Marc Marquez Menang GP Australia (18/10/2015)

Senin, 19 Oktober 2015

Marc Marquez memenangi MotoGP Australia sekaligus meraih kemenangan pertama di Phillip Island pada kelas primer. Balapan itu juga menyelipkan torehan spesial Valentino Rossi.

Sejak berpartisipasi di kelas primer pada musim 2013, Marquez memang mampu menjadi jawara pada musim itu dan juga di musim 2014. Tetapi dari perhelatan di musim tersebut rider Repsol Honda itu belum pernah bisa menang di dua sirkuit: Motegi dan Phillip Island.

Pada musim 2015 ini Marquez masih belum bisa meraih kemenangan pertamanya di Motegi pada kelas primer setelah pada seri balapan sebelum ini cuma bisa finis keempat di tempat tersebut.

Akan tetapi, pada hari Minggu (18/10/2015) ini Marquez berhasil meraih kemenangan di Phillip Island--yang pertama di sirkuit itu pada kelas primer sekaligus yang ke-50 dalam kariernya di balap motor grand prix--menyusul sebuah duel sengit dengan dua rider Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, dan Andrea Iannone dari Ducati.

Dengan demikian maka Marquez, yang sudah dipastikan tidak lagi berkesempatan mempertahankan gelar juara dunia pebalap, kini tinggal memiliki Motegi sebagai satu-satunya lintasan yang belum pernah bisa ia taklukkan di kelas primer.

Selain itu juga ada catatan lain dari Rossi di balapan ini. Pemuncak klasemen sementara itu memang harus rela tidak naik podium untuk kali kedua musim ini setelah cuma finis keempat. Ia juga harus rela keunggulannya atas Lorenzo terpotong jadi 11 poin saja. Namun, ada satu torehan dari Rossi dengan penampilannya dalam seri ke-16 musim 2015 tersebut.

Dengan partisipasinya dalam MotoGP Australia kali ini maka Rossi sudah tampil dalam 328 balapan, membuatnya setara dengan jumlah penampilan Loris Capirossi sebagai rider dengan start terbanyak dalam seri kejuaraan dunia balap motor grand prix. Dengan balapan musim ini masih menyisakan dua seri lagi maka Rossi pun otomatis berada di ambang rekor baru.

Berita Terkait: