Juventus 3-1 Fiorentina (14/12/2015)

Senin, 14 Desember 2015

Juventus memperpanjang rentetan kemenangan mereka di Serie A. La Vecchia Signora meraih kemenangan keenamnya secara berturut-turut dengan menundukkan Fiorentina 3-1.

Sebelum menundukkan Fiorentina, Juventus lebih dulu menang atas Torino (2-1), Empoli (3-1), AC Milan (1-0), Palermo (3-0), dan Lazio (2-0). Juventus masih menyisakan satu laga lagi sebelum tahun 2015 berakhir, yakni tandang ke markas Carpi.

Rentetan enam kemenangan ini membuat Juventus terus mendaki naik di klasemen sementara. Seperti yang dikatakan oleh pemain depan mereka, Simone Zaza, beberapa waktu lalu, 'Si Nyonya Besar' bertekad sudah berada di posisi tiga besar pada bulan Januari.

Pada pertandingan di Juventus Stadium, Senin (14/12/2015) dinihari WIB, Juve menurunkan kekuatan terbaiknya. Pelatih Massimiliano Allegri bisa kembali memasang trio Sami Khedira, Paul Pogba, dan Claudio Marchisio secara bersamaan. Di lini depan, Allegri kembali menduetkan Paulo Dybala dan Mario Mandzukic.

Di kubu Fiorentina, pelatih Paulo Sousa memakai formasi 3-4-2-1. Dia menjadikan Nikola Kalinic sebagai ujung tombak serta Borja Valero dan Josip Ilicic sebagai penyokongnya.

Fiorentina yang banyak menguasai bola pada babak pertama unggul lebih dulu. Mereka membobol gawang Juve pada menit ketiga lewat penalti Ilicic. Penalti itu diberikan wasit setelah Federico Bernardeschi dilanggar Giorgio Chiellini di area terlarang.

Namun, Juve tak butuh waktu lama untuk menyamakan kedudukan. Pada menit keenam, Juan Cuadrado merobek gawang Fiorentina setelah sundulannya meneruskan crossing Patrice Evra gagal diantisipasi kiper Ciprian Tatarusanu.

Ketika pertandingan memasuki menit ke-80, Juve berbalik memimpin 2-1 melalui gol Mandzukic. Striker asal Kroasia itu menyambar bola muntah setelah sepakan Dybala dimentahkan Tatarusanu.

Di injury time, Dybala ikut mencatatkan namanya di papan skor. Sebuah kesalahan yang dilakukan Davide Astori di lini pertahanan Fiorentina berakibat fatal. Bola yang dihalau Astori malah mengenai Cuadrado dan kemudian memantul ke arah Dybala. Dybala lantas dengan tenang menggiring bola di kotak penalti sebelum menuntaskan aksinya lewat tembakan kaki kiri.

Kemenangan 3-1 ini mengangkat Juve ke posisi keempat di klasemen Serie A dan menggusur AS Roma. Dengan perolehan 30 poin, Juve berada di bawah Inter Milan (36 poin), Fiorentina (32 poin), dan Napoli (32 poin).

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Cuadrado, Khedira (Sturaro 62'), Marchisio, Pogba, Evra (Alex Sandro 77'); Mandzukic (Morata 86'), Dybala

Fiorentina: Tatarusanu; Tomovic, Gonzalo Rodriguez, Astori; Bernardeschi, Badelj, Vecino (Rossi 86'), Alonso (Pasqual 85'); Borja Valero, Ilicic (Matias Fernandez 86'); Kalinic

Berita Terkait: