Bayern Munich 2-1 Borussia Dortmund (2/11/2014)

Minggu, 02 November 2014

Bayern Munich tampil sebagai pemenang Der Klassiker melawan Borussia Dortmund. Sempat tertinggal lebih dulu, Bayern berhasil bangkit untuk berbalik menang dengan skor tipis 2-1.

Bertanding di Allianz Arena dalam pertandingan yang tuntas Minggu (2/11/2014) dinihari WIB, Bayern banyak menciptakan peluang sedari awal. Namun, justru Dortmund berhasil mencuri gol.

Marco Reus membawa Dortmund memimpin 1-0 hingga babak pertama berakhir. Di babak kedua, Bayern menyamakan kedudukan setelah Robert Lewandowski membobol gawang eks klubnya. Kemenangan Bayern ditentukan oleh eksekusi penalti Arjen Robben di lima menit terakhir waktu normal pertandingan.

Lewat kemenangan ini, Bayern melanjutkan laju tak terkalahkannya di 10 pertandingan pertama Bundesliga. Pasukan Josep Guardiola itu masih memuncaki klasemen sementara dengan 24 poin, sedangkan Dortmund masuk ke zona degradasi dengan menempati urutan ke-16 dengan tujuh poin.

Peluang pertama di pertandingan ini diciptakan Bayern. Di menit kelima, Robben melepaskan tembakan kaki kiri yang ditepis ke atas oleh Roman Weidenfeller.

Serangan balasan nan berbahaya dari Dortmund di menit kedelapan. Mendapat ruang tembak, Henrikh Mkhitaryan melepaskan tembakan keras tapi belum tepat sasaran.

Thomas Mueller melewatkan peluang untuk mencetak gol pembuka. Di menit ke-14, Jerome Boateng mencukil bola, Mueller yang tinggal berhadapan dengan Weidenfeller gagal menceploskan bola karena sontekannya meleset.

Dua kali peluang Bayern gagal menjadi gol. Di menit ke-16, tendangan akrobatik Mueller tak mengenai sasaran, bola diteruskan Robert Lewandowski tapi belum bisa melewati Weidenfeller.

Robben kembali menguji Weidenfeller. Delapan menit kemudian, Robben melepaskan sepakan kaki kiri yang keras tapi masih bisa diantisipasi.
Dortmund hampir mencetak gol pembuka saat permainan berjalan setengah jam. Menerima umpan terobosan, Pierre-Emerick Aubameyang tinggal berhadapan dengan Manuel Neuer tapi tendangannya bisa diblok.

Dortmund akhirnya membuka skor di menit ke-31. Crossing terukur Aubameyang dituntaskan dengan tandukan Marco Reus untuk melewati penjagaan Neuer.

Empat menit berselang, beberapa kali Bayern melancarkan serangan. Masih mentah di tangan Weidenfeller.

Weidenfeller kembali menggagalkan percobaan Bayern lewat Mueller. Upaya Bayern mencetak gol penyama tidak lama kemudian belum membuahkan hasil setelah penyelesaian Robben bersarang di samping gawang.

Setelah turun minum, Bayern meningkatkan serangannya. Di menit ke-51, crossing Mehdi Benatia diterima Lewandowski. Tapi tendangan voli striker Polandia itu diblok Weidenfeller dengan kakinya.

Gol balasan Bayern akhirnya lahir di menit ke-72. Dalam serangan balik, operan Franck Ribery kepada Robben di kotak penalti dicegat Neven Subotic. Namun, bola jatuh ke jalur Lewandowski untuk diteruskan dengan sepakan kaki kiri yang akhirnya menaklukkan Weidenfeller. Skor kini 1-1.

Mimpi buruk bagi Dortmund. Lima menit jelang laga bubar, Bayern dihadiahi penalti setelah Subotic menjatuhkan Ribery di area terlarang.

Robben maju sebagai eksekutor, mengirim Weidenfeller jatuh ke arah yang salah dan meyarangkang bola ke sudut kanan bawah gawang. Bayern sekarang berbalik unggul 2-1 di menit ke-85.

Di injury time, Weidenfeller ikut maju menyerang saat Dortmund memperoleh tendangan penjuru. Namun, bola yang mengarah ke tiang jauh ditangkap Neuer di udara.

Pertandingan berakhir. Bayern berhak atas kemenangan 2-1 atas Dortmund.


Susunan Pemain

BAYERN MUNICH: Neuer, Benatia, Boateng, Alaba, Alonso, Robben, Bernat, Goetze (Ribery 70'), Lahm, Mueller (Pizarro 81'), Lewandowski (Rode 88')

BORUSSIA DORTMUND: Weidenfeller, Hummels (Subotic 45'), Sokratis, Piszczek, Durm, Kehl, Bender, Kagawa (Grosskreutz 70'), Mkhitarya, Reus, Aubameyang (Ramos 82')

Berita Terkait: