Arsenal 3-0 Dinamo Zagreb (25/11/2015)

Rabu, 25 November 2015

Arsenal menjaga peluangnya untuk lolos ke babak 16 besar usai membukukan kemenangan 3-0 atas Dinamo Zagreb. Dua gol dari Alexis Sanchez dan satu gol dari Mesut Oezil menghidupkan kembali asa The Gunners.

Dalam pertandingan di Emirates Stadium, Rabu (25/11/2015) dinihari WIB, Arsenal memimpin 2-0 di babak pertama. Keunggulan Arsenal dibuka oleh Oezil di menit ke-29 sebelum digandakan oleh Sanchez empat menit kemudian.

Di babak kedua, Sanchez kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk memantapkan keunggulan Arsenal. Skor 3-0 bertahan hingga pertandingan usai.

Dengan tambahan tiga poin dari laga ini, Arsenal kini mengumpulkan enam poin dari lima laga. Dibarengi dengan kekalahan Olympiakos dan Bayern Munich, peluang pasukan Arsene Wenger itu untuk lolos ke babak 16 besar pun terbuka.

Di matchday 6 atau laga terakhir Grup F, Arsenal akan melakoni laga hidup mati melawan Olympiakos yang kini mengumpulkan sembilan poin. Setelah kalah 2-3 di pertemuan pertama, Arsenal bisa lolos apabila meraih kemenangan dengan selisih dua gol atas Olympiakos pada 9 Desember mendatang.

Sementara itu, dengan kekalahan dari Arsenal, Dinamo tersingkir dari Liga Champions. Peluang ke Liga Europa juga sudah tertutup. Dengan tiga poin, Dinamo terbenam di dasar klasemen Grup F.

Dinamo mengambil inisiatif menyerang lebih dulu di awal babak pertama. Tapi Arsenal perlahan keluar dari tekanan dan balik menggempur pertahanan Dinamo.

Serangan yang dibangun Arsenal di menit ke-11 menghasilkan sebuah sepak pojok. Tapi kesempatan ini tak mampu dimaksimalkan Arsenal setelah sundulan Olivier Giroud menyambut tendangan sudut Mesut Oezil masih melambung di atas mistar gawang.

Arsenal melancarkan sebuah serangan balik di menit ke-29. Alexis Sanchez yang menerima bola di sisi kiri kemudian melakukan penetrasi dan melepaskan umpan ke dalam kotak penalti. Umpan Sanchez tak terjangkau oleh Giroud, tapi Oezil yang ada di belakangnya mampu menyambutnya dengan sundulan untuk menjebol gawang Dinamo.

Empat menit berselang, giliran Sanchez yang mencatatkan namanya di papan skor. Nacho Monreal memotong bola operan Leonardo Sigali dan menggiringnya ke kotak penalti. Monreal kemudian mengirim bola ke Sanchez yang menuntaskannya menjadi gol.

Arsenal mendapat peluang di menit ke-40 lewat penetrasi Oezil. Tapi tembakan kaki kiri Oezil masih bisa dihalau Eduardo dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Tiga menit berselang, Oezil kembali mengancam gawang Dinamo. Sepakannya meneruskan operan Sanchez mengarah ke gawang dan memaksa Eduardo melakukan penyelamatan.

Sampai babak pertama usai, keunggulan Arsenal tetap bertahan.

Memasuki babak kedua, Arsenal langsung menebar ancaman. Dua menit usai restart, Santi Cazorla melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi Eduardo bisa mengalau bola dan menghasilkan sepak pojok untuk Arsenal.

Dari sepak pojok itu, Arsenal lagi-lagi nyaris mencetak gol.Tendangan sudut Oezil disambut sundulan Giroud, namun Eduardo kembali melakukan penyelamatan.

Serangan Arsenal membuahkan hasil di menit ke-69. Umpan terobosan Joel Campbell jatuh tepat ke kaki Sanchez yang berada dalam posisi onside. Dia kemudian mengecoh Eduardo sebelum melepaskan tembakan dari sudut sempit dari sisi kanan.

Peluang akhirnya didapat Dinamo di menit ke-73. Marko Rog mendapat bola di dalam kotak penalti tapi dia gagal menaklukkan Petr Cech di tiang dekat. Tembakannya bisa ditepis dan bola rebound yang coba disambar hanya mengenani tiang gawang.

Upaya Oezil untuk mencetak gol keduanya di menit ke-88 tak membuahkan hasil. Meneruskan bola dari Sanchez, Oezil yang membelakangi gawang mencoba menyundul bola, tapi masih menyamping dari target.

Di masa injury time, tendangan Marko Pjaca dari luar kotak penalti masih belum mengancam gawang Arsenal. Sepakannya melambung di atas mistar gawang.

Hingga pertandingan usai, skor 3-0 untuk Arsenal bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Arsenal: Cech, Bellerin (Debuchy 82'), Koscielny, Mertesacker, Monreal, Flamini, Cazorla (Chambers 82'), Campbell, Oezil, Alexis Sanchez, Giroud (Ramsey 68')

Dinamo Zagreb: Eduardo, Pinto, Sigali, Matel, Taravel, Antolic (Henriquez 68'), Machado (Coric 84'), Santos, Fernandes (Soudani 57'), Pjaca, Rog

Berita Terkait: