Chelsea 0-3 Manchester City (16/4/2016)

Minggu, 17 April 2016

Chelsea menelan kekalahan telak saat menjamu Manchester City. The Blues takluk dengan skor 0-3, dengan seluruh gol diciptakan Sergio Aguero.

Di Stamford Bridge, Sabtu (16/4/2016) malam WIB, Guus Hiddink kembali memainkan Diego Costa dan Thibaut Courtois. Costa sebelumnya absen karena sanksi larangan bertanding, sementara Courtois diistirahatkan saat Chelsea kalah dari Swansea City pekan lalu.

Meski turun dengan kekuatan terbaiknya, Chelsea gagal meredam City dan malah menelan kekalahan telak 0-3. Seluruh gol The Citizens dibuat satu nama: Sergio Aguero. Striker asal Argentina itu menjebol gawang Chelsea di menit 33, 54 dan 81.

Kemalangan Chelsea bertambah karena mereka juga kehilangan Thibaut Courtois yang diganjar kartu merah. Courtois diusir keluar lapangan pada menit 79 karena melanggar Fernandinho, momen yang juga membuat wasit memberi penalti pada tim tamu.

Kemenangan ini melanjutkan hasil oke yang didapat City di tengah pekan lalu. Mereka mengukir sejarah dengan lolos ke semifinal Liga Champions usai mengalahkan Paris Saint Germain dengan agregat 3-2. Poin penuh dari laga ini membuat City naik ke posisi tiga klasemen dengan poin 60, meski mereka bisa turun lagi ke posisi empat Andai Arsenal menang saat menjamu Crystal Palace.

Untuk Chelsea, ini menjadi kekalahan kedua mereka di Premier League setelah Guus Hiddink datang. Yang menyesakkan, dua kekalahan tersebut datang beruntun karena pekan lalu mereka takluk 0-1 dari Swansea. The Blues kini ada di posisi 10 klasemen dengan 44 poin.

Peluang pertama dalam laga ini tercipta saat pertandingan baru berjalan dua menit. Jesus Navas mengirim umpan terobosan pada Kevin De Bruyne yang berhasil mengejarnya di dalam kotak penalti. Gelandang asal Belgia itu langsung melepaskan umpan pada Aguero, namum tembakan striker Argentina itu dalam kawalan dua pemain lawan melenceng ke luar lapangan.

Empat menit berselang gantian Chelsea punya peluang emas. Diego Costa menguasai bola sambil membelakangi gawang di dalam kotak penalti, sementara Joe Hart menempel tepat di belakangnya. Costa lantas melepas umpan pada Pedro yang datang dari belakang. Sepakan Pedro gagal dihalau Hart, tapi bola tidak masuk gawang karena diblok Otamendi di garis gawang.

Peluang lain dipunya Chelsea pada menit 20 saat Loftus-Cheek mengolongi Otamendi dan melepaskan tembakan dalam posisi satu lawan satu dengan Hart. Tidak ada gol dalam momen ini karena Hart berhasil menepis bola ke luar lapangan.

Selanjutnya City punya dua momen one on one dengan kiper yang gagal dituntaskan jadi gol. Yang pertama datang di menit 23 saat tendangan De Bruyne dalam sebuah skenario serangan balik masih bisa diblok Thibaut Courtois. Empat menit berselang giliran Samir Nasri yang gagal, tembakannya justru mengarah ke dada Courtois dalam posisi satu lawan satu.

Setelah banyak peluang terbuang gol akhirnya datang di menit 33, City yang lebih dulu memecah kebuntuan. Semua berawal dari tendangan sudut Chelsea yabg berhasil dipatahkan barisan belakang City. Dari momen itu Aguero dan De Bruyne membangun serangan balik yang cepat berdua saja.

Berdua saja mereka menusuk ke jantung pertahanan Chelsea melalui sisi kanan. Setelah melakukan kerjasama satu-dua, serangan itu berujung dengan tendangan Aguero yang masuk ke sudut bawah gawang Thibaut Courtois. Tayangan ulang memperlihatkan kalau bola sepakan Aguero sedikit berbelok karena mengenai ujung kaki Gary Cahill.

Di awal babak kedua Chelsea langsung menekan pertahanan City. Upaya mencetak gol balasan cepat gagal dilakukan The Blues. Sebaliknya, gawang Courtois justru kembali jebol di menit 54. Prosesnya hampir sama dengan gol yang mereka buat di paruh pertama pertandingan, meski kali ini tidak diawali tendangan sudut.

City membangun serangan balik kilat dari kotak penaltinya sendiri, lagi-lagi Kevin De Bruyne yang jadi otaknya. Kali ini dia melibatkan Samir Nasri dalam membangun serangan, di mana gelandang asal Prancis itu menjadi pemberi assist pada Aguero. Lolos dari jebakan offsiden, sepakan Aguero dari dalam kotak penalti tak terhalau Thibaut Courtois dang mengubah skor jadi 2-0.

Sebuah tusukan berbahaya yang dilakukan Fernandinho di menit 79 memaksa Courtois menjatuhkan sang gelandang. Wasit menilainya sebagai pelanggaran keras, dia mengeluarkan kartu merah untuk Courtois dan menujuk titik penalti.

Eksekusi penalti yang didapat City diambil oleh Sergio Aguero. Sepakannya ke arah kiri gawang gagal dibaca oleh kiper pengganti Asmir Begovic. Chelsea 0-3 Aguero.

Tak ada gol tambahan tercipta di sisa waktu pertandingan. The Citizens pulang dengan tiga poin, dari kemenangan 3-0 atas Chelsea.

Susunan Pemain

Chelsea XI: Courtois, Azpilicueta, Cahill, Ivanovic (c), Baba Rahman, Mikel ('79 Asmir Begovic), Fabregas, Willian ('70 Bertrand Traore), Loftus-Cheek, Pedro ('70 Kenedy), Diego

City XI: Hart, Kolarov, Mangala, Otamendi, Zabaleta ('67 Bacary Sagna), Toure, Fernandinho, Nasri ('75 Fabian Delph), De Bruyne, Navas, Aguero ('85 Kelechi Iheanacho)

Berita Terkait: