Newcastle United 1-0 Liverpool (1/11/2014)

Minggu, 02 November 2014

Catatan bagus Newcastle United berlanjut. Setelah mengalahkan Tottenham Hotspur pekan lalu, kini mereka menundukkan Liverpool 1-0 di hadapan pendukung sendiri.

Di antara laga melawan Tottenham dan Liverpool, Newcastle juga sempat mengalahkan Manchester City di ajang Piala Liga Inggris. Tak pelak, kebangkitan ini membuat posisi The Magpies di klasemen membaik.

Newcastle kini berada di urutan kesembilan dengan koleksi nilai 13. Sementara, Liverpool tetap berada di urutan ketujuh dengan koleksi nilai 14 sampai pertandingan ini selesai.

Pada pertandingan yang berlangsung di St James' Park, Sabtu (1/11/2014) malam WIB, kedua tim bermain dengan tempo lambat di setengah jam pertama pertandingan. Tidak banyak kans bagus diciptakan baik oleh Newcastle maupun Liverpool.

Pada menit ke-32, Newcastle mendapatkan tendangan bebas tidak jauh di depan kotak penalti. Namun, tendangan bebas yang dieksekusi oleh Mehdi Abeid masih membentur pagar betis. Bola yang ditendang Abeid kemudian keluar lapangan dan Newcastle hanya mendapatkan sepak pojok. Sepak pojok tersebut juga tidak menghasilkan apa-apa.

Newcastle mendapatkan peluang pada menit ke-35. Berawal dari sebuah sepak pojok yang dieksekusi dari sisi kiri pertahanan Liverpool, bola diterima oleh Papiss Cisse di depan gawang Liverpool. Cisse kemudian melepaskan sepakan, namun sepakannya dihalau dengan sundulan oleh Glen Johnson. Peluang Newcastle pun gagal.

Liverpool yang banyak mengandalkan tusukan dan serangan dari sisi sayap mendapatkan peluang bagus di menit ke-40. Tendangan penjuru yang dieksekusi oleh Steven Gerrard disambut dengan sundulan oleh Martin Skrtel. Sial buat Skrtel, sundulannya masih menyamping.

Pada menit ke-44, Newcastle kembali mendapatkan tendangan bebas setelah Moussa Sissoko dilanggar oleh Skrtel. Skrtel mendapatkan kartu kuning akibat pelanggaran itu.

Cisse kemudian maju menjadi eksekutor tendangan bebas tersebut. Tendangannya berhasil melewati pagar betis pemain Liverpool, tetapi tidak mengarah tepat sasaran. Tendangan Cisse masih melambung di atas mistar gawang Liverpool.
Tidak lama kemudian wasit meniup peluit tanda berakhirnya babak pertama. Belum ada tim yang berhasil mencetak gol.

Liverpool mendapatkan peluang pertama di babak kedua lewat tendangan bebas Mario Balotelli di menit ke-49. Tendangan Balotelli mengarah tepat ke arah gawang Newcastle, namun kiper Newcastle, Tim Krul, masih bisa menangkap tendangan Balotelli.

The Reds kembali mendapatkan peluang di menit ke-56. Kali ini, umpan silang yang dilepaskan Gerrard disambut dengan sundulan oleh Philippe Coutinho di dalam kotak penalti. Sial buat Coutinho, sundulannya ditepis oleh Krul.

Pelan-pelan, Liverpool berusaha membongkar pertahanan Newcastle. Pada menit ke-70, Fabio Borini, yang baru masuk di menit ke-66 menggantikan Joe Allen, mendapatkan peluang. Menerima bola sodoran dari Raheem Sterling, Borini melepaskan sebuah sepakan datar dari luar kotak penalti. Namun, tendangan Borini masih melebar.

Kendati ditekan oleh Liverpool, justru Newcastle yang lebih dulu unggul di menit ke-73. Berawal dari serangan yang dibangun dengan pelan-pelan dari sisi kiri, bola diterima oleh Sissoko di dalam kotak penalti Liverpool. Tendangan Sissoko masih bisa dihalau oleh Alberto Moreno, namun bola malah jatuh di hadapan Ayoze Perez. Tanpa ampun, Ayoze langsung melepaskan sepakan terarah dan gawang Liverpool pun bobol.

Tidak beberapa lama dari gol tersebut, Newcastle mendapatkan peluang lagi, kali ini melalui Remy Cabella. Tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Liverpool, Simon Mignolet, Cabella melepaskan sebuah sepakan kaki kiri. Namun, tendangan Cabella masih bisa diblok dengan kaki oleh Mignolet. Peluang Newcastle pun gagal.

Mignolet kembali harus berjuang untuk menyelamatkan gawangnya pada menit ke-80. Kerjasama antara Cabella dan Sissoko diakhiri oleh Sissoko dengan sepakan kaki kanan. Namun, Mignolet dengan sigap menyergap bola sepakan Mignolet dengan tangan kanan.

Pada menit ke-86, Balotelli melepaskan umpan silang dari sisi kiri. Umpan tersebut disambut oleh Alberto Moreno yang berada di dalam kotak penalti Liverpool. Moreno kemudian melepaskan sebuah sepakan kaki kiri, namun bola tendangannya masih bisa ditangkap oleh Krul.

Sampai peluit panjang dibunyikan, tak ada lagi gol tambahan. Lewat satu gol Ayoze, Newcastle memastikan raihan poin penuh di tangan.

Susunan Pemain

Newcastle United: Krul, Janmaat, S.Taylor, Coloccini, Dummett, Sissoko, Abeid, Colback, Obertan (Aarons 27), Cisse (Ayoze 45), Ameobi (Cabella 66).

Liverpool: Mignolet, Johnson, Moreno, Lovren, Skrtel, Gerrard, Allen (Borini 66), Henderson, Coutinho (Lambert 80), Sterling, Balotelli.

Berita Terkait: