Manchester United 1-0 Aston Villa (16/4/2016)

Minggu, 17 April 2016

Manchester United menang 1-0 atas Aston Villa lewat gol tunggal Marcus Rashford. Hasil tersebut sekaligus memastikan Villa terdegradasi dari Premier League.

Dalam pertandingan di Old Trafford, Sabtu (16/4/2016) malam WIB, Wayne Rooney kembali ke starting XI MU setelah absen selama dua bulan karena cedera. Bersama Memphis Depay dan Juan Mata, Rooney menyokong Marcus Rashford yang dipasang sebagai ujung tombak.

Tempo pertandingan berjalan sedikit lambat di awal babak pertama. MU baru bisa membuka keunggulan di menit ke-32 lewat sepakan Rashford.

Di babak kedua, MU tampil lebih hidup. Villa juga mendapat beberapa peluang di menit-menit akhir pertandingan. Namun hingga laga usai, tak ada tambahan gol yang tercipta dari kedua tim.

Dengan kemenangan ini, MU menempel Manchester City yang ada di urutan keempat. 'Setan Merah' kini mengumpulkan 56 poin dari 33 laga dan hanya berjarak satu poin dari City.

Sementara itu, kekalahan ini mengirim Villa ke Divisi Championship. Villa hanya mengumpulkan 16 poin dari 34 pertandingan. Dengan empat laga tersisa dan selisih 15 poin dari Norwich City yang ada di zona aman, Villa sudah tak mungkin lagi selamat dari jeratan degradasi.

Laga berjalan dalam tempo lambat di menit-menit awal. Kendati demikian, kendali permainan dipegang oleh Manchester United.

Tim tuan rumah tampil mendominasi penguasaan bola. Namun mereka kesulitan menciptakan peluang bersih. Beberapa kali sundulan pemain-pemain MU tak tepat sasaran.

Sundulan Marcos Rojo meneruskan tendangan bebas Memphis Depay masih melambung di atas mistar gawang. Sementara tandukan Marouane Fellaini yang menyambut tendangan sudut Daley Blind juga tak mengarah ke gawang.

Memasuki menit ke-18, Villa perlahan mulai keluar dari tekanan. Tapi serangan mereka tak ada yang membahayakan.

Di menit ke-23, Juan Mata menyia-nyiakan peluang untuk melepaskan tembakan. Bekerja sama dengan Marcus Rashford, Mata kemudian melakukan tusukan ke dalam kotak penalti dari sisi kanan. Punya ruang untuk menembak, Mata justru gagal memaksimalkannya. Tembakannya sangat jauh dari gawang dan hanya menghasilkan lemparan ke dalam.

Gol akhirnya tercipta di menit ke-32. Rashford sukses menjebol gawang Villa usai memaksimalkan umpan dari Antonio Valencia. Menerima bola dari tendangan bebas di tengah lapangan, Valencia yang bergerak di sisi kanan kemudian melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Rashford langsung menyambutnya dengan tendangan first time.

Jelang turun minum, Villa mendapat peluang dari serangna balik. Jordan Ayew menggiring bola hingga kotak penalti dan melepaskan tembakan. Tapi Chris Smalling bisa memblok tendangan Ayew. Skor 1-0 untuk MU bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, MU langsung berupaya untuk mencetak gol. Tiga menit usai restart, peluang bagus didapat Rashford yang menerima umpan dari Mata. Tapi sepakannya dari jarak dekat masih melebar tipis ke samping gawang.

MU main dengan intensitas serangan yang lebih tinggi di babak kedua. Memphis juga tampil lebih hidup di sisi kiri. Dia melewati tiga pemain belakang Villa dan mengirim umpan ke depan gawang. Tapi tak ada pemain MU yang menuntaskannya.

Di menit ke-64, MU nyaris menggandakan keunggulannya usai memaksimalkan kelengahan pemain belakang Villa. Dari sepak pojok, Blind mengirim bola kepada Mata yang berdiri di tiang dekat. Mata langsung menyambarnya tapi bola masih mengarah ke Brad Guzan yang juga tampak tak siap.

VIlla hampir menyamakan kedudukan lewat Rudi Gestede meneruskan bola dari Ayew. Namun Blind dengan sigap mengadang Gestede untuk menuntaskan umpan dari Ayew.

Villa lantas mendapat tendangan sudut. Gestede menyambutnya dengan sepakan, tapi masih mengenai tiang gawang. Villa kembali dapat peluang dari tendangan sudut, namun sundulan Ciaran Clark bisa diamankan David De Gea.

Di masa injury time, peluang emas yang didapat Memphis untuk membawa MU menggandakan keunggulan digagalkan oleh Guzan. Menerima umpan terobosan dari Anthony Martial, Memphis merangsek ke kotak penalti dan melepaskan tembakan. Tapi Guzan masih bisa menepisnya dan hanya menghasilkan tendangan sudut.

Hingga wasit meniup peluit panjang, skor 1-0 untuk MU tetap bertahan.

Susunan Pemain

MU: De Gea, Valencia, Smalling, Blind, Rojo, Schneiderlin, Fellaini, Mata (Fosu-Mensah 89'), Rooney (Lingard 67'), Memphis, Rashford (Martial 76')

Aston Villa: Guzan, Hutton, Clark, Lescott, Cissokho, Richardson (Gestede 82), Bacuna, Gueye, Westwood, Ayew, Sinclair

Berita Terkait: