Everton 3-1 Chelsea (12/9/2015)

Sabtu, 12 September 2015

Chelsea kembali menelan kekalahan di Premier League, jadi yang ketiga dalam lima pertandingan. Kali ini Everton yang menaklukkan mereka 3-1 lewat hat-trick Steven Naismith.

Dalam laga yang berlangsung di Goodison Park, Sabtu (12/9/2015) malam WIB, Chelsea sejatinya tampil lebih dominan dalam penguasaan bola. ESPN mencatat mereka unggul dengan 61% berbanding 39% milik tuan rumah.

Namun demikian, The Blues tak tampak berbahaya sepanjang pertandingan. Hanya dua tembakan tepat sasaran dicatatkan dari 15 upaya. Sementara Everton punya sembilan upaya mengarah ke gawang dari 14 percobaan.

Chelsea kebobolan kali pertama di laga ini pada menit ke-17, melalui tandukan Naismith. Hanya lima menit berselang, pemain yang sama mencetak gol kedua. Kali ini melalui sepakan mendatar dari luar kotak penalti.

Tim besutan Jose Mourinho sempat memperkecil ketertinggalan melalui sepakan jarak jauh Nemanja Matic pada menit ke-36. Sejak menipiskan skor, Chelsea kian tampil menekan. Namun kesempatan mereka semakin tertutup saat Naismith mencetak gol ketiga dari sudut sempit pada menit ke-82.

Dengan hasil ini, Chelsea sudah menelan tiga kekalahan dari lima pertandingan Premier League musim ini. Sang juara bertahan pun sementara terjerembap ke posisi 15 sementara dengan nilai empat, hasil dari satu kemenangan dan satu hasil imbang.

Sementara Everton naik ke urutan tiga dengan nilai delapan dari lima laga. Mereka menang dua kali, imbang dua kali, dan kalah satu kali.

Chelsea memulai dengan sedikit lebih mendominasi permainan. Mereka melakukan tekanan ke para pemain belakang Everton saat tak memegang penguasaan bola. Sementara Everton berupaya menyerang lewat aliran bola ke kedua sisi.

Setelah tak ada peluang berarti di 15 menit pertama, Everton berhasil mendapatkan keunggulan pada menit ke-18. Lewat serangan di sayap kiri, Brendan Galloway melepaskan umpan silang dan disambut sundulan Steven Naismith di depan gawang, yang bebas dari kawalan.

Everton nyaris unggul 2-0 pada menit ke-19. Kali ini lewat serangan di sisi kanan, di mana Seamus Coleman mengirim umpan silang yang ditanduk Arouna Kone. Bola mengarah ke pojok kiri gawang, tapi Asmir Begovic dengan gemilang menepis.

Dari sepak pojok yang dihasilkan, tuan rumah kembali mengancam. Sepakan jarak jauh James McCarthy mengarah ke pojok kiri dan dihalau Begovic.

Chelsea kembali kebobolan di menit ke-22. Berawal dari serangan di sisi kanan, bola dipindahkan ke tengah dan diterima Naismith. Naismith yang tak mendapatkan gangguan, melepaskan sepakan keras mendatar ke pojok kanan bawah gawang dan menaklukkan Begovic.

Chelsea melancarkan tekanan di menit ke-26. Cesar Azpilicueta melakukan tusukan di sisi kiri dan melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Bola sempat diblok dan hanya menyentuh samping gawang.

Usaha Chelsea memperkecil ketertinggalan berbuah di menit ke-36. Nemanja Matic mendapatkan sodoran dari John Obi Mikel di area tengah lapangan, lalu melepaskan tendangan keras. Tanpa tekanan berarti, gelandang Serbia itu pun berhasil mengarahkan bola ke pojok kiri tanpa mampu dihalau Tim Howard.

Chelsea berupaya terus menekan setelah mencetak gol. Tak berselang lama, Hazard mendapatkan peluang. Menerima umpan dari Costa, sepakannya gagal mengarah ke gawang setelah diblok pemain bertahan Everton.

Dari sepak pojok, peluang lain didapatkan tim tamu. Umpan lambung Hazard disambut sundulan John Terry, yang upayanya ini masih tipis saja di atas mistar gawang.

Di sisa waktu babak pertama, Chelsea terus berusaha melancarkan tekanan. Sementara tuan rumah bermain lebih sabar untuk menjaga keunggulan sampai peluit turun minum. Pada akhirnya tak ada gol sampai peluit babak pertama ditiupkan.

Sepuluh menit babak kedua berjalan, Everton mendapatkan peluang menyusul sepak pojok. Sundulan John Stones menyambut umpan Ross Barkley masih melambung di atas mistar gawang.

Ancaman lain dilancarkan Everton empat menit berselang. Lukaku merangsek ke sisi kiri di dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan keras mendatar. Bola mampu dihalau Begovic, tapi memantul.

Situasi ini kemudian menjadi kontroversi. Terry dianggap melakukan backpass di dalam kotak penalti menyusul bola pantulan tersebut. Wasit bergeming.

Kesempatan lain didapatkan Everton di menit ke-68. Lukaku mendapatkan umpan di depan kotak penalti dan melepaskan sepakan mendatar, tapi masih mampu ditepis Begovic.

Lukaku kembali jadi ancaman untuk Chelsea beberapa menit berselang. Tusukannya di sisi kiri diakhiri dengan tendangan yang masih melebar.

Everton pada akhirnya mencetak gol ketiga di menit ke-82. Umpan terobosan Barkley diterima Naismith di dalam kotak penalti, sebelum menuntaskannya dengan sepakan mendatar dari sudut sempit. Everton 3, Chelsea 1.

Chelsea terus berupaya menekan, tapi kesulitan menciptakan peluang bagus. Sebaliknya, Everton malah kembali mendapatkan peluang di menit ke-86. Hanya saja sepakan Barkley dari luar kotak penalti masih mampu dibaca dengan baik oleh Begovic.

Sampai pertandingan berakhir, tak ada gol lain tercipta. Everton menang 3-1 atas Chelsea.

Susunan pemain:

Everton: Howard; Coleman (Funes Mori 77'), Stones, Jagielka, Galloway; Barry; McCarthy, Besic (Naismith 9'); Barkley; Kone (Lennon 72'), Lukaku.

Chelsea: Begovic; Ivanovic, Zouma, Terry, Azpilicueta; Mikel (Kenedy 56'), Matic; Pedro (Falcao 70'), Fabregas (Willian 74'), Hazard; Costa.

Berita Terkait: