Manchester United 3-0 Sunderland (26/9/2015)

Sabtu, 26 September 2015

Manchester United meraup angka penuh usai menundukkan Sunderland 3-0 di Old Trafford, Sabtu (26/9/2015) malam WIB. Hasil itu memastikan MU memuncaki klasemen sementara, menggusur Manchester City.

Tiga gol kemenangan MU dibuat oleh pemain yang berbeda-beda. Memphis Depay membuka keunggulan tim tuan rumah di akhir babak pertama yang diperbesar oleh kapten Wayne Rooney setelah turun minum.

Menjelang waktu normal pertandingan habis, Juan Mata menegaskan dominasi 'Setan Merah' dengan mencetak gol ketiga.

Berkat kemenangan ini, MU mengumpulkan 16 poin dari tujuh pertandingan unggul satu angka dari City di bawahnya dan tiga angka dari Arsenal di posisi keempat. Sedangkan Sunderland berada di posisi terbawah dengan dua poin.

Juan Mata melepaskan tembakan pertama bagi MU di menit ke-15 setelah menerima umpan panjang dari belakang tapi diblok Lee Cattermole. Semenit kemudian, tendangan bebas diberikan kepada MU menyusul pelanggaran Costel Pantilimon tapi eksekusi Mata membentur pagar hidup Sunderland.

Sunderland mengancam di menit ke-24. Jermaine Lens berhasil melewati pertahanan MU dan tinggal berhadapan tinggal David de Gea. Namun, De Gea sukses melakukan penyelamatan tembakan Lens dengan kakinya.

Merampas bola dari pemain lawan, Wayne Rooney berlari mendekati kotak sebelum melepaskan umpan silang kepada Memphis Depay. Namun, tembakan melengkung Memphis bisa ditepis ke atas oleh Pantilimon.

MU kembali mendapat tendangan bebas setelah handball yang dilakukan Adam Johnson di pinggir kotak penalti. Memphis menjadi algojo tapi tembakannya lemah dan membentur tanah sehingga dengan mudah ditangkap Pantilimon. Skor masih 0-0.

Kebuntuan MU akhirnya terpecah di menit-menit akhir babak pertama. Umpan panjang Daley Blind diterima Mata di sisi kanan untuk diteruskan dengan umpan silang yang disontek oleh Memphis untuk melewati Pantilimon. MU ungguli Sunderland 1-0.

Keunggulan MU bertambah saat babak kedua masih berjalan semenit. Crossing Anthony Martial disontek oleh Rooney untuk menggetarkan gawang Sunderland. MU 2, Sunderland 0.

Dua penyelamatan De Gea. Setelah memblok sontekan jarak dekat Toivonen dalam kemelut gawang, De Gea kembali mengadang sepakan mendatar Van Aanholt.

Di menit ke-65, Memphis membuang kesempatan untuk menciptakan gol kedua atau yang ketiga untuk timnya. Serangan balik MU, Martial mengumpan kepada Memphis yang tinggal berhadapan dengan Pantilimon tapi tendangannya ditangkap sang kiper.

Tiga belas menit berselang, Mata hampir menambah keunggulan MU. Menerima umpan mendatar Rooney, bola diteruskan Mata dengan tembakan dari luar kotak tapi Pantilimon menjatuhkan badannya untuk menepis bola.

Mata melengkapi kemenangan MU dengan mencetak gol pamungkas di menit ke-90. Ashley Young menyisir sisi kiri sebelum melepaskan umpan silang dari dekat garis gawang kepada Mata untuk diteruskan dengan sepakan kaki kiri.


Susunan Pemain
MANCHESTER UNITED: De Gea, Valencia, Smalling, Blind (Jones 73'), Darmian, Schneiderlin, Carrick (Schweinsteiger 68'), Mata, Rooney, Memphis (Young 77'), Martial

SUNDERLAND: Pantilimon, Jones, O'Shea, Kaboul, Van Aanholt, Cattermole, M'Vila, Johnson, Toivonen, Lens, Borini

Berita Terkait: