Luis Suarez Raih Sepatu Emas Eropa 2015/2016

Senin, 16 Mei 2016

Penyerang Barcelona Luis Suarez berhak atas Sepatu Emas Eropa sebagai penanda pemain tersubur dari kompetisi liga-liga seantero benua Eropa pada musim ini.

Suarez mencetak total 40 gol La Liga musim ini. Jumlah tersebut membuatnya berhak atas predikat topskorer La Liga, lebih banyak lima gol dari Cristiano Ronaldo (Real Madrid) yang pernah empat kali menyabet Sepatu Emas Eropa.

Jumlah gol tersebut pada prosesnya turut membuat Suarez berhak atas Sepatu Emas Eropa. Dalam kariernya sejauh ini, pemain internasional Uruguay itu juga pernah berbagi Sepatu Emas Eropa dengan Ronaldo pada 2013-14 usai keduanya membuat 31 gol.

Dalam daftar yang dilansir Sky Sports, posisi kedua topskorer Eropa musim ini ditempati oleh penyerang Napoli Gonzalo Higuain dengan 36 gol. Ronaldo ada di posisi tiga dengan 35 gol.

Penghargaan Sepatu Emas Eropa ini bukan cuma ditentukan oleh jumlah gol seorang pemain, melainkan juga peringkat koefisien UEFA kompetisi tempat pemain itu merumput.

Jumlah gol pemain bersangkutan dikalikan dengan faktor pengganda tertentu; liga-liga top mendapat faktor pengganda 2, liga-liga menengah 1,5, dan liga di bawahnya dapat faktor pengganda 1 saja.

Sebagai hasilnya, 38 gol liga dari Zlatan Ibrahimovic untuk Paris Saint-Germain musim ini cuma membuatnya duduk di posisi enam karena Ligue 1 tidak dikategorikan sebagai salah satu dari lima liga tertangguh di Eropa musim 2015-16.

Sepatu Emas Eropa 2015/2016
Luis Suarez (Barcelona) 40 gol
Gonzalo Higuain (Napoli) 36 gol
Cristiano Ronaldo (Real Madrid) 35 gol
Jonas (Benfica) 32 gol
Robert Lewandowski (Bayern Munich) 30 gol
Zlatan Ibrahimovic (Paris St Germain) 28 gol
Islam Slimani (Sporting Lisbon) 27 gol
Lionel Messi (Barcelona) 26 gol
Harry Kane (Tottenham) 25 gol
Pierre-Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund) 25 gol

Berita Terkait: