Manchester United 1-2 Arsenal (10/3/2015)

Selasa, 10 Maret 2015

Usaha Arsenal mempertahankan trofi Piala FA masih berlanjut. The Gunners lolos ke babak semifinal setelah menyingkirkan Manchester United 2-1 di Old Trafford, Selasa (10/3) dinihari WIB.

Menjamu Arsenal, MU justru tertinggal lebih dulu. Nacho Monreal membawa Arsenal memimpin sebelum disamakan Wayne Rooney untuk menandai turun minum dalam kedudukan seimbang 1-1.

Di babak kedua, Arsenal kembali memimpin setelah Danny Welbeck membobol gawang bekas timnya sekaligus menjadi gol penentu kemenangan tim tamu.

'Setan Merah' mengakhiri pertandingan dengan 10 pemain setelah Angel Di Maria diusir dari permainan akibat menerima dua kartu kuning.

Ancaman di gawang MU di menit ketiga. Alexis Sanchez memperoleh ruang tembak, bola memantul ke beberapa pemain di kotak penalti sebelum ditangkap David de Gea.

Setelah mendominasi penguasaan bola, MU menciptakan sebuah peluang berbahaya di menit ke-20. Crossing Angel Di Mari kepada Marouane Fellaini di dalam kotak diteruskan Ashley Young dengan sepakan tapi masih melambung.

Arsenal berhasil membuka keunggulannya di menit ke-26. Penjagaan di sisi kanan pertahanan MU yang terbuka memungkinkan Nacho Monreal menerima bola Oxlade-Chamberlain yang diselesaikan pemain Spanyol itu dengan sepakan yang menembus gawang MU. Skor 1-0 untuk Arsenal.

Keunggulan Arsenal hanya bertahan sebentar. Tiga menit kemudian, MU langsung menyamakan skor menjadi 1-1 lewat Rooney. Umpan silang Di Maria ke tengah kotak disambut Rooney dengan sundulan untuk melewati penjagaan Wojciech Szczesny.
MU terus menekan. Kerjasamanya dengan Di Maria diakhiri dengan tembakan yang mengarah kepada Szczesny. Tak lama kemudian, umpan lambung Antonio Valencia diteruskan Di Maria dengan tembakan dari tiang dekat tapi bisa ditepis kiper Polandia itu.

Pasca restart, Arsenal membuat peluang berbahaya. Dari serangan balik, Santi Cazorla merebut bola dari Chris Smalling dan jatuh di jalur Sanchez. Sepakan Sanchez dari pinggir kotak sempat membentur Valencia sebelum bisa ditangkap De Gea.

Di tengah dominasi Arsenal, MU menciptakan peluang untuk berbalik unggul. Di menit ke-61 tapi sepakan Di Maria ke tiang jauh melebar tipis. Serangan balik cepat membuat Arsenal kembali unggul 2-1.

Diawali dari backpass buruk Valencia, De Gea meninggalkan sarangnya untuk mencegat bola. Namun, Welbeck mampu mengecohnya dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang yang kosong.

Penyelamatan gemilang De Gea di menit ke-74 setelah menepis tembakan voli Cazorla, usai menerima umpan silang Sanchez.

Malapetaka untuk MU. Di saat harus mengejar ketinggalan, mereka justru harus bermain dengan 10 orang karena Di Maria mendapat dua kartu kuning cepat di menit ke-77. Setelah dikartu kuning akibat diving ia langsung diusir setelah protes kepada wasit dengan menarik kausnya.

Di menit-menit akhir, MU mengklaim penalti setelah Adnan Januzaj dilanggar Monreal. Wasit tak menggubris, justru mengartu kuning Januzaj karena dianggap diving.

Arsenal kembali nyaris menambah keunggulannya. Di masa injuryt time, Sanchez melakukan tembakan ke tiang jauh, De Gea gagal menjangkau bola tapi melebar tipis.



Susunan Pemain

MANCHESTER UNITED: De Gea, Smalling, Rojo (Januzaj 73'), Shaw (Jones 45'), Blind, Herrera (Carrick 45'), Di Maria, Fellaini, Young, Rooney

ARSENAL: Szczesny, Bellerin (Chambers 66'), Mertesacker, Koscielny, Monreal, Coquelin, Cazorla, Oxlade-Chamberlain (Ramse 50'), Oezil, Sanchez, Welbeck (Giroud 74')

Berita Terkait: