Arsenal 2-0 Bournemouth (29/12/2015)

Selasa, 29 Desember 2015

Arsenal memetik kemenangan 2-0 kala menjamu Bournemouth di lanjutan Premier League. Tak sekadar kembali ke jalur positif, kemenangan ini juga mengantarkan The Gunners ke puncak klasemen sementara.

Menjamu Bournemouth di Emirates Stadium, Selasa (29/12/2015) dinihari WIB, Arsenal mencoba memulai dengan menguasai permainan. Tapi pressing agresif Bournemouth membuat mereka kesulitan.

Arsenal pada prosesnya mampu mencuri keunggulan lewat skema sepak pojok pada menit ke-27. Umpan lambung Mesut Oezil ditanduk Gabriel Paulista yang terlepas dari penjagaan.

Keunggulan Arsenal membuat laga berjalan lebih terbuka dengan Bournemouth lebih gencar menekan. Hal ini membuat tuan rumah mulai mendapatkan lebih banyak celah hingga menggandakan skor di menit ke-63.

Oezil melakukan umpan satu dua dengan Olivier Giroud di dalam kotak penalti, dan menuntaskannya lewat tendangan mendatar untuk menaklukkan Artur Boruc. Tak ada gol lain lagi tercipta.

Tiga poin ini menebus kekalahan telak 0-4 Arsenal dari Southampton di laga Boxing Day akhir pekan kemarin. Tambahan tiga poin membawa anak-anak London utara naik ke puncak klasemen dengan nilai 39 dari 19 pekan.

Posisi mereka masih bisa turun lagi andai Leicester City meraih angka penuh atas Manchester City. Sementara itu, Bournemouth tertahan di tangga 15 dengan 20 poin.

Memulai dengan menguasai permainan, Arsenal justru lebih dahulu mendapatkan tekanan. Joshua King mendapatkan ruang tembak di depan kotak penalti usai menerima umpan Harry Arter, hanya saja upayanya masih terlampau lemah sehingga mudah diamankan Petr Cech.

Bournemouth terus berupaya menyulitkan Arsenal lewat pressing ketat. Di menit ke-14, mereka bahkan membuat ancaman lain lewat tusukan Charlie Daniels di sisi kiri. Daniels melepaskan umpan silang untuk King di depan gawang, tapi ruang tembaknya tertutup oleh sejumlah pemain belakang Arsenal yang lantas menyapu bola.

Dua menit kemudian, Marc Pugh mengirimkan umpan silang ke tengah kotak penalti. Bola kemudian ditanduk Matt Ritchie ke arah Harry Arter. Arter menyambut bola dengan sepakan voli, tapi belum menemui sasaran karena diblok.

Arsenal punya sebuah kesempatan bagus di menit ke-24. Dari sisi kanan, Mesut Oezil mengarahkan umpan lambung ke Theo Walcott di dalam kotak penalti. Walcott terlepas dari pengawalan dan mencoba menyambut umpan tersebut, tapi gagal melakukan kontak sempurna sehingga bola diamankan Artur Boruc.

Tiga menit kemudian, Arsenal memetik keunggulan. Umpan sepak pojok Oezil disambut sundulan Gabriel Paulista yang lolos dari penjagaan, ke pojok kanan atas gawang.

Oezil kembali mengkreasi peluang untuk Arsenal di menit ke-34. Umpan terobosannya diterima Walcott di sisi kanan di dalam kotak penalti, tapi sepakannya terhalang sehingga hanya menjadi sepak pojok.

Dari sepak pojok, Oezil yang menjadi eksekutor kembali memicu rangkaian peluang. Umpannya disambut sundulan Gabriel, tapi kali ini hanya menghantam tiang gawang sebelah kiri.

Bola pantulan mengarah ke Per Mertesacker dan kemudian membentur kepalanya. Nyaris saja berbuah gol, cuma melenceng sedikit ke kiri gawang.

Tekanan belum mereda untuk Bournemouth. Oezil kembali memainkan umpan terobosan untuk Walcott, kali ini di sisi kiri. Walcott mengakhirinya dengan sepakan langsung ke gawang dan ditepis Boruc. Skor 1-0 tak berubah sampai jeda pertandingan.

Setelah sejumlah upaya menusuk kotak penalti Bournemouth gagal di awal babak kedua, Arsenal menggandakan gol di menit ke-63. Oezil menusuk di tengah, lalu melakukan kerja sama satu-dua dengan Giroud.

Bola diterima Oezil di sisi kanan di dalam kotak penalti. Dia lantas menaklukkan Boruc dengan dingin lewat sepakan mendatar.

Empat menit kemudian Arsenal punya peluang lain. Menerima sodoran dari Hector Bellerin di sisi kanan, Walcott menusuk lantas melepaskan sepakan mendatar. Bola cuma bergulir tipis ke kiri gawang.

Bournemouth merespons di menit ke-73 melalui sepakan jarak jauh Ritchie. Sepakannya mengarah tepat ke Cech dan mudah saja ditahan.

Arsenal punya peluang lewat serangan balik di menit ke-79. Oezil menggiring bola di sisi kiri dan mengoper ke Giroud di tengah. Hanya saja sepakan Giroud melenceng ke kanan gawang.

Unggul dua gol tampaknya membuat Arsenal bermain lebih santai. Bournemouth mulai lebih kerap menguasai bola dan melakukan tusukan. Di menit ke-81, Eunan O'Kane mencoba mengarahkan sepakan melengkung ke pojok kanan gawang Arsenal tapi masih terlalu tinggi.

Dua menit kemudian, Arsenal nyaris mencetak gol ketiga. Alex Oxlade-Chamberlain melepaskan sepakan yang sempat berbelok arah karena membentur Steve Cook. Bola lantas menghantan tiang gawang sebelah kiri.

Di masa injury time, Arsenal sempat mendapatkan peluang lewat kaki Theo Walcott yang melepaskan tendangan dari sudut sempit. Tapi percobaannya bisa dinetralkan Boruc. Laga berakhir tak lama kemudian.

Susunan pemain:

Arsenal: Cech, Bellerin, Gabriel, Mertesacker, Gibbs (Monreal 82'), Chambers, Ramsey, Oxlade-Chamberlain (Iwobi 90'), Oezil, Walcott, Giroud (Campbell 80')

Bournemouth: Boruc, Daniels, Cook, Francis, Smith, Gosling (O'Kane 61'), Arter, Surman, Ritchie, Pugh (Stanislas 46'), King (Murray 80')

Berita Terkait: