Liverpool 1-1 Tottenham Hotspur (3/4/2016)

Minggu, 03 April 2016

Duel antara Liverpool melawan Tottenham Hotspur berakhir imbang dengan skor akhir 1-1. Liverpool unggul lebih dulu sebelum disamakan Tottenham.

Dalam laga di Anfield yang berakhir Minggu (3/4/2016) dinihari WIB, Tottenham lebih dominan dari tim tuan rumah. ESPNFC mencatat Liverpool memiliki 42 persen penguasaan bola dengan total 15 percobaan [7 on target] sedangkan Spurs memiliki 58 persen penguasaan bola dengan 18 percobaan [5 on target].

Di sepanjang babak pertama, Liverpool dan Tottenham sama-sama gagal mencetak gol. Tapi setelah turun minum kebuntuan terpecah usai Philippe Coutinho mencetak gol pembuka di awal babak kedua. Tidak lama kemudian Spurs menyamakan kedudukan berkat Harry Kane. Skor seri lantas bertahan sampai laga berakhir.

Dengan satu angka tambahan ini, Liverpool duduk di peringkat kesembilan klasemen dengan perolehan 45 poin terpaut enam poin dari West Ham di posisi kelima.

Sedangkan Tottenham gagal memangkas jaraknya dengan Leicester City di puncak klasemen. Spurs kini mengoleksi 62 poin, tertinggal empat angka dari The Foxes. Jarak ini bisa bertambah lebar apabila Leicester bisa mengalahkan Southampton dalam laga yang digelar nanti malam.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama diciptakan Tottenham. Di menit ketujuh Christian Eriksen melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti tapi masih mentah di tangan Simon Mignolet.

Dua menit kemudian, Liverpool membalas. Adam Lallana menyisir sisi kanan pertahanan Tottenham sebelum tusukannya ke dalam kotak disergap. Bola yang jatuh di jalur Philippe Coutinho diteruskan dengan sepakan di dekat tiang gawang.

Miskomunikasi antara Mignolet dan Dejan Lovren hampir berakibat fatal. Lovren tampaknya membiarkan bola bergulir ke arah kiper, Kane hampir saja memanfaatkannya.

Tekanan dari Liverpool nyaris memaksa Spurs membuat gol bunuh diri di menit 23. Alberto Moreno mengirim umpan silang ke kotak yang dibelokkan oleh Son Heung-min dan Hugo Lloris mesti menjatuhkan diri untuk menangkap bola yang mengarah ke dekat tiang.

Daniel Sturridge membuang peluang mencetak gol di menit ke-36. Coutinho menemukan celah sebelum melepaskan umpan kepada Sturridge. Dalam situasi tinggal berhadapan dengan Lloris, sepakan Sturridge mengarah tepat ke kiper.

Lloris dua kali melakukan penyelamatan krusial atas upaya dari Lallana. Skor masih 0-0.

Selepas turun minum, Liverpool akhirnya memecah kebuntuan di menit 51. Operan Sturridge diteruskan Coutinho dengan tembakan yang bersarang di pojok kiri bawah gawang Tottenham Liverpool memimpin 1-0.

Enam menit kemudian, Tottenham nyaris menyamakan skor. Menerima umpan lambung, sepakan voli Son-Heung min dari dalam kotak penalti justru melebar.

Spurs akhirnya menciptakan gol penyama di menit 63. Dari sudut lapangan, Eriksen mengirim umpan yang diterima Kane di dalam kotak. Kane memutar badannya sebelum melepaskan tembakan yang tidak mampu dijangkau Mignolet. Skor kini 1-1.

Usaha Liverpool untuk kembali unggul nyaris membuahkan hasil di menit 70. Coutinho di sisi kanan pertahanan Spurs melepaskan tembakan mendatar yang sempat menyenggol tiang kiri gawang.

Di menit 85, Coutinho mengancam Spurs lagi. Menerima sodoran Divock Origi, tembakan Coutinho dari depan kotak melenceng tipis.

Memasuki injury time, Mousa Dembele melepaskan tembakan mendatar yang berhasil ditepis Mignolet dengan tangan kirinya.


Susunan Pemain

LIVERPOOL: Mignolet, Sakho, Lovren, Clyne, Alberto Moreno, Milner Ibe (90+3'), Lallana (Allen 82'), Henderson, Coutinho, Can, Sturridge (Origi 72')

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Rose, Walker, Alderweireld, Wimmer, Dier, Dembele, Eriksen, Alli (Mason 88'), Son (Chadli 66'), Kane

Berita Terkait: