Newcastle 0-1 Manchester United (5/3/2015)

Jumat, 06 Maret 2015

Manchester United pulang dari markas Newcastle United dengan kemenangan 1-0. Satu-satunya gol di laga itu lahir di menit-menit akhir melalui Ashley Young.

Di St James' Park, Kamis (5/3/2015) dinihari WIB, gol Young yang lahir di menit ke-89 menjadi pembeda. Gol itu sendiri lahir berkat kerja keras Wayne Rooney dalam memburu bola di kotak pertahanan Newcastle.

Tambahan tiga angka membuat The Red Devils kini mengoleksi 53 poin untuk tetap bertahan di posisi tiga papan klasemen. Sementara The Magpies terpaku di peringkat 11 dengan 35 poin.

Kubu Newcastle melontarkan klaim penalti ketika Chris Smalling menjatuhkan Emmanuel Riviere di kotak terlarang ketika laga memasuki menit ke-10. Namun, gemuruh klaim itu tak dikabulkan oleh wasit.

Sebuah serangan dilancarkan MU di menit ke-15. Wayne Rooney dan Marcos Rojo, yang melakukan penetrasi, terlibat dalam membangun serangan tersebut sebelum tendangan keras Ander Herrera melesat tanpa menuju bidang sasaran.

Rooney membuang peluang emas di menit ke-26. Lolos dari jebakan offside di dalam kotak penalti Newcastle, sontekan Rooney pada akhirnya cuma membuat bola meluncur jauh dari gawang Newcastle.

Empat menit setelah itu kesalahan dari Fabricio Coloccini, yang terpeleset di area pertahanan sendiri, membuat bola dikuasai Angel Di Maria yang langsung mengirimnya ke Rooney di tengah. Tetapi sentuhan pertama Rooney membuat si kulit bundar lebih dekat ke Tim Krul.

Di menit ke-35 tendangan gawang dari Krul meluncur jauh ke depan, ke arah Papiss Demba Cisse. Usai menerima bola dengan sentuhan pertama oke, dari jarak jauh Cisse melepaskan tembakan yang membuat bola masih mengarah lebar dari gawang MU.

Dua menit sebelum turun minum Marouane Fellaini menanduk bola di tiang jauh untuk meneruskan umpan silang Antonio Valencia, meski Krul masih dapat bereaksi untuk mementahkan peluang emas buat MU tersebut.

Setelah itu Newcastle membalas lewat penetrasi Riviere. Namun, ia lantas terpeleset dan David De Gea pun bisa menahan bola untuk mementahkan peluang tuan rumah.

De Gea melakukan intervensi penting di tiang gawang dari usaha Riviere menyambut bola dari tendangan bebas di menit-menit awal babak kedua. Fellaini kemudian menanduk si kulit bundar untuk menjauhi gawang MU menyusul sepak pojok untuk Newcastle.

Lolos dari jebakan offside di menit ke-53, Fellaini menerima bola umpan silang dengan dadanya lalu menembak di depan gawang. Tapi Krul dengan sigap mengamankan dan usaha MU melakukan rebound pun tidak membuahkan hasil.

Serangan balik cepat dari Newcastle, setelah Ayoze Perez merebut bola dari Herrera, membuat pertahanan MU berada dalam ancaman di menit ke-67. Namun, penyelesaian akhir Cisse yang masih melebar belum mengubah kedudukan.

Sebuah kiriman umpan silang dari Young di sisi kiri mengarah ke Rooney di kotak penalti pada menit ke-75. Rooney melanjutkan dengan sundulan, walaupun Krul dengan sigap menghadang.

Deadlock pecah di menit ke-89. Berawal dari kerja keras Rooney melakukan penetrasi di sisi kanan, bola akhirnya bisa dikuasai pemain Newcastle yang mengerubunginya. Tapi Rooney tak menyerah dan terus mengejar bola.

Kerja keras Rooney itu berbuah setelah tekanan darinya membuat Krul melakukan kesalahan fatal ketika hendak menyapu si kulit bundar. Bola yang ia tendang malah mengarah ke Young, yang dengan mudah mengirim si kulit bundar ke dalam gawang Newcastle.

Susunan Pemain

Newcastle: Krul, Janmaat, Coloccini, Williamson, R Taylor (Gutierrez 65'), Obertan, Sissoko, Abeid, Ameobi (Gouffran 81'), Riviere (Perez 58'), Cisse.

MU: De Gea, Valencia, Smalling, Evans, Rojo (Carrick 89'), Blind, Herrera, Di Maria (Januzaj 58'), Fellaini (Mata 81'), Young, Rooney.

Berita Terkait: