Lewis Hamilton Menang GP Australia (15/3/2015)

Rabu, 18 Maret 2015

Juara bertahan Lewis Hamilton mengawali kiprahnya di musim 2015 dengan memenangi GP Australia. Pesaing beratnya musim lalu, Nico Rosberg, finis kedua untuk membuat Mercedes yang merupakan juara konstruktor musim lalu langsung mencatatkan finis 1-2.

Dalam balapan di Albert Park, Minggu (15/3/2015) siang WIB, Hamilton langsung melesat dari posisi start terdepan untuk terus mengawal tempat tersebut sampai akhir balapan setelah melewati 58 putaran.

Sementara itu Rosberg akhirnya harus puas menuntaskan balapan di posisi kedua setelah lebih lambat sekitar 1,3 detik dari rekan setimnya saat melewati kibaran checquered flag.

Sementara itu podium terakhir di balapan pembuka musim ini diraih oleh juara dunia empat kali Sebastian Vettel, yang menjalani balapan pertamanya bersama Ferrari. Hasil ini jelas sebuah peningkatan impresif untuk Prancing Horse yang musim lalu butuh balapan keempat untuk naik podium.

Posisi tiga diraih Vettel setelah berhasil menjaga jarak dari pebalap Williams Felipe Massa yang pada akhirnya harus puas menempati posisi finis empat, dengan Felipe Nasr menjadi rookie dengan hasil terbaik di balapan debutnya setelah berhasil melewati garis finis di posisi lima.

Balapan itu sendiri cuma bisa diselesaikan oleh 11 pebalap akibat adanya berbagai masalah yang dialami sejumlah driver, baik sebelum maupun saat balapan berlangsung.
Sejumlah pebalap terdepan mengawali balapan dengan baik untuk mempertahankan posisi start. Sementara itu Felipe Nasr, yang menjalani musim pertamanya sebagai pebalap F1, berhasil start dengan baik dan melesat dari posisi start 10.

Safety car kemudian sempat meluncur keluar setelah Pastor Maldonado dari Lotus mengalami masalah pada mobilnya yang kemudian berakhir di pagar pembatas. Hal itu menambah sedikit 'Jet Darat' yang beraksi kali ini menyusul cederanya Valtteri Bottas (Williams), masalah pada mobil Kevin Magnussen (McLaren) tepat sebelum balapan, dua mobil Manor Marussia yang tak bisa ikut membalap karena absen di seluruh sesi sebelum balapan, dan Daniil Kvyat (Red Bull) yang mobilnya mengalami masalah mesin sebelum start. Dengan Romain Grosjean, rekan Maldonado, pada prosesnya juga cuma bisa melaju satu lap, jumlah mobil yang melaju di Albert Park pun kian berkurang.

Balik ke lintasan, Hamilton terus tancap gas, diikuti Rosberg. Sampai lap 11 keduanya masih memimpin di depan, diikuti Felipe Massa, Sebastian Vettel, dan Nasr dalam posisi lima besar.

Dengan Hamilton melesat di depan, ia juga terus menambah jarak dari Rosberg di posisi dua yang juga kian berjarak dari Massa di posisi tiga, sedangkan Vettel terus membayangi di posisi empat sampai dengan lap 20.

Sampai sekitar setengah jalan menuju akhirnya balapan, Hamilton dengan nyaman masih berada di posisi terdepan. Pada lap 30, ia bahkan memimpin sekitar 2,5 detik dari Rosberg.

Pada lap tersebut, Vettel sudah berada di posisi tiga dengan jarak sekitar 11 detik dari Rosberg. Massa kini berada tiga detik di belakang Vettel, diikuti oleh Kimi Raikkonen dengan jarak sekitar 10 detik.

Memasuki lap 34, debutan Max Verstappen, yang sedang melaju di posisi sembilan, terlihat menepikan mobilnya, diduga karena masalah pada mesin. Sebelum itu via radio tim ia pun sempat terdengar mengomunikasikan bahwa ada asap di mobilnya.
Mobil Raikkonen terlihat meluncur keluar lintasan di lap 42 dengan Raikkonen tak lama kemudian terlihat bangkit dan meninggalkan kursi. Balapannya selesai sampai situ saja.

Rosberg sempat memendekkan jarak dengan Hamilton jadi sekitar 1,6 detik di lap 43. Tetapi jarak itu bertambah lagi ke kisaran 2 detik di lap berikutnya. Vettel dan Massa sementara itu masih terlibat dalam persaingan berebut satu podium sisa. Nasr dan Daniel Ricciardo bersaing tak kalah ketat di posisi lima dan enam secara berurutan.

Pada akhirnya Hamilton tak teredam untuk mengawali usahanya mempertahankan gelar juara dengan kemenangan. Rosberg finis kedua dan podium terakhir direbut Vettel.

Hasil GP Australia
1. Lewis Hamilton Mercedes-Mercedes 58 laps 1hr 31m 54.067s
2. Nico Rosberg Mercedes-Mercedes +1.3s
3. Sebastian Vettel Ferrari-Ferrari +34.5s
4. Felipe Massa Williams-Mercedes +38.1s
5. Felipe Nasr Sauber-Ferrari +1m 35.1s
6. Daniel Ricciardo Red Bull-Renault +1 lap
7. Nico Hulkenberg Force India-Mercedes +1 lap
8. Marcus Ericsson Sauber-Ferrari +1 lap
9. Carlos Sainz Jr Toro Rosso-Renault +1 lap
10. Sergio Perez Force India-Mercedes +1 lap
11. Jenson Button McLaren-Honda +2 laps

Tak Finis
Rtd Kimi Raikkonen Ferrari-Ferrari 40 laps completed
Rtd Max Verstappen Toro Rosso-Renault 32 laps completed
Rtd Romain Grosjean Lotus-Mercedes 0 laps completed
Rtd Pastor Maldonado Lotus-Mercedes 0 laps completed

Tak Start
Daniil Kvyat Red Bull-Renault
Kevin Magnussen McLaren-Honda
Valtteri Bottas Williams-Mercedes
Will Stevens Manor-Ferrari
Roberto Merhi Manor-Ferrari

Berita Terkait: