Paraguay 1-1 Brasil (pen4-3) (28/6/2015)

Minggu, 28 Juni 2015

Paraguay merebut satu tiket ke babak semifinal Copa America setelah menang 4-3 atas Brasil di babak adu penalti. Paraguay selanjutnya akan berhadapan dengan Argentina di babak empat besar.

Dalam pertandingan perempatfinal di Estadio Municipal Alcaldesa Ester Roa Rebolledo, Concepcion, Minggu (28/6/2015) pagi WIB, Brasil unggul lebih dulu di babak pertama. Gol Brasil dicetak oleh Robinho di menit ke-15.

Upaya Paraguay untuk menyamakan kedudukan baru membuahkan hasil di babak kedua. Derlis Gonzalez menjebol gawang Brasil lewat sebuah eksekusi penalti.

Skor 1-1 bertahan hingga waktu normal habis. Tanpa perpanjangan waktu, laga langsung ditentukan lewat adu penalti.

Di babak adu penalti, dua penendang Brasil gagal melakukan tugasnya. Sementara dari kubu Paraguay, hanya satu yang gagal menceploskan bola ke dalam gawang. Paraguay akhirnya menang 4-3.

Dengan hasil ini, Paraguay akan berhadapan dengan Argentina di babak semifinal. Argentina sudah lolos lebih dulu setelah menyingkirkan Kolombia, juga lewat adu penalti.

Brasil langsung tancap gas sejak menit-menit awal. Laga baru berjalan dua menit, Philippe Coutinho sudah menebar ancaman. Pemain Liverpool itu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang mengarah ke gawang. Tapi Justo Villar dengan sigap menepis bola ke atas mistar gawang.

Brasil yang mendominasi kemudian membuka keunggulan di menit ke-15. Dari serangan yang dibangun tim, Elias kemudian menyodorkan bola melebar ke kanan kepada Dani Alves. Alves lantas melepaskan umpan ke dalam kotak penalti dan disambut Robinho dengan sepakan dari jarak dekat untuk menjebol gawang Paraguay.

Tertinggal satu gol, Paraguay lebih berani keluar menyerang dan memaksa Brasil lebih banyak bertahan. Tapi tak banyak peluang yang mampu diciptakan oleh Paraguay.
Roque Santa Cruz mencoba melepaskan tembakan dari muka kotak penalti di menit ke-34. Tapi sepakannya itu masih sedikit melebar dari gawang Jefferson.

Hingga babak pertama usai, tak ada tambahan gol yang tercipta. Keunggulan 1-0 untuk Brasil tetap bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Paraguay mendapat kans bagus untuk mencetak gol setelah mendapat tendangan bebas di dekat kotak penalti. Meski dari sudut yang cukup sempit, Edgar Benitez langsung mengarahkannya ke gawang dan membuat Jefferson melakukan penyelamatan.

Peluang kembali didapat Paraguay di menit ke-56. Dari sepak pojok, Nelson Valdez menyambut bola dengan sundulan. Tapi upayanya itu masih melambung di atas mistar gawang Brasil.

Dominasi Paraguay berlanjut. Peluang bagus kembali didapat Paraguay di menit ke-63 dari situasi bola mati. Sebuah tendangan sudut diteruskan Paulo Da Silva dengan sundulan kepala yang mengarah ke sudut kiri bawah gawang. Tapi Jerfferson masih bisa menghalau bola.

Tujuh menit berselang, Paraguay mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Thiago Silva melakukan handsball di kotak terlarang.

Derlis Gonzalez yang maju sebagai eksekutor melakukan tugasnya dengan sempurna. Tendangannya ke arah kanan Jefferson tak mampu dijangkau oleh kiper Brasil itu. Brasil 1 Paraguay 1.

Mampu menyamakan kedudukan, Paraguay kian percaya diri. Sebuah serangan balik dari Paraguay di menit ke-80 nyaris membuahkan hasil. Derlis Gonzalez melakukan penetrasi dari sisi kanan dan masuk ke dalam kotak penalti. Dia kemudian melepaskan tembakan ke arah tiang dekat, tapi masih bisa ditepis oleh Jefferson.

Tak lama berselang, giliran Brasil yang mendapat peluang. Kali ini Coutinho yang melepaskan tembakan dari sisi kiri kotak penalti. Tapi masih bisa digagalkan oleh Villar.

Brasil mendapat tendangan bebas di menit ke-86. Namun Dani Alves tak mampu memaksimalkannya setelah tendangannya melebar dari gawang.
Sampai waktu normal habis, tidak ada gol lagi yang tercipta. Pertandingan langsung ditentukan lewat adu penalti.

Adu penalti

Brasil: Fernandinho (masuk), Ribeiro (gagal), Miranda (masuk), Douglas Costa (gagal), Coutinho (masuk),

Paraguay: Alvaro Martinez (masuk), Victor Caceres (masuk), Raul Bobadilla (masuk), Roque Santa Cruz (gagal), Derlis Gonzalez (masuk)

Susunan Pemain

Brasil: Jefferson; Alves, Silva, Miranda, Luis; Fernandinho, Elias; Willian (Douglas Costa 60'), Coutinho, Robinho (Ribeiro 88'); Firmino (Tardelli 69')

Paraguay: Villar; Aguilar, Da Silva, Bruno Valdez, Piris; Gonzalez, Caceres, Aranda (Osvaldo Martinez 77'), Benitez (Oscar Romero 84'); Santa Cruz, Nelson Valdez (Bobadilla 74')

Berita Terkait: