Manchester United 0-0 Chelsea (29/12/2015)

Selasa, 29 Desember 2015

Manchester United gagal meraih kemenangan lagi. Kendati tampil dominan atas Chelsea, 'Setan Merah' mengakhiri laga dengan skor 0-0.

Hasil tersebut membuat United gagal meraih kemenangan dalam delapan pertandingan beruntun. Dengan hasil 0-0 tersebut, mereka juga gagal meraih kemenangan sepanjang bulan Desember 2015.

Dengan hasil ini, United duduk di posisi keenam dengan koleksi nilai 30. Sementara, Chelsea berada di urutan ke-14 dengan koleksi nilai 20.

Pertandingan yang berlangsung di Old Trafford, Selasa (29/12) dini hari WIB, tersebut berjalan seru sedari awal. Setidaknya sudah ada dua peluang bagus didapatkan kedua kesebelasan pada empat menit pertama.

United lebih dulu mengancam gawang Chelsea lewat sepakan Juan Mata pada menit kedua. Gelandang asal Spanyol itu melepaskan sepakan kaki kiri dari sisi kanan, namun sepakannya masih mengenai mistar gawang.

Tidak beberapa lama setelahnya, Chelsea mendapatkan sepak pojok. Dari sepak pojok tersebut, John Terry melepaskan sundulan terarah. Sial bagi kapten Chelsea itu, sundulannya masih bisa ditepis David de Gea.

United sempat mendapatkan dua peluang bagus lagi. Salah satunya via Anthony Martial. Namun, sama seperti peluang Mata di menit kedua, sepakan Martial dari sisi kiri masih menerpa tiang gawang.

Wayne Rooney juga sempat mendapatkan kans bagus. Kapten tim tuan rumah itu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tetapi sepakannya masih bisa diblok oleh Thibaut Courtois.

United terus mendominasi. Tercatat, mereka memenangi penguasaan bola hingga 68%. Tetapi, tim besutan Louis van Gaal itu beberapa kali kehilangan bola di area pertahanan Chelsea. Belum tampak operan mematikan yang menghasilkan peluang bersih lagi.

Di awal-awal babak kedua, De Gea membuat dua penyelamatan bagus. Yang pertama, ia lakukan atas sepakan Pedro Rodriguez yang dilepaskan dari dalam kotak penalti. Yang kedua, ia memblok sepakan Cesar Azpilicueta, yang menyambar bola rebound hasil sepakan Pedro.

Ketika De Gea membuat penyelamatan di bawah mistarnya sendiri, demikian halnya dengan Courtois. Pada laga di mana minim tercipta peluang bersih ini, kedua penjaga gawang memperlihatkan performa gemilang.

Courtois sempat membuat penyelamatan bagus di pertengahan babak kedua. Berawal dari umpan silang yang dilepaskan Martial dari sisi kiri, bola disambar oleh Ander Herrera di depan gawang Chelsea. Namun, Courtois dengan sigap melompat untuk menghalaunya.

United terus menekan, tapi selalu kesulitan melakukan penetrasi. Sebaliknya, Chelsea sempat satu kali mengancam via serangan balik. Dari serangan balik tersebut, Nemanja Matic tinggal berhadapan satu lawan satu dengan De Gea. Sial bagi Matic, sepakannya melambung.

Satu peluang bersih United didapatkan oleh Rooney menjelang akhir babak kedua. Kali ini, umpan silang Cameron Borthwick-Jackson dari kiri disambarnya dengan sepakan voli. Tapi, sepakan Rooney melambung.

Sampai peluit panjang dibunyikan, tidak ada gol tercipta.

Susunan Pemain

Manchester United: De Gea, Young, Smalling, Blind (Jones 81), Darmian (Borthwick-Jackson 68), Schneiderlin, Schweinsteiger, Herrera, Mata (Memphis 75), Martial, Rooney.

Chelsea: Courtois, Ivanovic, Zouma, Terry, Azpilicueta, Mikel, Matic, Oscar (Loftus-Cheek 90), Pedro, Willian (Ramires 68), Hazard.

Berita Terkait: