Barcelona 1-2 Real Madrid (3/4/2016)

Minggu, 03 April 2016

Real Madrid keluar sebagai pemenang El Clasico jilid dua musim ini. Sempat tertinggal lebih dulu, Los Blancos akhirnya menang 2-1 atas tuan rumah Barcelona.

Barca dan Madrid sama-sama tampil full team pada laga di Camp Nou, Minggu (3/4/2016) dinihari WIB. Barca mengandalkan trio MSN di lini depan, sementara Madrid menurunkan trio BBC.

Barcelona mendominasi babak pertama, tapi mereka tak mampu menembus pertahanan Madrid yang tampil disiplin. Hingga turun minum, kedudukan 0-0 belum berubah.

Barca unggul setelah sundulan Gerard Pique pada menit ke-56 berbuah gol. Namun, pada menit ke-62 Madrid mampu menyamakan skor lewat gol cantik Karim Benzema.

Cristiano Ronaldo akhirnya menjadi penentu kemenangan Madrid. Gol CR7 pada menit ke-85 memastikan tim tamu pulang dengan membawa poin penuh.

Laga ini juga diwarnai kartu merah untuk kapten Madrid, Sergio Ramos. Ramos diusir wasit beberapa saat sebelum Ronaldo mencetak gol.

Hasil ini tak mengubah posisi kedua tim di papan klasemen La Liga. Barca masih di posisi teratas dengan 76 poin, sementara Madrid di urutan ketiga dengan 69 poin.

Jalannya Pertandingan

Barca menguasai jalannya permainan pada menit-menit awal, sementara Madrid lebih banyak bertahan. Pada menit kesepuluh, Luis Suarez punya peluang emas untuk mencetak gol, tapi dia gagal meneruskan umpan matang dari Neymar.

Lionel Messi tak mampu memaksimalkan sebuah tendangan bebas pada menit ke-19. Tembakannya masih sedikit melambung di atas mistar.

Beberapa saat kemudian, Barca kembali mengancam gawang Madrid. Tembakan keras Ivan Rakitic mengarah ke pojok bawah gawang, tapi masih bisa dimentahkan Keylor Navas.

Permainan Madrid perlahan-lahan berkembang dan tim tamu mampu menebar ancaman ke gawang Barca. Sepakan Ronaldo bisa dibendung Claudio Bravo, sedangkan tembakan Gareth Bale masih melambung.

Pada menit ke-30, Ronaldo menjajal peruntungannya lewat tendangan bebas. Namun, sepakan CR7 masih melambung.

Dani Alves yang naik membantu serangan Barca mendapatkan kans pada menit ke-42. Dia menyambut umpan Neymar dengan sebuah tendangan voli. Tapi, usahanya masih melambung.

Benzema menyia-nyiakan peluang untuk membawa Madrid memimpin beberapa saat kemudian. Dia berdiri bebas di kotak penalti Barca saat menerima sebuah umpan silang, tapi tendangan volinya melambung tinggi.

Hingga berakhirnya babak pertama, kedua tim belum berhasil mencetak gol. Skor masih 0-0.

Navas membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-55. Kiper Madrid itu terbang untuk menepis bola hasil tembakan terukur dari Messi.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-56 setelah Pique menjebol gawang Madrid. Pique menyambut sepak pojok Rakitic dengan sundulan kepala yang tak bisa diantisipasi oleh Navas. Barca memimpin 1-0.

Namun, keunggulan Barca tak bertahan lama. Madrid mampu menyamakan skor pada menit ke-62 melalui gol Benzema. Gol ini berawal dari kerja keras Marcelo yang membawa bola mendekati kotak penalti Barca. Dia kemudian mengoper ke Toni Kroos. Kroos lantas mengirim umpan silang ke mulut gawang. Benzema yang berada dalam posisi membelakangi gawang menyambut si kulit bundar dengan sebuah tendangan gunting untuk mencetak gol. Barca 1, Madrid 1.

Pada menit ke-80, Suarez menjajal peruntungannya melalui tembakan voli dari sudut sempit. Akan tetapi, tembakannya masih sedikit melenceng.

Menjelang berakhirnya pertandingan, Madrid justru memegang penuh kendali permainan. Mereka sempat menjebol gawang Barca melalui sundulan Bale, akan tetapi wasit tak menganggapnya sebagai gol karena Bale dinilai lebih dulu melanggar Jordi Alba.

Pada menit ke-82, Ronaldo nyaris mencetak gol. Dia melepaskan tembakan keras dari dalam kotak penalti, tapi bola cuma mengenai mistar. Beberapa saat kemudian, sontekan Bale masih bisa dihalau Bravo.

Madrid harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-83. Ramos diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua akibat pelanggarannya terhadap Suarez.

Meski kalah jumlah pemain, Madrid mampu berbalik unggul pada menit ke-85 lewat

Berita Terkait: