Chelsea 1-0 Everton (12/2/2015)

Kamis, 12 Februari 2015

Chelsea menang 1-0 saat menjamu Everton berkat gol tunggal Willian. Kemenangan itu sendiri tak diraih Chelsea dengan mudah karena baru dipastikan di menit-menit akhir pertandingan ketika lawan sudah tampil dengan 10 pemain.

Di Stamford Bridge, Kamis (12/2/2015) dinihari WIB, gol tunggal Willian yang baru lahir di menit ke-89 menjadi pembeda. Gol itu sendiri dibuat The Blues tak berapa lama setelah The Toffees kehilangan Gareth Barry yang dikartu merah.

Hasil tersebut membuat Chelsea mengokohkan posisi di puncak klasemen dengan 59 poin hasil dari 25 pertandingan, unggul tujuh angka dari Manchester City di posisi dua. Everton sementara itu menempati posisi 12 dengan 27 poin.

Serangan pertama langsung datang dari tuan rumah di menit-menit awal. Nemanja Matic dengan gigih menguasai bola di bawah kawalan lawan, sebelum melepaskan tembakan yang membuat bola masih melambung di atas bidang sasaran.

Setelah itu Chelsea menekan lagi melalui tembakan Juan Cuadrado. Ia lantas juga mengklaim handball terhadap Steven Naismith, dengan tayangan ulang memperlihatkan lengan si pemain Everton memang terangkat dan mengenai bola, meski wasit mengabaikan klaimnya.

Kendali serangan masih dipegang Chelsea yang di menit ke-6 kembali mengancam. Kali ini lewat Willian yang bolanya masih menyisir tipis di atas mistar gawang Tim Howard yang juga sudah bereaksi mengantisipasi.

Dari sebuah serangan balik di menit ke-8, Romelu Lukaku berhasil mengejar bola yang kemudian disepaknya ke arah gawang Chelsea. Tetapi Petr Cech merespons dengan bagus usai menghadang bola menggunakan kaki kirinya.

Chelsea menekan lagi lewat aksi Eden Hazard di menit ke-16. Memulai dari sisi kiri, ia lantas memotong ke tengah dan membuat barisan pertahanan Everton bersiaga. Pada akhirnya Hazard mengoper ke arah Loic Remy di tengah, yang bola sepakannya masih bisa diblok lawan.

Tiga menit kemudian Chelsea melakukan serangan balik cepat melalui Cuadrado. Bola lalu dioper ke Remy, yang sepakannya masih membuat bola meluncur tipis di sisi gawang.
Di menit ke-30 Chelsea mengancam lagi lewat sepakan Hazard dari luar kotak penalti. Howard menghadang dengan kakinya lalu benar-benar mengamankan si kulit bundar sepenuhnya dari kejaran para pemain Chelsea yang sudah siap memanfaatkan seandainya bola terlepas.

Aaron Lennon mendapatkan bola di luar kotak penalti dan punya cukup ruang untuk menembak. Ia lalu melambungkan bola yang kemudian meluncur dengan sedikit melenceng dari target yang ia bidik.

Chelsea merespons tak lama kemudian, dengan Branislav Ivanovic mengarahkan sundulannya ke gawang Everton. Tetapi tandukannya di menit ke-55 itu belum terlalu merepotkan Howard yang tak kesulitan menangkap bola.

Sebuah aksi Hazard dari sisi kiri di menit ke-59 diakhiri dengan operan ke muka gawang meskipun Bryan Oviedo kemudian sukses memotong laju bola. Semenit setelah itu Hazard mengancam lagi dan kali ini bola sepakannya diblok oleh Howard.

Howard harus memperlihatkan aksinya lagi di menit ke-63, menyusul sebuah tendangan bebas yang diambil Nemanja Matic. Bola meluncur deras ke arah gawang Everton usai melewati pagar pemain, tetapi Howard dengan sigap menepisnya.

Tiga menit kemudian Howard lagi-lagi dipaksa melakukan penyelamatan. Kali ini ia meregangkan tubuh ke kiri untuk menepis bola hasil tendangan Willian.

Cech ganti harus pamer aksi di menit ke-68. Kiriman bola dari Oviedo di sisi kiri dilanjutkan Lukaku dengan sepakan tepat di depan gawang, meski Cech secara refleks masih mampu memblok dan pada akhirnya menangkap si kulit bundar.

Gawang Everton bergetar di menit ke-86 setelah sepakan Matic mengenai pemain Everton, berubah arah, lalu masuk ke gawang Howard. Tetapi, hakim garis sudah mengangkat bendera tanda offside karena sebelum masuk gawang bola juga mengenai Ivanovic.

Everton harus bermain dengan 10 pemain setelah Gareth Barry menerima kartu kuning kedua di menit ke-88.

Segera setelah punya dengan keunggulan jumlah pemain, Chelsea langsung memecah kebuntuan. Bola hasil sepakan Willian meluncur di tengah-tengah kerumunan pemain kawan dan lawan sampai akhirnya masuk ke pojok gawang Everton.

Susunan Pemain

Chelsea: Cech; Ivanovic, Zouma, Terry, Azpilicueta, Ramires, Matic, Cuadrado (Fabregas 70'), Willian (Cahill 91'), Hazard, Remy (Drogba 70').

Everton: Howard; Coleman, Stones, Jagielka, Oviedo, Barry, Besic (McCarthy 46'), Barkley (Gibson 74'), Lennon (Mirallas 74'), Naismith, Lukaku.

Berita Terkait: