Tottenham Hotspur 4-1 Manchester City (26/9/2015)

Sabtu, 26 September 2015

Tottenham Hotspur menang telak 4-1 atas Manchester City. Bagi City, ini adalah kekalahan kedua mereka di Premier League musim ini.

Satu dari tiga gol Spurs dicetak oleh Harry Kane. Gol tersebut menjadi gol pertama Kane di Premier League musim ini. Sementara buat Spurs, ini adalah kemenangan ketiga mereka musim ini.

Dengan tambahan tiga poin atas City, Spurs sementara naik ke posisi kelima klasemen dengan nilai 12. Posisi Spurs, masih bisa turun jika Arsenal menang atas Leicester City malam ini.

Sedangkan City tetap mengoleksi nilai 15. Namun, posisi mereka terancam. City bisa turun ke posisi kedua jika Manchester United mengalahkan Sunderland malam ini.

Pada pertandingan yang berlangsung di White Hart Lane, Sabtu (26/9) malam WIB, kedua tim bermain hati-hati di sekitar 15 menit pertama. Kendati ada beberapa percobaan, belum ada satu pun shot on target dihasilkan oleh kedua kesebelasan.

Sergio Aguero kemudian mendapatkan peluang lewat sepakan kaki kanan pada menit ke-18. Namun, peluang ini tidak menghasilkan apa-apa lantaran sepakannya masih bisa dihentikan Hugo Lloris.

Tottenham kemudian mengurung pertahanan City setelahnya. Tim besutan Mauricio Pochettino itu sempat mendapatkan beberapa kali sepak pojok, namun gagal memanfaatkannya.

City kemudian memanfaatkan hal tersebut. Pada menit ke-25, City memimpin 1-0 atas Spurs lewat sebuah serangan balik.

Ketika mayoritas pemain Spurs tengah berada di area lawan, Yaya Toure menggiring bola sendirian hingga ke sepertiga akhir lapangan. Ia lantas mengirim umpan terobosan kepada Kevin De Bruyne yang berlari dari sisi kanan. De Bruyne dengan tenang menyelesaikannya dengan sepakan terarah.

Semenit setelahnya, City sempat mendapatkan peluang lewat Raheem Sterling. Sial bagi Sterling, tendangannya masih bisa diblok oleh Lloris.

Spurs mencoba menekan. Beberapa kali mereka mencoba melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Namun, usaha yang dilakukan Harry Kane dan Erik Lamela masih berujung nihil. Sepakan Kane diblok Willy Caballero, sementara sepakan Lamela melambung.

Pada menit ke-44, Spurs akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Gol bermula dari umpan Kyle Walker dari sisi kanan --kendati terlihat bahwa Walker berada dalam posisi offside ketika menerima bola--, yang kemudian disambut tendangan Son Heung-Min dari jarak dekat. Sepakan Son masih bisa diblok Caballero, lalu bola dibuang oleh De Bruyne.

Sial bagi City, bola yang dibuang oleh De Bruyne malah jatuh ke kaki Eric Dier. Lewat sepakan datar jarak jauh, Dier kemudian membobol gawang City.

Di awal-awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-49, Spurs berbalik unggul 2-1 atas City. Gol tuan rumah dicetak oleh bek tengah mereka, Toby Alderweireld.

Gol bermula dari tendangan bebas di sisi kiri pertahanan City. Bola dilambungkan oleh Lamela ke kotak penalti City dan disambut dengan sundulan oleh Alderweireld. Caballero yang maju meninggalkan gawang, tidak mampu menghalau bola.

Jika di babak pertama City beberapa kali mengancam lewat serangan balik, di babak kedua gantian Spurs yang mengancam lewat cara yang sama. Pada menit ke-61, Lamela melakukan serangan balik dari tengah dan dilanggar oleh Martin Demichelis tepat di depan kotak penalti City.

Spurs pun mendapatkan tendangan bebas. Lewat tendangan bebas yang dieksekusi oleh Christian Eriksen itu, Spurs mencetak gol ketiga. Tendangan Eriksen masih menerpa tiang gawang, namun bola rebound disambar oleh Harry Kane. Ini adalah gol pertama Kane di Premier League musim ini.

Manajer City, Manuel Pellegrini kemudian memasukkan Jesus Navas untuk menggantikan Yaya Toure dan memasukkan Samir Nasri, menggantikan Fernandinho. Di sisi lain, Pochettino memasukkan Nacer Chadli untuk menggantikan Eriksen yang sudah menerima satu kartu kuning. Chadli sendiri adalah kreator peluang terbanyak untuk Spurs di liga musim ini.

Spurs sempat membobol gawang City pada menit ke-72. Sundulan Chadli ke tiang jauh disambar oleh Son dan bola masuk ke dalam gawang. Namun, Son berada dalam posisi offside sehingga gol pun dianulir.

Spurs akhirnya benar-benar unggul 4-1 ketika pertandingan memasuki menit ke-79. Gol lagi-lagi diawali oleh serangan balik. Sebuah umpan panjang diberikan ke sisi kanan dan diterima oleh Clinton Mua Njie. Njie lantas mengirimkan umpan kepada Lamela yang berada di dalam kotak penalti.

Lamela sempat diganggu oleh Demichelis. Namun, winger asal Argentina itu berhasil mengelabui Demichelis --sekaligus Caballero-- sebelum akhirnya menceploskan bola ke dalam gawang City.

Di sisa 11 menit terakhir, tidak banyak peluang tercipta. Spurs pun meraih poin penuh berkat kemenangan 4-1 ini.

Susunan Pemain

Tottenham Hotspur: Lloris, Walker, Alderweireld, Vertonghen, Davies, Dier, Alli, Lamela (Carroll 86), Son (Njie 77), Eriksen (Chadli 68), Kane.

Manchester City: Caballero, Sagna, Otamendi, Demichelis, Kolarov, Fernando, Fernandinho (Nasri 71), Toure (Navas 56), De Bruyne, Sterling, Aguero (Roberts 86).

Berita Terkait: