Manchester City 3-2 Sunderland (1/1/2015)

Jumat, 02 Januari 2015

Manchester City mendapatkan perlawanan sengit dari Sunderland dalam lanjutan Liga Primer Inggris di Etihad Stadium, Kamis (1/1/2015). The Citizens akhirnya menang tipis dengan skor 3-2.

Pada pertandingan ini, Joe Hart tidak mengawal gawang City dan cuma duduk di bangku cadangan. Posisinya di bawah mistar digantikan oleh Willy Caballero. City juga kembali memasang seorang striker, Stevan Jovetic, setelah dalam beberapa laga terakhir menjadikan James Milner sebagai false nine.

City tampil dominan sejak awal laga. Akan tetapi, rapatnya pertahanan Sunderland membuat mereka tak bisa berbuat banyak pada paruh pertama. Hingga jeda, skor masih 0-0.

Kebuntuan pecah pada babak kedua setelah Yaya Toure membawa City unggul 1-0. Jovetic kemudian menjebol gawang Sunderland untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Tapi, Sunderland tak menyerah begitu saja. Mereka secara mengejutkan mampu menyamakan kedudukan melalui sundulan Jack Rodwell dan penalti Adam Johnson.

Frank Lampard yang masuk sebagai pemain pengganti akhirnya jadi penentu kemenangan City. Sundulannya memastikan City menang 3-2 dan meraih tiga poin.

Dengan hasil ini, City menempel ketat Chelsea di papan klasemen sementara. Kedua tim sama-sama punya 46 poin, tapi Chelsea unggul selisih gol sehingga berhak memuncaki klasemen. Sunderland di posisi ke-14 dengan 20 poin.

Jalannya Pertandingan

City mengawali pertandingan dengan baik. Mereka mendapatkan peluang pada menit kedua melalui kombinasi David Silva dan Stevan Jovetic. Tapi, tendangan keras Jovetic tak mengarah ke sasaran.

City yang mendominasi dan terus menekan mendapatkan peluang lagi pada menit ke-20. Dalam sebuah kemelut di kotak penalti Sunderland, Silva menyambar bola liar dengan tendangan keras kaki kirinya. Tapi, arah bola masih melenceng.

Peluang berikutnya untuk City pada menit ke-31 juga berasal dari aksi Silva. Tendangan pemain asal Spanyol itu dari luar kotak penalti memaksa kiper Sunderland, Costel Pantilimon, membuat penyelamatan.

Pertahanan berlapis yang dibangun Sunderland membuat City sulit untuk menembus kotak penalti. Alhasil, mereka pun mengandalkan tembakan-tembakan jarak jauh. Toure melakukan hal tersebut pada menit ke-37, tapi usahanya bisa diantisipasi Pantilimon.

Sunderland bukannya tak punya peluang. Mereka membahayakan gawang City pada menit ke-40 melalui tendangan bebas Sebastian Larsson. Namun, Caballero membuat penyelamatan gemilang untuk menepis bola keluar lapangan.

Hingga babak pertama selesai, belum ada gol yang tercipta. Skor masih imbang tanpa gol.

Pada awal babak kedua, City punya kans untuk memimpin. Tapi, tendangan Jesus Navas masih melebar.

Kesabaran City dalam membongkar pertahanan Sunderland akhirnya membuahkan hasil saat pertandingan berusia 57 menit. Toure menyambar operan pendek Jovetic dengan tendangan keras dari luar kotak penalti yang menghunjam pojok gawang Sunderland. City unggul 1-0.

Berselang sembilan menit, tim tuan rumah menggandakan keunggulannya. Kali ini kerja sama apik Jovetic dan Gael Clichy menghasilkan gol kedua City. Jovetic memberikan bola kepada Clichy yang bergerak di sisi kiri, kemudian berlari ke kotak penalti. Umpan silang Clichy lantas disontek Jovetic ke dalam gawang.

Tapi, pada menit ke-68, Sunderland memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2. Sundulan Rodwell meneruskan sepak pojok Larsson menembus gawang City.

Petaka untuk City datang pada menit ke-71. Mereka terkena hukuman penalti setelah Pablo Zabaleta melanggar Billy Jones di area terlarang. Johnson yang menjadi algojo tendangan 12 pas menjalankan tugasnya dengan baik. Eksekusi mantan pemain City itu mengubah skor jadi 2-2.

Laga menjadi semakin seru karena City unggul lagi dua menit kemudian. Lampard menyundul umpan silang Clichy dan bola menggetarkan gawang Sunderland tanpa bisa dijangkau Pantilimon. City 3, Sunderland 2.

Lampard nyaris bikin gol lagi pada menit ke-75. Dia menyambar umpan Samir Nasri dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti, tapi Pantilimon menunjukkan refleks yang luar biasa untuk mementahkan bola.

Beberapa saat kemudian, Toure membuang peluang emas yang diperolehnya. Tinggal berhadapan dengan Pantilimon di mulut gawang, usahanya bisa dihalau si kiper.

Lampard kembali menebar ancaman ke gawang Sunderland pada menit ke-80. Sial buat dia, tendangan kerasnya kembali digagalkan oleh Pantilimon.

Memasuki menit ke-82, giliran Navas yang buang-buang peluang. Dia gagal bikin gol meski berlari sendirian ke kotak penalti karena tembakannya digagalkan Pantilimon.

Empat menit kemudian, Pantilimon kembali menjadi penyelamat gawang Sunderland. Dia mementahkan tembakan jarak dekat Fernandinho.

Milner yang masuk pada menit-menit akhir punya dua kesempatan bagus. Tapi, tembakan-tembakannya tak ada yang mengarah ke sasaran.

Susunan Pemain
Manchester City: Caballero, Zabaleta, Mangala, Demichelis, Clichy, Yaya Toure, Fernandinho, Nasri (Kolarov 85'), Silva (Milner 90'), Navas, Jovetic (Lampard 69').

Sunderland: Pantilimon, Vergini (Coates 78'), Jones, Brown, O'Shea, Rodwell, Larsson, Gomez (Giaccherini 58'), Johnson, Buckley (Alvarez 65'), Wickham.

Berita Terkait: