Wigan Athletic 0-2 Manchester United (16/7/2016)

Minggu, 17 Juli 2016

Pertandingan pertama Jose Mourinho di Manchester United berakhir dengan kemenangan. Berlaga melawan Wigan Athletic, 'Setan Merah' menang 2-0.

Pertandingan uji coba yang berlangsung di Stadion DW, Sabtu (16/7/2016), tersebut jadi kesempatan Mourinho untuk menjajal beberapa pemain barunya, yakni Eric Bailly dan Henrikh Mkhitaryan. Bailly dan Mkhitaryan dipasang sebagai starter dalam laga ini.

Bailly diduetkan dengan Daley Blind sebagai partner bek tengah, sedangkan Mkhitaryan bermain sebagai "nomor 10" tepat di belakang penyerang United, James Wilson. Laga ini juga menjadi comeback bagi Luke Shaw, yang lama absen lantaran cedera patah tulang kaki kanan. Shaw bermain di posisi aslinya: bek kiri.

Kendati pun Mkhitaryan tampil apik di babak pertama, United gagal mencetak gol. Beberapa peluang berhasil mereka ciptakan, tetapi gagal berbuah menjadi gol. Skor di paruh pertama: 0-0.

Di awal babak kedua, Mourinho melakukan sejumlah perubahan. Phil Jones, Juan Mata, Adnan Januzaj, Andreas Pereira, Ashley Young, Antonio Valencia, dan Will Keane masuk. Sementara, Tim Fosu-Mensah, Shaw, Michael Carrick, Jesse Lingard, Mkhitaryan, Memphis Depay, dan Wilson ditarik keluar.

United akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-49 lewat Will Keane. Gol itu sendiri bermula dari blunder kiper Wigan, Jussi Jaaskelainen. Kiper asal Finlandia itu berniat memberikan bola ke rekannya, tetapi malah jatuh di kaki Juan Mata --yang kala itu berada tak jauh dari gawang. Mata pun langsung memberikan bola kepada Keane, dan Keane menceploskan bola ke dalam gawang.

Gol kedua United datang di menit ke-58. Pereira menjadi pencetak golnya. Gol tersebut bermula dari tendangan bebas di sisi kiri pertahanan Wigan. Bola yang diarahkan datar ke kotak penalti sempat diblok pemain Wigan, namun Pereira langsung menyambarnya dengan sepakan kaki kanan.

Usai pertandingan, Mourinho mengaku senang dengan hasil yang didapatkan timnya. "Ya, saya sangat senang. Jelas, hasil bukanlah yang terpenting, tapi jelas tetap penting," ujar Mourinho kepada MUTV.

"Tapi, saya senang karena apa yang kami lakukan saat latihan dipraktikkan di pertandingan. Baik ketika bertahan dan menyerang, apa pun yang kami lakukan di latihan, saya bisa melihatnya di lapangan."

"Kondisinya memang tidak ideal. Ada kelelahan, ketajaman masih kurang, tapi ini memang membutuhkan waktu. Tapi, yang jelas, mereka mulai bermain seperti apa yang saya pikirkan," kata Mourinho.

Berita Terkait: