak gol keempatnya. Menerima operan dari Lallana, Mane merangsek dari kanan dan bergerak memotong ke tengah, sebelum menuntaskan manuvernya dengan sepakan ke pojok kiri atas gawang.

Cuma berjarak semenit, Arsenal membalas. Alex-Oxlade Chamberlain yang baru masuk menerima umpan Santi Cazorla di sisi kiri. Dengan cerdik Chamberlain melewati dua pemain Liverpool, memotong ke tengah, dan mengarahkan tendangan ke tiang dekat. Bola berakhir di dalam gawang Mignolet setelah sempat berbelok karena membentur pemain.

Arsenal kembali menipiskan ketertinggalan di menit ke-73. Tendangan bebas Cazorla dari sisi kiri disambut sundulan Chambers dari jarak dekat.

Sebuah sepakan dari Firmino di menit ke-85 cuma melesat ke sisi kanan gawang Arsenal. Upayanya sedikit terhalang oleh Chambers.

Di masa injury time, Liverpool mendapatkan kesempatan lain ketika operan Divock Origi diteruskan Henderson dengan sepakan keras. Tapi bola membentur bek Arsenal dan cuma berakhir dengan sepak pojok.

Tak ada gol lagi sampai pertandingan usai, Liverpool menang 4-3 atas tuan rumah, Arsenal.

Susunan pemain:

ARSENAL: Cech; Bellerin, Holding, Chambers, Monreal; Elneny (Xhaka 67'), Coquelin; Walcott, Ramsey (Cazorla 61'), Iwobi (Chamberlain 59'); Alexis

LIVERPOOL: Mignolet; Clyne, Lovren, Klavan, Moreno; Lallana (Origi 76'), Henderson, Wijnaldum (Stewart 88'); Mane, Coutinho (Can (70'), Firmino

Berita Terkait: