Manchester United 3-1 Burnley (12/2/2015)

Kamis, 12 Februari 2015

Manchester United mengantongi angka penuh setelah mengalahkan Burnley 3-1. Kemenangan ini membuat MU kembali naik ke peringkat ketiga klasemen sementara.

Di Old Trafford, Kamis (12/2/2015) dinihari WIB, Chris Smalling berkontribusi besar dengan mencetak dua gol di babak pertama setelah masuk di awal pertandingan.

Burnley sempat menyamakan skor lewat Danny Ings. Di babak kedua, MU menambah golnya lewat penalti yang dieksekusi Robin van Persie.

Dengan kemenangan ini, MU kembali menggeser Southampton untuk naik ke posisi ketiga klasemen sementara dengan 47 poin hasil 25 pertandingan. MU terpaut lima poin dari Manchester City di peringkat kedua dan 12 poin dari Chelsea.

Sementara itu Burnley belum beranjak dari zona degradasi dengan menempati urutan ke-19 dengan koleksi 21 poin dari 25 pertandingan.

MU mesti menarik keluar Phil Jones akibat cedera. Masuknya Chris Smalling langsung menciptakan pengaruh.

Di menit keenam, Smalling membawa MU unggul cepat lewat sundulannya setelah meneruskan umpan Radamel Falcao. MU memimpin 1-0 dari Burnley.

Namun, keunggulan MU tidak bertahan lama. Burnley langsung menyamakan skor menjadi 1-1 dalam selang enam menit.

Kieran Tippier melewati Angel Di Maria sebelum melepaskan umpan silang dari sisi kiri pertahanan MU. Bola yang jatuh di tiang jauh langsung disambut Ings dengan sundulan yang menaklukkan David de Gea.
Burnley kembali mengancam. Sepakan melengkung Ashley Barnes dari pinggir kotak melebar tipis dari gawang MU.

Sesaat sebelum waktu normal babak pertama berakhir, Burnley kembali membuat ancaman. Michael Kightley melepas umpan silang kepada Barnes yang berada di depan gawang, namun eksekusinya melebar.

Tertekan, MU justru berhasil mencetak gol tambahan. Di masa injury time, crossing Di Maria ke tiang jauh diselesaikan Smalling dengan sundulan untuk menjadikan kedudukan kini 2-1.

Pasca turun minum, kesalahan pertahanan MU hampir berakibat fatal. Beruntung De Gea masih sigap menggagalkan upaya Ings dari jarak dekat.

Adnan Januzaj menusuk ke kotak penalti sebelum melepaskan tendangan melengkung ke tiang jauh. Namun, upaya Januzaj belum cukup menguji kiper Burnley Tom Heaton.

Serangan balik MU hampir membuahkan hasil. Menerima operan Smalling, Di Maria berakselerasi untuk melepaskan umpan silang ke muka gawang. Tapi sebelum sampai ke pemain MU lainnya, Shackell lebih dulu memotong bola.

Pelanggaran Di Maria di area terlarang membuahkan penalti buat MU. Maju sebagai algojo, Robin van Persie berhasil menyarangkan bola ke sudut kanan bawah gawang Burnley. MU memimpin 3-1 di menit ke-82.

Dua kali upaya MU gagal berbuah gol keempat. Umpan silang Paddy McNair di garis gawang disambut Van Persie dengan tendangan voli tapi masih bisa dihalau Heaton. Bola liar disongsong Januzaj namun upayanya berhasil disapu.


Susunan Pemain

MANCHESTER UNITED: De Gea, McNair, Jones (Smalling 5'), Evans, Rojo, Blind (Herrera 39'), DI Maria, Januzaj, Rooney, Van Persie, Falcao (Wilson 74')

BURNLEY: Heaton, Trippier, Keane, Shackell, Mee, Boyd, Arfield, Jones, Kightly (Vokes 86'), Barnes (Jutkiewicz 90'), Ings

Berita Terkait: