Crystal Palace 1-2 Arsenal (16/8/2015)

Senin, 17 Agustus 2015

Arsenal akhirnya meraih poin penuh pertama mereka musim ini. Bertandang ke markas Crystal Palace, tim besutan Arsene Wenger itu meraih kemenangan 2-1.

Arsenal sejatinya diekspektasikan menang pada pekan pembuka Premier League, ketika mereka menjamu West Ham United. Namun, The Gunners malah menelan kekalahan 0-2.

Kekalahan tersebut sempat membuat Arsenal, dan kiper mereka Petr Cech, disorot. Oleh karenanya, kemenangan atas Palace pada pekan kedua ini bisa memberikan sedikit jawaban terhadap sorotan itu.

Arsenal tampil dominan atas Palace sepanjang laga. Mereka pun unggul lebih dulu lewat gol Olivier Giroud di menit ke-16. Meski Palace menyamakan kedudukan lewat gol Joel Ward di menit ke-28, Arsenal akhirnya mengembalikan keunggulan mereka --dan menang-- lewat gol bunuh diri Damien Delaney di menit ke-55.

Posisi Arsenal naik ke urutan ke-11 klasemen sementara dengan nilai 3. Sementara itu, Palace berada di posisi keenam, juga dengan nilai 3.

Pada laga yang berlangsung di Selhurst Park, Minggu (16/8) malam WIB, Crystal Palace memasang lima orang gelandang pada pertandingan ini. Formasi ini meninggalkan Connor Wickham berdiri sendirian sebagai penyerang di depan.

Kendati Palace memenuhi lini tengahnya dengan banyak orang, Arsenal beberapa kali bisa menembus barikade mereka di awal-awal babak pertama. Pada menit keenam, Aaron Ramsey sukses mengirimkan umpan terobosan kepada Olivier Giroud. Namun, tendangan penyerang asal Prancis itu dari dalam kotak penalti masih bisa diblok.

Arsenal juga kerap mengandalkan kecepatan Alexis Sanchez untuk mendobrak pertahanan Palace. Pada menit kedelapan, pemain asal Chile itu melakukan tusukan ke dalam kotak penalti Palace, sebelum akhirnya melepaskan sepakan datar. Sial bagi Alexis, tendangannya masih belum membuahkan hasil lantaran diblok.

Palace berusaha melepaskan diri dari dominasi Arsenal lewat serangan balik yang dilakukan Yannick Bolasie. Usaha Bolasie dengan melepaskan umpan panjang kepada Wilfried Zaha nyaris membuahkan hasil, kalau saja umpan silang Zaha setelahnya tidak dipotong oleh Petr Cech.

Arsenal akhirnya memimpin 1-0 lewat gol yang diciptakan Giroud pada menit ke-16. Diawali oleh kesalahan bek Palace yang kehilangan bola di daerah sendiri, bola diberikan kepada Mesut Oezil yang berada di sisi kiri. Oezil kemudian melepaskan umpan silang dan disambar oleh Giroud dengan sepakan kaki kiri sembari menjatuhkan diri.

Tetapi, di tengah dominasi Arsenal, Palace berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-28. Berawal dari sebuah umpan silang dari sisi kiri, bola diberikan kepada Joel Ward yang berada di sisi kiri pertahanan Arsenal. Mendapatkan banyak ruang, Ward langsung melepaskan sepakan datar ke tiang jauh. Sepakan Ward gagal dijangkau oleh Petr Cech dan bola pun bersarang di gawang Arsenal. 1-1.

Namun, Arsenal mengembalikan keunggulan mereka begitu pertandingan memasuki menit ke-55 di babak kedua. Berawal dari sebuah umpan silang yang dilepaskan dari sisi kanan, bola disambut oleh Alexis dengan sundulan. Sundulan Alexis berusaha dihalau oleh Damien Delaney, namun bola halauannya malah masuk ke dalam gawang.

Setelah gol itu, Arsenal mempertahankan dominasi mereka atas Palace. Sepanjang pertandingan ini, Arsenal sukses menorehkan 20 attempts, meski hanya 7 di antaranya yang tepat sasaran.

Sementara itu, Palace menciptakan 11 attempts sepanjang pertandingan dengan 4 di antaranya tepat sasaran. Kendati sempat beberapa kali menembus pertahanan Arsenal, penyelesaian akhir Palace terbilang buruk.

Sebagai contoh adalah peluang yang dimiliki Wickham pada menit ke-75. Sang penyerang mendapatkan ruang di dalam kotak penalti. Dia kemudian melepaskan sebuah sepakan, namun tendangannya melenceng di samping gawang Arsenal.

Pada akhirnya, tidak ada gol lagi tercipta. Pertandingan pun berakhir dengan kedudukan 2-1.

Susunan Pemain

Crystal Palace: McCarthy, Ward, Dann, Delaney, Souare, McArthur (Bamford 80), Cabaye, Puncheon, Zaha (Lee 76), Bolasie (Mutch 45), Wickham.

Arsenal: Cech, Bellerin, Mertesacker, Koscielny, Monreal, Coquelin (Oxlade-Chamberlain 64), Ramsey, Cazorla, Oezil (Gibbs 83), Alexis (Arteta 75), Giroud.

Berita Terkait: