Manchester United 2-1 Swansea (2/1/2016)

Senin, 04 Januari 2016

Manchester United berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Swansea City dalam lanjutan Premier League. Hasil positif itu mengakhiri rentetan tak pernah menang 'Setan Merah' belakangan ini.

Bermain di Old Trafford, Sabtu (2/1/2016) malam WIB, MU mampu memanfaatkan dengan baik keroposnya pertahanan kiri Swansea. Berulang kali, Ashley Young berhasil membuat umpan matang dari area tersebut.

Termasuk satu gol yang dibuat Anthony Martial di awal babak kedua. Gol itu digandakan Wayne Rooney setelah Swansea City sempat menyamakan kedudukan 1-1.

Kemenangan tersebut menjadi hasil positif MU setelah tak pernah menang dalam delapan pertandingan sebelumnya di seluruh kompetisi. Posisi MU pun naik satu trap ke urutan kelima dengan nilai 33 dari sembilan kemenangan dan enam hasil seri di pekan ke-20 liga Inggris. Sementara Swansea masih ada di peringkat ke-17 dengan nilai 19.

MU langsung tampil menggebrak di awal pertandingan. Peluang langsung didapatkan MU di menit pertama. Mendapatkan umpan dari Juan Mata, Ander Herrera mencoba untuk menembak gawang Swansea. Tapi, sepakannya masih bisa dihadang barisan para pemain belakang tim tamu.

Empat menit kemudian, Martial mendapat kesempatan menerobos kotak penalti Swansea. Namun, tembakannya masih mampu diblok kiper Swansea, Lukasz Fabianski.

Dominasi MU mulai menurun di menit kesepuluh. The Red Devils justru terbawa permainan Swansea.

Satu kesempatan untuk mencetak gol didapatkan MU di menit ke-13. Rooney berhasil mencuri bola dan mengarahkan kepada Young yang muncul dari sayap kanan MU. Namun, umpan silang Young berhasil diblok.

Di menit ke-19, MU kembali mendapatkan peluang bagus untuk mencetak gol. MU mendapatkan tendangan bebas setelah Rooney dijatuhkan Federico Fernandez. Tapi, sepakan Rooney bisa dihadang para pemain Swansea.

Giliran gawang MU yang nyaris kebobolan di menit ke-29. Wayne Routledge mengancam lewat tendangan voli tapi De Gea masih bisa mengamankannya.

Memasuki menit ke-36, Rooney kembali mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol pertama bagi MU. Young menggiring bola dari sisi kiri pertahanan Swansea dan mengumpan langsung ke arah Rooney. Rooney menerima dan menanduknya, tapi masih bisa dihentikan Cork dan Fernandez.

Di menit ke-41, Young memberikan umpan matang kepada Mata yang berdiri tak jauh dari gawang Swansea. Tapi, sepakan Mata masih bisa dihentikan Fabianski.

Memasuki menit terakhir babak pertama, Rooney mendapatkan peluang ketiganya untuk membobol gawang Swansea. Tapi, umpan dari Young itu masih bisa diamankan Fabianski.

Hingga wasit meniup peluit di akhir babak pertama, MU versus Swansea masih imbang 0-0.

Memasuki babak kedua, Louis van Gaal menarik keluar Phil Jones dan menggantinya dengan Matteo Darmian.

Hanya butuh dua menit awal babak kedua, MU mampu mempimpin pertandingan 1-0. Umpan dari Young yang menyisir sisi kiri pertahanan Swansea disambut Martial dengan tandukan dan diceploskan ke gawang tim tamu.

MU pun unggul 1-0.

Di menit ke-60, Young mencoba untuk menceploskan bola ke gawang MU. Tapi, percobaan yang dibuatnya masih bisa diantisipasi Fabianski.

Di menit ke-63, giliran MU nyaris kebobolan. Tapi upaya Modou Barrow bisa digagalkan De Gea.

Keputusan Alan Curtis, manajer Swansea, untuk memasukkan Barrow memang berpengaruh signifikan dalam laga itu. Pertandingan menjadi lebih kompetitif dan rancak.

Kontribusi Barrow dirasakan The Swan di menit ke-71. Gawang De Gea benar-benar kebobolan setelah umpan Barrow diselesaikan dengan baik oleh tandukan Gylfi Sigurdsson.

Kedudukan sementara imbang 1-1.

MU kembali unggul 2-1 pada menit ke-77 laga itu. Martial memberikan umpan dari sisi kanan pertahanan Swansea. Umpan disambut Rooney dengan sepakan dengan tumitnya ke gawang Swansea dan tak bisa diantisipasi Fabianski.

Hampir saja, gawang MU kebobolan di menit ke-81. Tembakan Barrow yang tepat ke awah gawang bisa diantisipasi De Gea.

Lagi, lagi Swansea membahayakan gawang The Red Devils. Beruntung De Gea mampu membuat penyelamatan bagus dan berhasil mengamankan gawang MU di injury time.

Kedudukan tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang, MU menutup laga itu dengan kemenangan 2-1.

Susunan pemain:

MU: De Gea, Jones (Darmian 45'), Smalling, Blind, Young (McNair 78'), Mata, Martial, Herrera (Carrick 90'), Schneiderlin, Schweinsteiger, Rooney

Swansea: Fabianski, Taylor, Williams, Rangel, Fernandez, Ki Sung Yeung, Britton (Barrow 62'), Cork, Ayew (Gomis 86'), Routledge, Sigurdsson

Berita Terkait: