Daftar 11 Pemain Tim Turnamen Piala Eropa 2016

Selasa, 12 Juli 2016

UEFA telah mengumumkan nama-nama pemain yang masuk ke Team of the Tournament di Piala Eropa 2016. Nama Cristiano Ronaldo dan Antoine Griezmann masuk, tapi Gareth Bale tidak.

Dari 11 pemain yang dipilih oleh para pengamat teknis UEFA, empat di antaranya berasal dari tim juara, Portugal. Tiga pemain merupakan pemain Jerman, sementara Prancis dan Wales masing-masing mengirimkan dua pemain. Artinya, semua tim yang lolos ke babak semifinal punya wakil.

Dalam formasi 4-2-3-1, posisi kiper jadi milik Rui Patricio (Portugal). Joshua Kimmich (Jerman) dan Raphael Guerreiro (Portugal) menempati posisi full-back, mengapit duet bek tengah Jerome Boateng (Jerman) dan Pepe (Portugal).

Toni Kroos (Jerman) dan Joe Allen (Wales) dipilih untuk mengisi posisi duet poros di lini tengah. Di depan mereka ada tiga gelandang serang, yaitu Griezmann (Prancis), Aaron Ramsey (Wales), dan Dimitri Payet (Prancis). Adapun posisi ujung tombak diisi oleh Ronaldo (Portugal).

Bale, yang mencetak tiga gol dan satu assist untuk mengantarkan Wales hingga babak semifinal, tak masuk Team of the Tournament ini.

Pemilihan Team of the Tournament dilakukan oleh 13 pengamat teknis UEFA, yang dipimpin oleh Ioan Lupescu dan berisi Sir Alex Ferguson, Alain Giresse, David Moyes, Packie Bonner, Mixu Paatelainen, Savo Milosevic, Peter Rudbaek, Gareth Southgate, Thomas Schaaf, Jean-Francois Domergue, Gines Melendez, dan Jean-Paul Brigger.

"Setelah melakukan diskusi, para pengamat memilih sebuah tim yang berisi pemain-pemain dengan performa terbaik dari tim-tim yang menampilkan performa terbaik di Piala Eropa 2016," jelas Ferguson.

"Kami sudah memilih bek-bek tengah yang dominan, full-back yang bisa bertahan dan menyerang, deep-lying midfielder yang bisa mengontrol permainan, dan para penyerang yang dinamis, fleksibel, dan kreatif. Mereka semua memiliki kemampuan untuk mengkreasikan dan mencetak gol. Kami yakin mereka yang terpilih merepresentasikan yang terbaik dari kompetisi ini," kata mantan manajer Manchester United itu.

Di masa lampau, Team of the Tournament berisi 23 pemain. Ronaldo (2004 dan 2012) dan Pepe (2008 dan 2012) pernah dua kali masuk di edisi sebelumnya.

Team of the Tournament (4-2-3-1): Rui PatrĂ­cio (Portugal); Joshua Kimmich (Jerman), Jerome Boateng (Jerman), Pepe (Portugal), Raphael Guerreiro (Portugal); Toni Kroos (Jerman), Joe Allen (Wales); Antoine Griezmann (Prancis), Aaron Ramsey (Wales), Dimitri Payet (Prancis); Cristiano Ronaldo (Portugal).

Berita Terkait: