Tottenham Hotspur 2-2 Arsenal (5/3/2016)

Minggu, 06 Maret 2016

Laga Derby London Utara antara Tottenham Hotspur vs Arsenal berlangsung seru. Kendati bermain dengan 10 orang, Arsenal masih mampu mencuri satu poin. Skor akhir: 2-2.

Derby kali ini menjadi lebih menarik lantaran kedua kesebelasan sama-sama masih punya peluang untuk menjuarai Premier League musim ini. Ada tensi tambahan selain rivalitas keduanya yang sebelum ini memang sudah panas.

Arsenal, yang tampil tanpa Petr Cech dan Laurent Koscielny, sempat dibuat kerepotan oleh Tottenham di babak pertama. Namun demikian, justru mereka yang unggul lebih dulu lewat gol Aaron Ramsey.

Di babak kedua, Arsenal kehilangan Francis Coquelin. Gelandang Arsenal itu mendapatkan kartu merah (via dua kartu kuning) dan harus meninggalkan lapangan. Dari situ, Tottenham membalikkan keadaan lewat gol-gol dari Toby Alderweireld dan Harry Kane.

Meski bermain dengan 10 orang, Arsenal masih mampu menciptakan peluang. Mereka pun akhirnya bisa menyamakan kedudukan lewat gol Alexis Sanchez. Skor 2-2 pun bertahan sampai laga usai.

Dengan hasil ini, Tottenham duduk di posisi kedua dengan koleksi nilai 55. Sedangkan Arsenal berada di posisi ketiga dengan nilai 52.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion White Hart Lane, Sabtu (5/3/2016) malam WIB, Tottenham sesungguhnya mendominasi jalannya pertandingan sejak kick-off. Namun, mereka gagal memanfaatkan sejumlah peluang yang dimiliki.

Dalam 10 menit pertama pertandingan saja, penyerang Tottenham, Harry Kane, sudah melepaskan tiga buah tembakan, dua di antaranya mengarah tepat ke tangkapan kiper Arsenal, David Ospinna. Kane juga tampak hidup dengan beberapa kali turun ke lini kedua atau bergerak ke dua sisi lapangan untuk menerima bola.

Sampai 20 menit pertama pertandingan, Tottenham sudah melepaskan 6 attempts (percobaan untuk mencetak gol), kendati hanya 2 yang mengarah tepat sasaran. Sementara itu, Arsenal belum mendapatkan attempt on target sama sekali.

Pada menit ke-25, Tottenham mendapatkan peluang bersih. Berawal dari umpan silang Kyle Walker dari kanan, Erik Lamela membelokkan bola tepat di dalam kotak penalti. Namun demikian, Ospinna bereaksi dengan cepat. Ia sukses menepis bola yang sudah mengarah ke gawangnya.

Sementara itu, Arsenal terlihat kesulitan untuk mengembangkan permainan lantaran pressing ketat yang dilakukan oleh pemain-pemain Tottenham. Namun, menjelang berakhirnya babak pertama, Arsenal justru unggul lebih dulu.

Setelah 30 menit pertandingan berjalan, Arsenal mulai bisa membongkar pertahanan Tottenham. Pergerakan Danny Welbeck dari kiri membuat Arsenal beberapa kali mendapatkan peluang. Satu kali, Welbeck melepaskan tendangan dari kiri, namun tendangannya masih melambung.

Pada menit ke-39, Arsenal memecah kebuntuan mereka lewat gol Aaron Ramsey. Gol (lagi-lagi) bermula dari serangan yang dilakukan oleh Welbeck dari sisi kiri.

Welbeck melakukan tusukan, sebelum akhirnya melepaskan umpan tarik ke arah kotak penalti. Umpan tersebut diterima oleh bek kanan Arsenal, Hector Bellerin, yang naik sampai ke depan. Bellerin tidak langsung menendangnya, melainkan memberikan operan balik kepada Ramsey, dan Ramsey pun membelokkan bola dengan tumitnya. Arsenal unggul 1-0 lewat attempt on target pertama mereka.

Di awal-awal babak kedua, gantian Arsenal yang menekan pertahanan Tottenham. Beberapa kali mereka berusaha melakukan serangan dari sisi kanan --sisi kiri pertahan Tottenham, yang ditempati Danny Rose--, namun mereka masih belum berhasil memaksimalkannya.

Sementara itu, Tottenham melakukan serangan ke sisi kanan pertahanan Arsenal, yang ditempati Bellerin. Dari sisi itu jugalah drama terjadi: Arsenal harus bermain dengan 10 orang setelah Francis Coquelin mendapatkan kartu merah.

Sementara itu, Tottenham melakukan serangan ke sisi kanan pertahanan Arsenal, yang ditempati Bellerin. Dari sisi itu jugalah drama terjadi: Arsenal harus bermain dengan 10 orang setelah Francis Coquelin mendapatkan kartu merah.

Coquelin dikartu merah via kartu kuning kedua pada menit ke-54. Semua berawal dari tusukan Kane dari sisi kiri lapangan, yang kemudian membuat Coquelin terpaksa melakukan tekel. Wasit pun tidak punya pilihan lain selain memberinya hukuman kartu.

Unggul jumlah pemain, Tottenham pun mendapatkan angin. Dua peluang mereka dapatkan dalam tempo dua menit. Pertama via sepakan voli Dele Alli di menit ke-56, lalu lewat sepakan jarak dekat Kane pada menit ke-57. Sepakan voli Alli mengenai kaki pemain Arsenal dan melambung. Kemudian, dari sepak pojok setelahnya, Kane melepaskan sepakan, namun dihalau oleh Ospinna tepat di garis gawang.

Tottenham akhirnya menyamakan kedudukan pada menit ke-60. Berawal dari tendangan penjuru, bola dibelokkan oleh Lamela. Bek tengah Tottenham, Toby Alderweireld, yang berada di depan gawang Arsenal, lalu menyambanya dengan sepakan datar. Skor berubah menjadi 1-1.

Hanya butuh dua menit bagi Tottenham untuk mencetak gol kedua mereka, sekaligus membalikkan keadaan. Kali ini, sebuah umpan panjang ke sisi kanan pertahanan Arsenal disambut oleh Alli. Alli lalu memantulkan bola ke arah belakang dengan tumitnya dan bola pun diterima oleh Kane.

Tanpa buang waktu, Kane langsung melepaskan sepakan keras ke arah tiang jauh. Ospinna yang sudah melompat tidak bisa menjangkaunya. Tottenham unggul 2-1 dan White Hart Lane pun bergemuruh.

Sial bagi Tottenham, mereka tidak mampu mempertahankan keunggulan tersebut. Akibat kelengahan lini belakang, gawang mereka bobol lagi pada menit ke-75.

Kali ini, Bellerin dengan jeli meihat celah di tengah pertahanan Tottenham. Ia langsung mengirimkan umpan terobosan kepada Alexis Sanchez, yang lantas menerima bola dan melepaskan sepakan kaki kanan ke arah tiang jauh. Skor menjadi 2-2 dan Bellerin menorehkan assist keduanya pada laga ini.

Menjelang akhir babak kedua, bek Kevin Wimmer menyelamatkan Tottenham dari kekalahan. Ketika waktu menunjukkan menit 90+2, Ramsey menerima umpan terobosan dan langsung menusuk ke kotak penalti. Namun, tepat ketika ia melepaskan tembakan, Wimmer melakukan tekel untuk memblok bola. Arsenal batal dapat gol dan hanya mendapatkan sepak pojok.

Tidak lama kemudian, peluit akhir pun dibunyikan.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Lloris, Walker, Alderweireld, Wimmer, Rose (Davies 77), Dier, Dembele (Son 82), Alli, Lamela (Mason 67), Eriksen, Kane.

Arsenal: Ospinna, Bellerin, Gabriel, Mertesacker, Gibbs, Coquelin, Ramsey, Elneny (Giroud 75), Oezil (Campbell 89), Alexis, Welbeck (Flamini 85).

Berita Terkait: