PSG 2-2 Chelsea (12/3/2015)

Kamis, 12 Maret 2015

Paris Saint-Germain lolos secara dramatis ke perempatfinal Liga Champions. Meski harus main dengan 10 orang dalam waktu yang lama dan dua kali tertinggal, Les Parisiens bisa mengimbangi Chelsea 2-2. Mereka pun lolos berkat aturan gol tandang.

Pada pertandingan leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge, Kamis (12/3/2015) dinihari WIB, PSG kehilangan Zlatan Ibrahimovic sejak babak pertama. Ibrahimovic diusir oleh wasit Bjorn Kuipers usai melakukan pelanggaran keras.

Meski unggul jumlah pemain, Chelsea baru bisa memecahkan kebuntuan pada menit ke-81 melalui gol Gary Cahill. Tapi, tak berselang lama, PSG mencetak gol balasan lewat tandukan David Luiz.

Hingga 90 menit, skor 1-1 tak berubah. Karena agregat sama kuat 2-2 dan tak ada tim yang punya keunggulan gol tandang, laga harus berlanjut ke extra time.

Di extra time, Chelsea kembali memimpin setelah penalti Eden Hazard menggetarkan gawang PSG. Namun, PSG lagi-lagi bisa menyamakan kedudukan melalui sundulan Thiago Silva.

Setelah extra time 2x15 menit usai, skor 2-2 di Stamford Bridge tak berubah. Hal itu membuat agregat menjadi 3-3. Tapi, PSG kali ini punya keunggulan gol tandang dan berhak lolos ke babak delapan besar.

Kedua tim bermain cukup terbuka sejak kick-off dan saling melancarkan serangan. Tapi, hingga 30 menit pertama terlewati, tak ada peluang bersih yang tercipta.

Pada menit ke-31, PSG kehilangan salah satu pemain pentingnya, Ibrahimovic. Ibra diganjar kartu merah langsung oleh wasit setelah dianggap melakukan pelanggaran keras terhadap Oscar. Kartu merah Ibra ini mendapatkan protes keras dari kubu PSG.

Peluang bersih pertama pada laga ini baru lahir saat laga memasuki menit ke-41. Oscar melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, tapi arahnya tepat ke pelukan kiper PSG, Salvatore Sirigu.

Chelsea mengajukan klaim penalti dua menit kemudian ketika Diego Costa diganjal Edinson Cavani di area terlarang. Namun, wasit tak mengabulkannya.

Hingga turun minum, belum ada gol yang tercipta. Skor masih kacamata alias 0-0.

Pada menit ke-49, Willian yang masuk sebagai pemain pengganti menjajal peruntungannya melalui tendangan bebas. Tapi, tembakannya ke tiang dekat bisa dimentahkan oleh Sirigu. Tak berselang lama, Chelsea mendapatkan peluang lagi. Namun, overhead kick Costa melebar.

PSG memperoleh peluang emas saat laga berusia 58 menit. Dalam sebuah serangan balik, Cavani langsung berhadapan dengan Thibaut Courtois. Cavani sukses memperdaya kiper Chelsea itu, tapi penyelesaiannya tak maksimal. Tembakan Cavani cuma menghantam tiang gawang dan tak berbuah gol.

Meski kalah jumlah pemain, PSG masih mampu menebar ancaman ke gawang Chelsea. Mereka punya kesempatan pada menit ke-71, tapi tembakan Javier Pastore bisa ditepis oleh Courtois.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan pada menit ke-81. Diawali tendangan sudut Cesc Fabregas, tercipta kemelut di kotak penalti PSG. Bola liar jatuh ke kaki Cahill, yang langsung melepaskan tembakan voli yang merobek gawang PSG.

Tapi, PSG tak menyerah begitu saja. Tim tamu berhasil menyamakan kedudukan lima menit kemudian. David Luiz menanduk bola hasil sepak pojok Ezequiel Lavezzi untuk mengubah skor menjadi 1-1. Skor agregat pun sama kuat 2-2 dan tak ada tim yang punya keunggulan gol tandang.

Karena setelah 90 menit skor tak berubah lagi, pertandingan pun harus dilanjutkan ke extra time.

Chelsea mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-95. Penyebabnya adalah handball yang dilakukan oleh Thiago Silva. Hazard maju sebagai eksekutor dan dengan dingin menaklukkan Sirigu. Chelsea pun memimpin 2-1 dan unggul 3-2 secara agregat.

Memasuki menit ke-101, David Luiz berpeluang menjebol gawang Chelsea lagi. Namun, tendangan bebasnya dari jarak jauh bisa digagalkan oleh Courtois.

Courtois kembali menyelamatkan gawang Chelsea pada menit ke-113. Dia menunjukkan refleks yang luar biasa ketika menepis bola hasil sundulan Thiago Silva. PSG pun mendapatkan sepak pojok.

Dari sepak pojok itulah PSG menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Thiago Silva kembali memenangi duel udara dan bola hasil sundulannya kali ini tak bisa dijangkau oleh Courtois.

Skor 2-2 di Stamford Bridge membuat PSG unggul dalam aturan gol tandang. Chelsea pun gantian terjepit. Hingga laga berakhir, mereka akhirnya tak bisa bikin gol lagi dan harus merelakan tiket perempatfinal jatuh ke tangan PSG.

Susunan Pemain
Chelsea: Courtois; Ivanovic, Cahill, Terry, Azpilicueta; Ramires (Drogba 91'), Matic (Zouma 84'); Oscar (Willian 46'), Fabregas, Hazard; Diego Costa

PSG: Sirigu; Marquinhos, David Luiz, Thiago Silva, Maxwell; Thiago Motta, Matuidi (Rabiot 81'), Verratti (Lavezzi 81'); Pastore (Van der Wiel 118'), Cavani, Ibrahimovic

Berita Terkait: