Leicester 2-2 West Ham (17/4/2016)

Senin, 18 April 2016

Leicester City bermain imbang 2-2 saat melakoni laga melawan West Ham United. Gol penalti Leonardo Ulloa menghindarkan The Foxes dari kekalahan.

Saat melakoni pertandingan Liga Inggris di King Power Stadium, Minggu (17/4/2016) malam WIB, Leicester unggul 1-0 di babak pertama. Jamie Vardy yang menjadi pencetak golnya.

Di babak kedua, Vardy harus meninggalkan lapangan pertandingan di menit 56. Dia terjatuh karena gangguan Angelo Ogbona di kotak penalti di menit 56, wasit mengganjarnya dengan kartu kuning kedua karena dianggap melakukan diving. Defisit pemain, Leicester tak bisa menekan. Mereka dipaksa untuk menggalang pertahanan.

Di sepanjang pertandingan, ESPN FC mencatat bahwa penguasaan bola West Ham sebesar 57 persen. Mereka mampu melakukan sebanyak 19 percobaan, empat menemui bidang. Sementara itu, Leicester City melakukan enam kali percobaan, dua tepat sasaran.

Kapten Leicester, Wes Morgan, melakukan pelanggaran pada Winston Reid di kotak penalti di menit 84. Dia mendorong Reid hingga wasit menunjuk titik putih. Penyerang West Ham, Andy Carroll, bisa menceploskan bola ke dalam gawang. West Ham unggul lewat Aaron Cresswell di menit 86.

Di masa injury time, Leicester gantian mendapat tendangan penalti. Carroll melakukan pelanggaran pada Jefferey Schlupp, hingga wasit menunjuk titik putih Leonardo Ulloa sukses menceploskan bola untuk menyamakan kedudukan.

Dengan hasil imbang ini, Leicester masih menempati posisi pertama klasemen dengan raihan 73 poin atau unggul delapan poin dari Tottenham Hotspur yang ada di posisi dua klasemen. Sementara itu, West Ham menempati posisi enam dengan catatan 53 poin.

West Ham langsung menekan di awal pertandingan. Dimitri Payet mengirim umpan untuk Cheikhou Kouyate, yang sundulannya masih membentur tiang gawang. Semenit berselang Payet melakukan sepakan dari sisi kiri kotak penalti Leicester. Bola sepakannya meneruskan umpan Emmanuel Emenike masih menyamping.

Di menit ketujuh, giliran Michail Antonio mengancam. Sundulannya meneruskan umpan dari Payet masih melambung dari gawang Leicester.

Leicester balik menyerang di menit 10. Tapi, sundulan Robert Huth dari situasi bola mati belum membuahkan hasil. Sama halnya dengan tendangan jarak jauh Daniel Drinkwater semenit kemudian yang masih belum menemui bidang.

Leicester akhirnya bisa mencetak gol di menit 18. Gol Vardy itu dicetak lewat sebuah serangan cepat. Kiper Leicester, Kasper Schmeichel, melakukan umpan panjang dengan lemparan ke arah Riyad Mahrez di sisi kanan lapangan.

Mahrez lalu memberi umpan terobosan pada N'Golo Kante yang melakukan pergerakan ke depan dari tengah lapangan. Pemain asal Prancis itu bisa memberi umpan matang untuk Vardy, pemain bernomor punggung sembilan itu menyelesaikan bola sodoran Kante dengan sepakan kaki kiri. Leicester unggul 1-0.

Di penghujung babak pertama, West Ham mendapatkan tendangan sudut. Payet yeng menjadi penendangnya, tapi bolanya masih bisa dibuang oleh Robert Huth.

Babak pertama berjalan cukup seimbang untuk kedua tim. ESPN FC mencatat bahwa West Ham sedikit unggul penguasaan bola dengan torehan 51 persen. Gol Vardy menjadi pembeda hingga Leicester unggul satu gol saat turun minum.

Pemain depan West Ham, Andy Carroll, mengancam di menit 49. Tapi, sundulannya memanfaatkan umpan tendangan sudut masih menyamping. Sepakan Cheikhou Kouyate dari luar kotak penalti dua menit kemudian juga masih belum membuahkan hasil. Bolanya bisa ditangkap dengan sempurna oleh Schmeichel.

Sundulan Huth meneruskan umpan Christian Fuchs di menit 52 juga masih belum maksimal. Berada di posisi tak menuntungkan, Huth menyundul bola melebar.

Vardy melewatkan peluang di menit 55. Dia gagal menyambar umpan Shinji Okazaki. Semenit kemudian, Vardy malah di kartu merah. Dia dinilai wasit melakukan diving di kotak penalti saat berebut bola dengan Ogbona. Leicester bermain dengan 10 orang.

Payet menyia-nyiakan peluang di menit 78. Sepakan bebas yang didapat oleh Leicester dari muka kotak penalti Leicester dikirim melesat ke arah kanan gawang Leicester.

Pasca kartu merah Vardy, Leicester tak mampu banyak melakukan tekanan. Mereka lebih banyak memperkuat pertahanan untuk menahan serangan West Ham.

West Ham mendapatkan tendangan penalti di menit 83. Pelanggaran Wes Morgan pada Winston Reid menjadi penyebabnya. Dia mendorong Reid saat melakukan penjagaan di situasi sepakan pojok.

Carroll yang menjadi eksekutor sukses menceploskan bola ke dalam gawang, West Ham sukses menyamakan kedudukan 1-1.

West Ham mampu membalik keadaan di menit 86. Cresswell yang menjadi pencetak golnya. Dia meneruskan bola sapuan kurang sempurna dari lini belakang Leicester saat mengantisipasi umpan Valencia. Cresswell bisa melepaskan sepakan keras yang gagal diantisipasi oleh Schmeichel.

Carroll melakukan pelanggaran pada Jefferey Schlupp hingga wasit menunjuk titik putih di masa injury time. Ulloa menjadi eksekutor dan sukses menunaikan tugasnya dengan sempurna untuk membawa Leicester menyamakan kedudukan 2-2. Tak lama kemudian pertandingan berakhir.

Susunan Pemain

Leicester: Schmeichel, Fuchs, Huth, Morgan, Simpson, Albrighton (Schlupp 54), Drinkwater, Kante (Amartey 78), Mahrez, Vardy, Okazaki (Ulloa 59)

West Ham: Adrian, Cresswell, Ogbona, Reid, Antonio, Noble (Lanzini 63), Obiang (Carroll 46), Kouyate, Payet, Emenike, Moses (Valencia 72)

Berita Terkait: