Manchester City 4-0 Aston Villa (5/3/2016)

Minggu, 06 Maret 2016

Manchester City kembali memetik kemenangan di Premier League setelah sebelumnya menelan tiga kekalahan beruntun. The Citizens melumat tim juru kunci, Aston Villa, dengan skor 4-0.

Sergio Aguero menyumbangkan dua gol untuk City pada pertandingan di Etihad Stadium, Sabtu (5/3/2016). Dua gol lainnya dicetak oleh Yaya Toure dan Raheem Sterling.

City tampil sangat dominan pada laga ini dan tak memberi banyak ruang untuk Villa. Mereka membuat 22 percobaan mencetak gol dan sembilan di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Villa yang sesekali menyerang balik cuma membuat dua percobaan mencetak gol dan satu yang tepat sasaran.

Villa mampu meredam City hingga babak pertama berakhir. Namun, mereka tak kuasa membendung serbuan tim tuan rumah pada awal babak kedua. Dalam waktu kurang dari 20 menit, City mencetak empat gol lewat Toure (menit ke-48), Aguero (menit ke-50 dan 60), serta Sterling (menit ke-66). Aguero punya kesempatan mencatat hat-trick, namun tembakan penaltinya tak berbuah gol.

Hasil ini tak mengubah posisi City di urutan keempat klasemen sementara dengan 50 poin dari 28 laga, terpaut tujuh poin dari Leicester City yang memimpin klasemen. Adapun Villa terpuruk di posisi terbawah dengan 16 poin.

City langsung mengurung Villa sejak kick-off. Namun, mereka baru mendapatkan peluang pertamanya pada menit ke-11. Umpan terukur Fernandinho diterima Aguero di kotak penalti. Aguero mengecoh satu bek Villa dan kemudian menembak. Namun, tembakannya masih bisa ditepis kiper Brad Guzan.

Pada menit ke-14, Wilfried Bony gagal memaksimalkan peluang yang didapatnya. Bony tak mampu menjangkau dengan sempurna umpan silang dari Gael Clichy sehingga sontekannya melebar dari gawang Villa.

Aguero mengancam gawang Villa lagi lima menit kemudian. Setelah bekerja sama dengan Yaya Toure, dia menembak ke arah gawang. Namun, usahanya lagi-lagi digagalkan Guzan.

City terus menggempur Villa dan mendapatkan kans lagi pada menit ke-24. Namun, Aguero gagal memaksimalkan peluang karena sepakannya masih melenceng.

Beberapa saat kemudian, Villa nyaris saja mengejutkan City. Beruntung buat City, Joe Hart masih bisa menepis bola tembakan Jordan Ayew.

Di sisa babak pertama, City tak mampu menciptakan peluang bersih lagi. Skor 0-0 pun bertahan hingga turun minum.

City langsung tancap gas setelah babak kedua dimulai. Hasilnya, mereka unggul 1-0 melalui gol Toure pada menit ke-48.

Gol tersebut diawali tusukan Aguero di sisi kanan. Aguero mengirim umpan tarik kepada David Silva, yang langsung mengoper bola kepada Toure. Toure menyambar si kulit bundar dengan tembakan yang tak terlalu kencang, tapi mengarah ke pojok bawah gawang. Guzan yang sudah menjatuhkan diri gagal menjangkaunya.

City tak butuh waktu lama untuk menambah keunggulannya. Pada menit ke-50, Aguero mencatatkan namanya di papan skor lewat gol yang berbau keberuntungan. Bek Villa, Micah Richards, berusaha memotong umpan terobosan Bony kepada Aguero. Sial buat Richards, bola sapuannya malah mengenai kaki Aguero dan berbalik ke arah gawangnya sendiri. City sekarang memimpin 2-0.

Memasuki menit ke-60, Aguero kembali menjebol gawang Villa untuk membawa City unggul 3-0. Dia melakukan umpan satu-dua dengan Silva dan menaklukkan Guzan dengan tembakan keras ke tiang dekat.

City menambah derita Villa dengan mencetak gol keempat saat laga berusia 66 menit. Sterling, yang baru beberapa menit masuk ke lapangan, menjebol gawang Villa dengan memaksimalkan umpan silang dari Jesus Navas.

City mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-73 menyusul pelanggaran Ciaran Clark terhadap Kelechi Iheanacho. Namun, hadiah penalti ini gagal dimaksimalkan oleh Aguero. Eksekusinya ke arah kanan menghantam tiang gawang. Dia pun menyia-nyiakan sebuah kesempatan untuk membuat hat-trick.

Di sisa waktu, City yang sudah unggul 4-0 terus menekan Villa. Namun, mereka tak berhasil mencetak gol tambahan.

Susunan Pemain
Manchester City: Hart; Sagna, Kompany, Otamendi, Clichy; Navas, Fernandinho, Toure (Manu Garcia 80'), Silva (Iheanacho 70'); Bony (Sterling 62'), Aguero

Aston Villa: Guzan; Hutton, Richards, Lescott, Clark, Cissokho; Gueye, Westwood, Veretout (Bacuna 74'); Agbonlahor (Gestede 70'), Ayew (Sinclair 80')

Berita Terkait: