Chelsea 2-0 Porto (10/12/2015)

Kamis, 10 Desember 2015

Chelsea merebut tiket ke babak 16 besar Liga Champions dengan mengalahkan Porto 2-0. Kemenangan tersebut juga membuat The Blues lolos sebagai juara grup.

Laga antara Chelsea dan Porto di Stamford Bridge, Kamis (10/12/2015) dinihari WIB, menentukan nasib kedua tim. Baik Chelsea maupun Porto yang sama-sama punya 10 poin masih memperebutkan tiket ke babak 16 besar.

Chelsea akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor 2-0. Gol bunuh diri Ivan Marcano di babak pertama dan gol Willian di babak kedua memberi tiga poin untuk Chelsea.

Dengan kemenangan ini, Chelsea memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Hasil ini juga menempatkan Chelsea sebagai juara Grup G dengan 13 poin dari enam pertandingan.

Sementara itu, Porto harus terlempar ke Liga Europa setelah menempati posisi ketiga klasemen akhir. Mereka disalip Dynamo Kiev yang mengumpulkan 11 poin setelah di saat bersamaan menang 1-0 atas Maccabi Tel Aviv.

Saling menyerang di menit-menit awal, Chelsea akhirnya mencetak gol lebih dulu di menit ke-12. Diego Costa yang menerima umpan terobosan dari Eden Hazard kemudian melakukan penetrasi ke kotak penalti. Costa melepaskan tembakan dan bisa ditepis oleh Iker Casillas.

Tapi bola mengenai Ivan Marcano dan memantul ke arah gawang. Meski Maicon menghalau bola keluar gawang, wasit menilai bola sudah lebih dulu melewati garis gawang.

Sebuah skema serangan yang cantik dibangun Chelsea di menit ke-28. Hazard yang merangsek ke jantung pertahanan Porto kemudian mengoper bola kepada Oscar. Setelah melakukan kerja sama satu-dua dengan Willian, Oscar melepaskan tembakan ke arah gawang. Bola sempat mengenai kaki Marcano dan berbelok melebar dari gawang.

Semenit berselang, gantian Porto yang mendapat peluang bagus. Tapi sepakan Maxi Pereira dari sisi kanan kotak penalti masih bisa diblok oleh Oscar.

Menjelang berakhirnya babak pertama, Chelsea mendapat peluang untuk menggandakan keunggulan. Oscar yang memenangi duel di lapangan tengah dengan Imbula kemudian mengoper bola kepada Costa. Costa melakukan penetrasi dari sebelah kanan dan kemudian melepaskan tembakan. Tapi Casillas masih bisa menepisnya dan hanya menghasilkan sepak pojok untuk Chelsea.

Memasuki babak kedua, Chelsea mendapat peluang lebih dulu. Sepakan Willian dari sisi kanan usai menerima bola sodoran dari Costa memaksa Casillas melakukan penyelamatan.

Porto langsung bereaksi dan gantian menyerang. Lewat serangan cepat, Jesus Corona kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi bola masih bisa diamankan oleh Thibaut Courtois.

Chelsea menggandakan keunggulan di menit ke-52. Bola operan dari Hazard jatuh ke kaki Willian. Tanpa kawalan berarti, Willian masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan yang tak bisa dihalau oleh Casillas.

Porto punya peluang untuk menipiskan skor empat menit berselang. Dari tendangan bebas Miguel Layun, Marcano menyambut bola dengan sundulan. Tapi upayanya itu masih melebar dari gawang Courtois.

Upaya Porto lewat tembakan Cristian Tello juga tak membuahkan hasil. Tembakan kaki kirinya setelah mencoba melewati barisan belakang Chelsea masih bisa dihalau oleh Courtois.

Hazard nyaris menambah keunggulan Chelsea di menit ke-81. Tapi tembakannya usai melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti masih mengenai tiang gawang.

Di penghujung masa injury time, upaya Brahimi masih belum menemui sasaran. Sepakan volinya masih melebar dari gawang Chelsea.

Susunan Pemain

Chelsea: Courtois, Ivanovic, Zouma, Terry, Azpilicueta, Ramires, Oscar (Pedro 81'), Hazard (Hazard 90'), Matic, Willian, Costa (Mikel 86')

Porto: Casillas, Maxi Pereira (Neves 57'), Martins Indi, Maicon, Marcano, LayĂșn, Brahimi, Herrera (Tello 71'), Danilo, Imbula (Aboubakar 56'), Corona

Berita Terkait: