Barcelona 3-1 Ajax (22/10/2014)

Rabu, 22 Oktober 2014

Barcelona meraih kemenangan keduanya di fase grup Liga Champions. Saat berhadapan dengan Ajax Amsterdam, Los Cules menang dengan skor 3-1.

Pada laga ketiga Grup F yang dihelat di Nou Camp, Rabu (22/10/2014) dinihari WIB, Barca tampil sangat dominan dengan total 17 tembakan dengan tujuh on target. Sementara Ajax punya tujuh tembakan dan hanya satu on target.

Barca unggul dua gol di babak pertama lewat gol-gol Neymar dan Lionel Messi. Ajax sempat memperkecil kedudukan lewat Anwar El-Ghazi sebelum Sandro Ramirez mencetak gol pamungkas Blaugrana.

Barca, yang di laga sebelumnya kalah 2-3 dari Paris St-Germain, kini duduk di posisi kedua grup dengan enam poin yang berselisih satu angka dengan PSG di puncak.

Sementara Ajax di posisi ketiga dengan dua poin.

Barca langsung menekan sejak menit awal dan hasilnya gol pembuka didapat ketika laga berjalan tujuh menit.

Kerjasama LionelMessi dan beberapa pemain Barca di lapangan tengah mampu membongkar pertahanan Ajax. Messi kemudian menyodorkan bola ke Neymar yang berada di sisi kiri dan menuntaskan lewat sepakan ke tiang jauh.

Di menit 10 Barca kembali mengancam gawang Ajax. Jordi Alba menggiring bola di sisi kiri dan mengumpan ke kotak penalti. Bola diterima Messi tapi tembakannya masih melayang di atas mistar.

Terus menyerang dan tak memberi Ajax kesempatan "bernapas" Barca mendapat gol lagi di menit 24. Kali ini Messi mencatatkan namanya di papan skor.
Andres Iniesta menguasai bola di tengah dan melihat pergerakan Messi di antara dua bek Ajax. Umpan terobosan yang dikirimkan ke kotak penalti menghampiri Messi dan bola yang disepak kaki kirinya sempat ditepis Jasper Cillessen, sebelum bergulir ke dalam gawang.

Di menit 28 Barca nyaris mendapat gol ketiganya andaikan tembakan Pedro Rodriguez di kotak penalti tak menerpa tiang gawang.

Barca kembali bikin peluang di menit 39 ketika Iniesta "berdansa" di depan kotak penalti melewati 3 pemain Ajax dan tinggal berhadapan dengan Cillessen, tembakan Iniesta masih bisa diblok kiper timnas Belanda itu.

Tak ada lagi gol tercipta dan babak pertama berakhir dengan skor 2-0 untuk keunggulan Barca.

Di babak kedua Barca masih memegang kendali permainan dan menekan pertahanan Ajax.

Lima menit selepas jeda Messi sempat menjebol jala Ajax. Tapi gol tersebut dianulir karena Messi sudah dalam posisi offside saat menendang bola rebound sepakan Pedro yang ditepis Cillessen.

Dua menit setelah Messi nyaris lagi bikin gol. Merebut bola yang lepas dari kaki Pedro, Messi meliuk-liuk melewati tiga bek di kotak penalti tapi sepakannya hanya menyasar sisi gawang.

Setelah itu Barca menurunkan tempo permainan dan menarik keluar Messi, Neymar, dan Iniesta sebagai persiapan untuk laga El Clasico akhir pekan ini.

Ajax memang masih beberapa kali mampu melepaskan tembakan tapi tak satupun yang mampu mengancam gawang Marc-Andre Ter Stegen.

Dua menit jelang waktu normal habis Ajax memperkecil ketertinggalan lewat sepakan El-Ghazi dari jarak dekat, menyusul kemelut di depan gawang Ter Stegen.

Barca akhirnya memantapkan kemenangannya jadi 3-1 usai Sandro menjebol jala Cillessen lewat sepakannya ke tiang jauh di menit 93.

Susunan Pemain

Barcelona: Ter Stegen; Alves, Pique, Bartra, Alba; Mascherano, Rakitic, Iniesta (Rafinha 65'); Pedro, Messi (Munir 66'), Neymar (Sandro 62')

Ajax: Cillessen; van Rhijn, Veltman, Moisander, Viergever; Klaassen, Zimling (Riedewald 56'), Andersen; Schone, Sigthorsson (El Ghazi 72'), Kishna (Milik 46')

Berita Terkait: