Newcastle 3-3 Manchester United (13/01/2016)

Rabu, 13 Januari 2016

Manchester United sempat unggul 2-0, lalu 3-2 atas Newcastle United. Namun, mereka tak mampu mempertahankan keunggulan, dan akhirnya harus puas bermain imbang 3-3 dengan Newcastle.

Kapten United, Wayne Rooney, mencetak dua gol dan membuat satu assist. Sementara, satu gol United lainnya dicetak oleh Jesse Lingard. Gol Rooney dan Lingard di babak pertama sempat membawa United unggul 2-0. Namun, Newcastle mengejar via gol Georginio Wijnaldum dan Aleksandar Mitrovic.

Rooney kemudian mencetak gol lagi untuk membawa United memimpin 3-2, tetapi Paul Dummett membuat Newcastle memaksakan hasil imbang 3-3.

United kini duduk di posisi keenam dengan koleksi nilai 34. Sementara itu, Newcastle duduk di posisi ke-18 dengan koleksi nilai 18.

Bertanding di Stadion St James' Park, Rabu (13/1/2016) dini hari WIB, Newcastle tampil lebih dominan dalam urusan penguasaan bola di babak pertama. Tim besutan Steve McClaren tersebut unggul 56:44 dalam ball possession.

Kendati berani tampil ofensif dan mendominasi, Newcastle rentan diserang balik. Beberapa kali, lini tengah dan lini belakang mereka menyisakan ruang. Ruang-ruang itulah yang kemudian dieksploitasi oleh para pemain United.

Ketika laga memasuki menit kesembilan, United mendapatkan tendangan penalti menyusul handball yang dilakukan bek Newcastle, Chancel Mbemba. Wayne Rooney, yang menjadi eksekutornya, tidak membuang percuma penalti tersebut. Tendangan kaki kanannya sukses menaklukkan kiper Robert Elliot dan membawa United unggul 1-0.

Setelahnya, Newcastle sempat mendapatkan kans bagus di pertengahan babak pertama lewat sepakan jarak dekat Georginio Wijnaldum. Sial bagi Wijnaldum, sepakannya masih bisa ditepis kiper United, David de Gea, dengan kakinya.

United memperbesar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-38. Gol bermula dari sebuah serangan balik yang diawali oleh operan Ander Herrera. Bola operan Herrera itu diterima Rooney. Setelah menahan bola sejenak, Rooney mengirim umpan terobosan kepada Jesse Lingard yang berlari masuk dari sisi kiri. Lewat sepakan kaki kanan, Lingard pun membobol gawang Newcastle.

Kendati demikian, Newcastle mampu mencetak satu gol sebelum babak pertama berakhir. Pada menit ke-42, sebuah umpan panjang dari Fabricio Coloccini disambut dengan sundulan oleh Aleksandar Mitrovic di dalam kotak penalti United. Sundulan tersebut diarahkan kepada Wijnaldum yang berlari masuk ke dalam kotak penalti. Tanpa buang waktu, Wijnaldum langsung melepaskan sepakan first-time datar dan sukses membobol gawang De Gea.

Di babak kedua, United sempat mendapatkan peluang bagus via Lingard. Menerima operan dari Herrera di dalam kotak penalti, gelandang bernomor punggung 35 itu mendapatkan ruang cukup luas untuk melepaskan tembakan. Sial bagi Lingard, tendangannya malah melambung.

Sementara itu, tekanan-tekanan yang dilakukan oleh Newcastle mulai membuat lini pertahanan 'Setan Merah' kerepotan. Beberapa kali umpan terobosan pemain-pemain The Magpies bisa masuk ke dalam kotak penalti United.

Pada menit ke-67, Newcastle akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Gol tersebut tercipta dari titik putih setelah Chris Smalling melakukan pelanggaran terhadap Mitrovic. Smalling tampak menarik baju Mitrovic ketika hendak menghadapi sepak pojok. Mitrovic sendiri yang menjadi eksekutornya berhasil menjalankan tugas dengan baik.

Sadar timnya tertekan, manajer United, Louis van Gaal, membuat beberapa perubahan. Ia memasukkan Juan Mata untuk menggantikan Herrera. Dengan demikian, Anthony Martial --yang tadinya beroperasi di sisi kanan-- digeser sebagai penyerang tengah, sementara Rooney bermain sebagai penyerang kedua di belakangnya. Lini tengah United pun tampak lebih penuh.

Hasilnya, pada menit ke-79, United mencetak gol ketiga mereka. Gol bermula dari sepakan Memphis Depay yang gagal dihalau dengan sempurna oleh barisan pertahanan Newcastle. Sapuan Paul Dummett malah membuat bola jatuh ke kaki Rooney. Tanpa buang waktu, Rooney pun langsung melepaskan sepakan terarah dari luar kotak penalti. Gawang Newcastle bobol lagi.

Pada menit ke-83, United mendapatkan peluang lagi. Kali ini, umpan silang Memphis dari kiri disambut dengan sundulan oleh Marouane Fellaini. Namun, sundulan Fellaini masih bisa diblok oleh Elliot.

Kendati demikian, United tidak mampu mempertahankan keunggulan mereka. Pada menit ke-89, gawang mereka bobol untuk ketiga kalinya. Berawal dari umpan silang yang dihalau oleh Smalling, bola justru jatuh di depan Dummett. Dengan sepakan keras, Dummett pun sukses membawa timnya menyamakan kedudukan menjadi 3-3.

Susunan Pemain

Newcastle United: Elliot, Janmaat, Coloccini, Mbemba, Dummett, Sissoko, Colback (Gouffran 80), Tiote, Wijnaldum, Ayoze (De Jong 90+1), Mitrovic.

Manchester United: De Gea, Young, Smalling, Blind, Darmian, Schneiderlin, Fellaini, Herrera (Mata 75), Lingard (Memphis 64), Martial, Rooney.

Berita Terkait: