Manchester United 1-1 Arsenal (17/5/2015)

Senin, 18 Mei 2015

Laga Manchester United kontra Arsenal berakhir imbang 1-1. MU unggul lebih dahulu lewat sepakan Ander Herrera, tapi kemudian kehilangan kemenangan akibat gol bunuh diri Tyler Blackett di penghujung laga.

Dalam laga yang berlangsung di Old Trafford, Minggu (17/5/2015) malam WIB itu, MU tampil dominan sejak awal. Secara keseluruhan, anak asuh Louis van Gaal tercatat unggul penguasaan bola 57% berbanding 43% atas Arsenal.

'Setan Merah' juga lebih banyak mengancam dengan total 12 tembakan dengan empat di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Arsenal punya lima percobaan dan tiga yang tepat sasaran.

MU memetik keunggulan di menit ke-30 lewat sepakan Herrera menyambut umpan silang Ashley Young. Keunggulan tersebut sirna di menit ke-82, saat upaya Blackett memblok tendangan Theo Walcott malah membuat bola masuk ke gawang sendiri.

Dengan hasil ini, posisi kedua tim di papan klasemen pun tak berubah. Tambahan satu poin tak mengubah posisi Arsenal di urutan tiga dengan nilai 71 dari 36 laga. Sementara MU di posisi tiga dengan 69 poin dari 37 pertandingan.

Kedua tim mengawali pertandingan dengan berduel ketat di lini tengah. Namun demikian, MU mampu mencuri kesempatan lebih dahulu.

Lewat sisi kiri, Ashley Young menusuk dan melakukan gerak memotong ke tengah. Dia lantas melepaskan sepakan kaki kanan yang masih melenceng ke kanan atas gawang.

Tiga menit kemudian, MU kembali memberikan ancaman. Falcao meloloskan diri dari jebakan offside dan menerima bola hasil umpan terobosan Juan Mata di sisi kanan di dalam kotak penalti. Falcao coba melepaskan tembakan, namun berhasil diblok Laurent Koscielny yang sigap menutup ruang.

Dari sepak pojok yang dihasilkan, Arsenal mendapatkan ancaman lain. Young mengirimkan umpan lambung ke depan gawang, lalu coba disundul Marcos Rojo dan gagal. Bola pada prosesnya jatuh di kaki Chris Smalling yang berdiri cukup bebas. Dia coba mengarahkan bola ke gawang, namun diblok Hector Bellerin.
Pada menit ke-15, MU mendapatkan peluang lewat tendangan bebas di depan kotak penalti. Mata bertindak sebagai eksekutor dan mengarahkan bola langsung ke pojok kiri bawah gawang. Terbaca dengan baik oleh David Ospina.

Nyaris sebuah kesalahan fatal dilakukan pertahanan MU. Jones mencoba melakukan backpass kepada David De Gea, namun terlalu deras mengumpan. Beruntung baginya, De Gea sigap menyepak bola.

Namun kemudian MU memecah kebuntuan di menit ke-30. Young menusuk di sisi kiri lalu mengirim umpan silang lambung ke tiang jauh. Di sana Ander Herrera tak terkawal dan melepaskan sepakan keras mendatar ke pojok kanan bawah.

MU terus mendominasi laga, berusaha melakukan tekanan. Namun sejumlah serangan yang dibangun gagal terselesaikan dengan baik. Babak pertama berakhir tanpa gol lain.

Enam menit babak kedua berjalan, Arsenal melakukan tekanan. Umpan Olivier Giroud disambut sepakan Alexis Sanchez di sisi kiri di dalam kotak penalti, tapi melambung.

Tiga menit kemudian, MU merespons dengan tendangan jarak jauh Marcos Rojo. Masih tepat ke arah Ospina sehingga mudah diamankan.

Arsenal mendapatkan peluang apik di menit ke-63. Bermula dari sebuah serangan cepat di sisi kiri, Oezil mengirimkan umpan silang mendatar ke Giroud di depan gawang.

Giroud sukses menerima dan mengontrol bola, mengungguli Rojo dalam duel. Tapi kemudian sepakan penyerang asal Prancis itu terlalu lemah, sehingga mudah disapu oleh De Gea.

Berselang dua menit, giliran Santi Cazorla mendapatkan kesempatan. Menerima umpan silang Oezil di sisi kanan di dalam kotak penalti, Cazorla mencoba melakukan sepakan first time. Gagal menendang dengan sempurna, bola pun mudah diamankan oleh De Gea.

Di menit ke-70, Ramsey memberikan ancaman serius untuk MU. Menerima umpan terobosan lambung dari Alexis di sisi kanan, Ramsey langsung melakukan sentuhan pertama untuk melambungkan bola melewati De Gea yang bergerak maju dan menghadapi gawang kosong. Namun demikian, Rojo yang berlari mengawal bertindak cepat dengan menyepak bola ke luar lapangan sebelum dijangkau Ramsey.
Arsenal pada prosesnya berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-83. Hampir serupa dengan peluang sebelumnya, kali ini Walcott yang menerima umpan dari Ramsey.

Walcott lantas merangsek ke dalam kotak penalti dan coba melepaskan umpan silang. Sial buat MU, bola membentur tubuh Tyler Blackett dan berbelok arah masuk ke gawang. Saat itu Victor Valdes sudah mati langkah karena sudah bergerak mengantisipasi datangnya umpan.

Semenit berselang, MU bereaksi. Umpan silang Herrera disambut sundulan Smalling. Masih mudah diamankan Ospina.

Arsenal kembali mengancam tak berselang lama. Oezil mengirim umpan silang mendatar dari sisi kiri, disambut sontekan Giroud. Hanya menyentuh jala samping kiri gawang Valdes.

Di menit ke-88, MU balas memberikan tekanan lagi. Sodoran Marouane Fellaini disambut sepakan keras Robin van Persie, tapi masih melambung.

Usaha kedua tim untuk mencetak gol di sisa waktu tak membuahkan hasil. Laga pun berakhir imbang 1-1.

Susunan pemain:

Manchester United: De Gea (Valdes 74'); Valencia, Smalling, Jones, Rojo (Blackett 74'); Blind; Mata, Herrera, Fellaini, Young; Falcao (Van Persie 61').

Arsenal: Ospina; Bellerin (Walcott 72'), Mertesacker, Koscielny, Monreal; Coquelin, Cazorla (Wilshere 73'); Ramsey, Ozil, Sanchez (Flamini 90'); Giroud.

Berita Terkait: