Barcelona Juara La Liga Spanyol 2014/2015

Senin, 18 Mei 2015

Barcelona sukses mengunci gelar juara Liga Spanyol musim 2014/2015. Hal itu dipastikan setelah Blaugrana menang tipis 1-0 atas Atletico Madrid.

Barca memang tinggal butuh satu kemenangan lagi untuk memastikan gelar juara. Hal itu bisa diwujudkan di laga pekan ke-37 ini, kala bertandang ke Vicente Calderon, Senin (18/5/2015) dinihari WIB.

Bagaimanapun Barca harus bersusah payah meraih kemenangan yang dibutuhkan. Mereka bahkan mengawali dengan sedikit tertekan, sebelum kemudian semakin mendominasi seiring laga berjalan.

Total Barca menguasai bola hingga 77%, melepaskan 13 tembakan dengan empat mengarah ke gawang dan satu membentur mistar. Sedang Atletico cuma punya tujuh percobaan, di mana dua yang tepat sasaran.

Butuh 65 menit bagi anak-anak Catalan mencetak gol. Adalah Lionel Messi yang jadi pemecah kebuntuan sekaligus pahlawan kemenangan.

Dengan tambahan tiga poin, Barca tak akan terkejar lagi di puncak klasemen. Mereka kini mengoleksi nilai 93 dari 37 pekan, unggul empat angka dari Real Madrid di posisi dua dengan jumlah partai yang sama. Barca pun berpesta.

Barca memulai dengan tertekan. Sundulan Jose Gimenez menyambut umpan sepak pojok Koke masih bisa ditepis Claudio Bravo dengan gemilang.

Perlahan-lahan Barca makin mendominasi. Di menit ke-12, Messi yang berada di dalam kotak penalti menyambut umpan Neymar dengan sepakan. Terbaca oleh Jan Oblak.

Semenit kemudian, Messi kembali mengancam. Kali ini giliran meneruskan umpan silang Dani Alves. Bola mengarah ke pojok kiri bawah dan sigap diantisipasi oleh Oblak.
Teror Messi belum berhenti. Di menit ke-18 dia mencoba melakukan sepakan dari luar kotak penalti. Hanya saja masih sedikit di atas mistar gawang. Dua menit berselang, giliran tembakan Neymar yang melambung.

Di menit ke-19, bola hasil sundulan Messi membentur Juanfran. Dalam tayangan ulang, bola terlihat mengenai lengan kiri bek Atletico tersebut. Namun wasit tak memberikan penalti.

Atletico terus berada dalam kungkungan Barca. Di menit ke-34, mereka nyaris dihukum penalti. Dani Alves menusuk di sisi kiri pertahanan dan dijatuhkan Diego Godin. Para pemain Barca mengklaim penalti karena menilai pelanggaran dilakukan di dalam kotak penalti, tapi wasit tak sepakat dan memberikan tendangan bebas tepat di samping kotak penalti.

Dari tendangan bebas itu, Messi menghadirkan bahaya untuk gawang Atletico. Dia mengarahkan sepakan langsung, hanya saja cuma menyentuh bagian atas mistar gawang.

Barca terus menekan. Di menit ke-38 upaya dari Sergio Busquets masih melebar ke kanan. Sementara usaha lain dari Alves jelang babak pertama usai ditepis dengan baik oleh Oblak di pojok kanan atas.

Di menit ke-55, Atletico melakukan tekanan. Torres melepaskan sepakan meneruskan umpan terobosan dari Koke. Diamankan oleh Bravo.

Sepuluh menit berselang, Barca mencetak gol. Messi dari depan kotak penalti merangsek ke dalam, lalu melakukan umpan satu dua dengan Pedro. Messi lantas menuntasnkan aksinya dengan sepakan mendatar ke pojok kanan bawah gawang.

Empat menit berselang, Barca mendapatkan peluang apik. Dari sisi kiri, Iniesta melakukan tusukan dan memberikan umpan mendatar ke dalam kotak penalti. Neymar menyontek, namun bola hanya mengarah ke samping gawang.

Di menit ke-71, Barca menyianyiakan sebuah peluang apik untuk menggandakan keunggulan. Lewat sebuah serangan balik, Rakitic mengoper ke Messi di sisi kanan.

Messi kemudian menggiring bola, bergerak ke arah tengah, dan mengoper ke Neymar yang tak terkawal di sisi kiri di dalam kotak penalti. Tinggal berhadapan dengan kiper, tembakan Neymar melayang jauh ke atas gawang.
Atletico sempat merespons tak berjarak lama. Tapi percobaan Raul Garcia tak menemui sasaran.

Di menit ke-77, Barca mengancam lewat Pedro. Menusuk di tengah, Pedro sempat mengecoh satu pemain di depan kotak penalti sebelum melepaskan tendangan kaki kiri. Melenceng sedikit ke kanan.

Sepuluh menit kemudian, Atletico nyaris menyamakan kedudukan. Guillherme Siqueira melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti, sempat membentur Rafinha, dan tampak mengarah ke gawang. Namun pada akhirnya bola berakhir tipis di atas mistar gawang.

Di menit ke-90, Messi mengancam lewat tendangan bebas di depan kotak penalti Atletico. Dia coba mengarahkan sepakan ke pojok kanan, tapi Oblak dengan cemerlang terbang menepis bola. Tak ada gol lain di sisa waktu, Barca menutup laga dengan kemenangan.

Susunan pemain:

Atletico Madrid: Oblak; Juanfran, God�n, Gimenez, Siqueira; Mario (Garcia 68'), Gabi, Koke, Arda (Mandzukic 72'); Griezmann, Torres (Saul 80')

Barcelona: Bravo; Alves, Pique, Mascherano, Alba (Mathieu 80'); Busquets, Iniesta (Xavi 82'), Rakitic (Rafinha 87'); Messi, Neymar, Pedro

Berita Terkait: