Athletic Bilbao 4-0 Barcelona (15/8/2015)

Sabtu, 15 Agustus 2015

Athletic Bilbao membuat kejutan besar pada pertandingan leg pertama Piala Super Spanyol. Los Leones menghantam tim yang telah meraih empat trofi pada tahun ini, Barcelona, dengan skor telak 4-0.

Pada laga di San Mames, Sabtu (15/8/2015) dinihari WIB, Barca menurunkan tim yang sedikit berbeda dibandingkan dengan saat menghadapi Sevilla di ajang Piala Super Eropa. Gerard Pique, Jeremy Mathieu, dan Sergio Busquets tak dimainkan, sementara Javier Mascherano dipasang sebagai gelandang. Adapun Andres Iniesta dan Ivan Rakitic baru masuk lapangan pada babak kedua.

Di lini depan, pelatih Luis Enrique menurunkan pemain-pemain terbaiknya, yaitu Lionel Messi, Luis Suarez, dan Pedro Rodriguez. Neymar masih absen karena sakit.

Bilbao yang tampil di hadapan publiknya sendiri membuka skor pada menit ke-13. Gol spektakuler Mikel San Jose membawa tim tuan rumah unggul 1-0.

Gol ini berawal dari bola lambung yang ditendang oleh kiper Bilbao, Gorka Iraizoz. Bola panjang dari Iraizoz mencapai lini pertahanan Barca meski tak ada pemain Bilbao di sana. Penjaga gawang Barca, Marc-Andre Ter Stegen, keluar dari sarangnya dan menyundul si kulit bundar sedikit di luar kotak penalti.

Aksi berisiko Ter Stegen itu dimanfaatkan oleh Mikel San Jose. Sebelum Ter Stegen kembali ke bawah mistar, dia menembak dari jarak nyaris setengah lapangan. Bola meluncur deras ke gawang Barca, sementara Ter Stegen cuma terpana.

Bilbao menggandakan keunggulannya pada menit ke-53 melalui gol Aritz Aduriz. Aduriz menyundul umpan yang dilepaskan oleh Sabin Merino untuk membawa timnya memimpin 2-0.

Memasuki menit ke-62, Aduriz kembali menggetarkan gawang Barca. Kegagalan Barca menghalau sebuah umpan silang dengan sempurna dimaksimalkan oleh penyerang bernomor punggung 20 itu. Usai menerima umpan pendek dari Javier Eraso, Aduriz melepaskan tembakan yang bersarang di pojok bawah gawang. Bilbao 3, Barca 0.

Hanya berselang enam menit, petaka lainnya mendatangi Barca. Mereka terkena hukuman penalti setelah Dani Alves melakukan pelanggaran terhadap Xabier Etxeita. Aduriz yang maju sebagai eksekutor berhasil menjalankan tugasnya dengan baik sekaligus menyempurnakan hat-trick-nya. Bilbao unggul 4-0. Kedudukan ini bertahan hingga laga usai.

Bagi Bilbao, kemenangan telak ini membuat mereka berpeluang besar untuk merebut trofi. Sementara itu, Barca harus menang dengan selisih minimal lima gol di leg kedua yang akan digelar di Camp Nou, Senin (17/8/2015) mendatang, untuk membalikkan keadaan.

Susunan Pemain
Athletic Bilbao: Iraizoz; De Marcos, Etxeita, Laporte, Balenziaga; Benat, San Jose; Susaeta (Boveda 85'), Eraso (Gurpegi 77'), Sabin (Inigo Lekue 66'); Aduriz

Barcelona: Ter Stegen; Dani Alves, Vermaelen, Bartra, Adriano; Sergi Roberto (Rakitic 60'), Mascherano, Rafinha (Iniesta 52'); Messi, Suarez, Pedro (Sandro Ramirez 72')

Berita Terkait: