AC Milan 1-3 AS Roma (15/5/2016)

Minggu, 15 Mei 2016

AS Roma menutup musim dengan kemenangan 3-1 atas AC Milan. Meski demikian, hasil itu tak cukup untuk menggeser Napoli dari posisi kedua klasemen akhir Serie A.

Dalam pertandingan di San Siro, Minggu (15/5/2016) dinihari WIB, Roma tampil dominan. Tim tamu mencatat penguasaan bola sebesar 65% dan melepaskan 16 tembakan, sembilan di antaranya mengarah ke gawang.

Roma unggul 1-0 di babak pertama berkat gol Mohamed Salah. Di babak kedua, Roma menambah dua gol lagi lewat Stephan El Shaarawy dan Emerson Palmieri.

Milan baru mencetak gol di menit-menit akhir pertandingan. Carlos Bacca menjebol gawang Roma empat menit jelang laga usai.

Dengan hasil ini, Roma tetap menempati posisi tiga di klasemen sebab di saat bersamaan Napoli menang 4-0 atas Frosinone. I Lupi menutup musim dengan 80 poin hasil dari 23 kemenangan, 11 imbang, empat kali kalah. Finis di peringkat tiga, Roma akan menjalani kualifikasi Liga Champions.

Sementara itu, Milan finis di peringkat ketujuh alias di luar zona Eropa. Rossoneri kini hanya bisa berharap dari final Coppa Italia untuk mendapatkan tiket ke kompetisi Eropa. Milan hanya akan lolos ke Liga Europa jika bisa mengalahkan Juventus di final Coppa Italia pada 21 Mei mendatang.

Roma mengambil inisiatif menyerang sejak awal. Sebuah peluang emas didapat tim tamu di menit ke-16. Backpass yang buruk dari Alex membuat bola bisa dikuasai oleh Mohamed Salah. Winger asal Mesir itu langsung menggiring bola ke kotak penalti. Namun penyelesaian akhir Salah masih melenceng dari gawang.

Salah tidak menyia-nyiakan peluang yang dia dapat tiga menit kemudian. Kevin Strootman mengangkat bola melewati garis pertahanan tinggi yang dipasang Milan. Bola jatuh ke kaki Salah yang berada dalam posisi onside dan langsung menggiring bola ke kotak penalti. Kali ini sepakan kaki kirinya mengarah ke tiang jauh dan tak bisa dihentikan Gigi Donnarumma.

Milan gantian mendapat peluang di menit ke-31. Sepakan Keisuke Honda dari depan kotak penalti bisa ditepis oleh Wojciech Scczesny. Namun bola muntah bisa dihalau oleh Kostas Manolas dari kotak penalti Roma.

Roma terus menekan pertahanan Milan. Salah yang beroperasi di sisi kanan kerap merepotkan pertahanan Milan. Salah menggiring bola hingga ke kotak penalti dan mengoper bola kepada Pjanic. Namun sepakan Pjanic bisa digagalkan Donnarumma.

Memasuki babak kedua, Milan mendapat peluang lebih dulu. Namun Milan gagal memaksimalkan serangan yang dibangun. Luiz Adriano yang menerima bola dari Carlos Bacca kemudian mengopernya ke Keisuke Honda. Berdiri bebas, Honda menyambar bola di dalam kotak penalti, tapi masih melambung jauh di atas mistar gawang Roma.

Di menit ke-59, Roma menggandakan keunggulannya. Pjanic mengangkat bola melewati pertahanan Milan dan bola jatuh ke El Shaarawy yang lolos dari jebakan offside. Setelah mengontrol bola dengan dadanya, El Shaarawy dengan tenang mengarahkan bola ke pojok kiri gawang Milan untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Dua menit berselang, wasit menghadiahi Roma tendangan bebas tidak langsung di kotak penalti Milan setelah Donnarumma menangkap bola backpass dari Jack Bonaventura. Francesco Totti yang baru masuk nyaris mencetak gol dengan sentuhan pertamanya. Setelah bola dioper Pjanic, Totti melepaskan tembakan keras, tapi bisa ditepis Donnarumma dengan satu tangan.

Milan terus berupaya untuk mengejar ketertinggalan. Tapi Szczesny tampil prima dalam mengawal gawang Roma. Dia menggagalkan tendangan Bonaventura sertan tandukan keras dari Honda. Peluang Honda didapat di menit ke-73 setelah pemain asal Jepang itu memanfaatkan umpan dari Mattia De Sciglio.

Roma makin menjauh di menit ke-82. Umpan tumit dari Totti membuka peluang bagi Salah. Dia langsung melepaskan tembakan tapi bisa ditepis oleh Donnarumma. Namun bola muntah mengarah ke Emerson yang dengan mudah menceploskan bola ke dalam gawang.

Milan baru bisa mencetak gol hiburan di menit ke-86. Umpan Davide Calabria dari sisi kanan diteruskan oleh Bacca dan memaksa Szczesny melakukan penyelamatan. Tapi Szczesny tak mampu menahan bola dan Bacca langsung menyambarnya ke dalam gawang.

Susunan Pemain

Milan: Donnarumma; De Sciglio, Alex (Calabria 66), Mexes, Romagnoli; Kucka, Locatelli, Bertolacci (Bonaventura 57); Honda; Bacca, Balotelli (Luiz Adriano 46)

Roma: Szczesny; Florenzi, Manolas, Rudiger, Digne; Nainggolan, De Rossi, Strootman (Totti 63); Pjanic; Salah (Dzeko 85), El Shaarawy (Emerson 78)

Berita Terkait: