AS Roma 1-1 Juventus (3/3/2015)

Selasa, 03 Maret 2015

AS Roma dan Juventus harus puas berbagi satu angka ketika mereka bertemu di giornata 25. Duel antara dua tim teratas di klasemen Serie A itu berkesudahan imbang 1-1.

Menjamu Juve di Olimpico, Selasa (3/3/2015) dinihari WIB, Roma tampil dominan pada babak pertama. Tapi, mereka kesulitan menembus kokohnya pertahanan tim tamu. Sebaliknya, Juve yang sesekali menyerang balik justru mendapatkan beberapa peluang.

Pada awal babak kedua, Juve lebih berani keluar menyerang. Hasilnya, mereka mampu memecahkan kebuntuan setelah tendangan bebas Carlos Tevez menggetarkan gawang Roma. Beberapa saat sebelum Tevez mencetak gol, bek Roma Vasilis Torosidis diganjar kartu merah oleh wasit.

Tapi, Roma yang harus bermain dengan sepuluh orang pemain ternyata mampu mencetak gol balasan. Sundulan Seydou Keita mengubah skor menjadi 1-1.

Di sisa waktu, Roma terus menggempur Juve. Namun, usaha mereka tak menghasilkan gol tambahan.

Dengan hasil ini, jarak kedua tim di klasemen tak berubah. Juventus masih memimpin di posisi pertama dengan koleksi 58 poin, disusul Roma dengan 49 poin.

Pertandingan berjalan ketat sejak menit-menit awal. Bola lebih banyak bergulir di lini tengah. Dalam sepuluh menit pertama, tak ada peluang yang tercipta, kecuali tembakan Arturo Vidal yang masih melenceng dari gawang Roma.

Sebuah serangan balik Juve pada menit ke-21 terlihat menjanjikan. Sial buat tim tamu, masih ada Kostas Manolas yang memotong umpan matang yang dilepaskan Roberto Pereyra ke arah Alvaro Morata.

Roma memang lebih banyak menguasai bola di babak pertama. Tapi, mereka tak bisa membuat peluang yang benar-benar membahayakan gawang Gianluigi Buffon.

Sementara itu, serangan balik Juve terlihat lebih berbahaya. Pada menit ke-42, tim tamu kembali mendapatkan peluang dari serangan balik. Namun, penyelesaian Tevez masih melebar.

Hingga berakhirnya babak pertama, belum ada gol yang tercipta. Skor masih kacamata alias 0-0.

Juve nyaris memimpin pada menit ke-50. Dalam sebuah serangan balik cepat, Tevez memberikan umpan matang kepada Vidal. Tapi, tembakan Vidal ke tiang jauh masih melenceng tipis.

Beberapa saat kemudian, Juve mendapatkan peluang lagi. Namun, sepakan jarak jauh Stephan Lichtsteiner tak mengarah ke sasaran.

Saat laga memasuki menit ke-62, Roma kehilangan satu pemainnya. Torosidis menerma kartu kuning kedua setelah menjatuhkan Vidal yang sedang berlari menuju kotak penalti Roma. Pelanggaran Torosidis ini juga membuat Juve mendapatkan tendangan bebas.

Tendangan bebas tersebut berhasil dimaksimalkan Juve menjadi gol pada menit ke-64. Tevez yang menjadi eksekutor tendangan bebas mengarahkan bola ke sisi kiri dan membuat kiper Morgan De Sanctis mati kutu. Juve memimpin 1-0.

Beberapa saat kemudian, Juve punya peluang untuk menambah keunggulannya. Tapi, tembakan Pereyra meneruskan umpan Vidal cuma menerpa sisi luar jala gawang.

Roma baru mendapatkan peluang bersih pada menit ke-72. Manolas menyundul bola hasil tendangan bebas Alessandro Florenzi, yang memaksa Buffon membuat penyelamatan gemilang.

Roma mampu menyamakan kedudukan enam menit kemudian. Tendangan bebas Florenzi dari sisi kiri pertahanan Juve ditanduk Keita. Bola mengenai Claudio Marchisio sebelum masuk gawang Juve. Skor berubah menjadi 1-1.

Pada menit ke-82, Radja Nainggolan menjajal peruntungannya. Tapi, tembakan jarak jauh Nainggolan dengan mudah diamankan oleh Buffon.

Roma yang memburu poin penuh terus menekan Juve di sisa waktu. Tapi, hingga peluit panjang berbunyi, mereka tak bisa bikin gol lagi.

Susunan Pemain
Roma: De Sanctis; Torosidis, Manolas, Yanga-Mbiwa, Holebas; Pjanic, De Rossi (Nainggolan 73'), Keita; Gervinho, Totti (Iturbe 71'), Ljajic (Florenzi 65')

Juventus: Buffon; Caceres, Bonucci, Chiellini; Lichtsteiner (Padoin 90'), Vidal, Marchisio, Pereyra, Evra; Morata (Coman 83'), Tevez

Berita Terkait: